PERPUSTAKAAN INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI PONTIANAK

Dian Kadarsih

Abstract


Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, badan bawahannya maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi, dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi mencapai tujuannya. Perpustakaan merupakan bagian terpenting bagi mahasiswa dengan fungsi sebagai penyimpanan buku-buku, pendidikan kedua setelah kampus utama, penelitian dan sebagai informasi bagi mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, dengan pertambahan mahasiswa yang semakin banyak maka di perlukan akses pendukung dalam penambahan akses perpustakaan, yang di deskripsikan dalam mendesain perancangan perpustakaan sesuia dengan kebutuhan dan standar yang sudah tersedia. Perpustakaan Perguruan Tinggi IKIP Pontianak memberikan desain dengan fungsi penunjang kepada mahasiswa dan memberikan akses dengan menambahkan fungsi dari konsep utama, dan juga pada fungsi service dan pengelola, dengan perletakan ruangan yang lebih di sesuikan terhadap fungsi tersebut.

 

Kata Kunci : Perpustakaan Perguruan Tinggi, IKIP Pontianak, Perguruan Tinggi Pontianak


Full Text:

PDF PDF

References


Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2007. UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta

Sulistyo, Basuki. 2003. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Universitas Terbuka. Depdikbud. Jakarta

Sutarno, NS. 2003. Perpustakaan Dan Masyarakat. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Trimo, Soejono. 1986. Perencanaan Gedung Perpustakaan. Angkasa. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v6i2.30913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: jmars@untan.ac.id