VIHARA THERAVADA DI KOTA SINGKAWANG

Wagito Wagito

Abstract


Penyebaran berbagai agama di Indonesia telah ada sejak jaman pemerintahan kerajaan Kutai dan Tarumanegara. Dalam perkembangannya pengikut berbagai Agama ini semakin banyak, salah satunya adalah Agama Buddha. Namun di Provinsi Kalimantan Barat terutamanya Singkawang yang memiliki pemeluk agama Buddha yang banyak Menurut Departemen agama Provinsi Kalimantan Barat, penganut agama Buddha mengalami peningkatan, pada tahun 2007 penganut agama budha berjumlah 312.201 jiwa, akan tetapi jumlah vihara yang ada sekarang belum mampu menampung semua kegiatan peribadatan yang ada. Metode perancangan yang ditempuh dengan cara mengumpulkan data melalui teknik observasi dan dokumenter, kemudian proses analisis data dari berbagai aspek yaitu kondisi eksisting tapak, progam ruang berdasarkan pelaku dan prosedur kegiatan, zonasi ruang secara makro dan mikro, bentuk kawasan dan bentuk bangunan yang sesuai dengan kondisi alam setempat. Dari hasil analisis yang didapat selajutnya akan dikombinasikan kedalam konsep sehingga memperoleh skematik desain yang menghasilkan visualisasi rancangan secara jelas. Konsep rancangan yang dihasilkan adalah meyediakan fasilitas dan tempat ibadah untuk umat Buddha yang menunjang kegiatan peribadatan di Vihara, dan menyediakan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peribadatan, dengan fungsi utama peribadatan dan dengan fungsi edukasi untuk pembelajaran Dhamma usia dini.

 

Kata kunci: Vihara, Theravada, Singkawang


Full Text:

PDF PDF ()

References


Badan Pusat Statistik Kota Singkawang. 2013. Singkawang Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Singkawang. Singkawang

Kementerian Agama Republik Indonesia. 1992. Peraturan Departemen Agama RI nomor H III/BA.01.1/03/1/1992 Bab II tentang Vihara. Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta

Giriputra, UP. W. 1994. Dhammayara Buku Pelajaran Agama Buddha. Yayasan Vihara Borobudur. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v5i1.20899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: [email protected]