RESTORAN TEPIAN SUNGAI DI KOTA PONTIANAK

Shinta Septaliana

Abstract


Pada saat ini perkembangan jenis-jenis masakan sangat pesat, dimulai dari rasa, cara penyajian, bahkan suasana tempat juga mendukung nilai jual suatu makanan. Potensi sungai di Kota Pontianak untuk meningkatkan keindahan perkotaan secara alami, restoran tepian sungai dipilih untuk memaksimalkan potensi sungai dan potensi wisata yang tak luput dari kegiatan kuliner.  Tujuan perancangan Restoran Tepian Sungai di Kota Pontianak agar masyarakat kota Pontianak dapat menikmati makanan dan suasana tepian sungai Kapuas. Perlu adanya Restoran Tepian Sungai di Kota Pontianak berdasarkan dari kurangnya tempat makan sejenis restoran yang berada pada tepian sungai. Lokasi perancangan berada di Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, pemilihan lokasi dilakukan dengan metode pembobotan potensi. Metode perancangan restoran ini dimulai dari pengembangan dari potensi maupun permasalahan, sehingga dapat mengetahui aktivitas yang terjadi di dalam site dan di luar site. Konsep perancangan Restoran Tepian Sungai di Kota Pontianak adalah kampung tepian air dengan pendekatan pemukiman lokal tepian sungai Kapuas dan tema tourism support merespon kegiatan wisata penunjang sehingga kegiatan wisata dapat dilakukan. Konsep kampung tepian sungai diterapkan dengan bentuk tatanan site yang terpusat pada restoran. Restoran Tepian Sungai sebagai tempat rekreasi dan kuliner. Pengunjung dapat menikmati sajian dan tata cara makan khas Melayu yaitu seprahan.

 

Kata Kunci: Kuliner, Penunjang wisata, Restoran


Full Text:

PDF PDF

References


Atmojo, Masrum Widjojo. 2001. Restoran dan Segala Permasalahannya. Penerbit Andi. Yogyakarta

Kementerian Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi (Parpostel) Republik Indonesia. 1987. Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor.KM.95/KH.103/MPPT-87 tentang Ketentuan Usaha dan Penggolongan Restoran. Kementerian Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi (Parpostel) Republik Indonesia. Jakarta

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Soekresno. 2000. Manajemen Food and Beverage Service Hotel. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sugiarto, Endar MM. Sulartiningrum, Sri. 2008. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Gramedia. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 
Email: jmars@untan.ac.id