PET CENTRE DI PONTIANAK

Irwan Adhitama Sinaga

Abstract


Dewasa ini, peminat hewan peliharaan di Kota Pontianak semakin meningkat. Hal ini menyebabkan tingginya antusiasme pencinta hewan yang berdampak terhadap permintaan akan semua fasilitas mengenai pencinta hewan. Akan tetapi di Kota Pontianak saat ini belum terdapat fasilitas atau wadah yang menampung segala kebutuhan mengenai hewan peliharaan dalam satu wadah seperti dalam sebuah Pet Centre. Dimana, Pet Centre ini merupakan suatu wadah yang berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan perdagangan dan jasa terhadap hewan kesayangan. Adapun kegiatan dalam Pet Centre tersebut dapat terdiri dari beragam aktifitas jual beli hewan kesayangan, sarana kesehatan hewan hingga sarana untuk berkumpul bagi pecinta hewan kesayangan. Oleh karena itu keberadaaan Pet Centre di Kota Pontianak diharapkan akan memenuhi segala kebutuhan masyarakat akan kecintaan mereka terhadap hewan kesayangan yang semakin ramai peminatnya saat ini. Dalam proses perancangan Pet Centre di Kota Pontianak ini, ada beberapa langkah-langkah yang digunakan yakni dimulakan dari suatu gagasan, pengumpulan data, analisis, sintesis rancangan awal hingga pengembangan rancangan. Bentuk massa bangunan yang dirancang ini menggunakan pendekatan fungsi dari Pet Centre yakni aktraktif dan dinamis.

 

Kata Kunci: Pet, Centre, Kota Pontianak

Full Text:

PDF

References


Amie, Ratu. 2007. Perancangan Semarang Pet Centre dengan Penekanan Arsitektur Tropis. Universitas Negeri Semarang. Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v6i2.31482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: jmars@untan.ac.id