SEKOLAH DASAR INKLUSI UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK (ABBS) DI KOTA PONTIANAK

Cecilia Venti

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor pendukung yang memegang peranan penting dalam seluruh sektor kehidupan, karena kualitas kehidupan suatu bangsa sangat erat dengan tingkat pendidikan. Anak berkebutuhan khusus juga perlu mendapat perhatian serius menyangkut keadaan tumbuh kembang dan kelanjutan pendidikannya. Salah satu kategori anak berkebutuhan khusus adalah anak berkesulitan belajar spesifik, yaitu yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas akademik khusus terutama dalam kemampuan membaca, menulis dan berhitung, atau pada mata pelajaran tertentu. Fungsi dari Sekolah Dasar Inklusi untuk Anak Berkesulitan Belajar Spesifik adalah tempat belajar mengajar untuk siswa sekolah dasar umum dan yang berkesulitan belajar spesifik, yaitu disleksia, disgrafia, dan diskalkulia yang bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan yang efektif untuk semua anak, tidak hanya yang normal, tetapi juga anak berkesulitan belajar spesifik. Konsep Multisensory Building didapat dari hasil analisis kebutuhan dan cara belajar Anak Berkesulitan Belajar Spesifik yang berbeda, yaitu memerlukan pengalaman langsung dengan materi pembelajaran, salah satunya dengan teknik multisensori, yaitu memaksimalkan pembelajaran menggunakan panca indera, yaitu dengan melihat, meraba, dan mendengar langsung serta mewadahi gerak aktif anak. Konsep yang didukung hasil analisa menghasilkan kebutuhan ruang taman belajar sebagai media belajar utama selain ruang kelas, dan diterapkan pada bentuk, material, dan warna yang mendukung proses belajar anak.

 

Kata kunci: Anak Berkesulitan Belajar Spesifik, Multisensori, Taman Kelas

 


Full Text:

PDF PDF ()

References


Abdullah, M. Husni. 2013. Model Terapi Multisensorik, untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Berkesulitan Belajar Membaca-Menulis di SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya

Aryono. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP Negeri 29 Surabaya. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Tarbiyah. Jurusan Kependidikan Islam. Surabaya

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Model Kurikulum bagi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Delphie, B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus: Dalam Setting Pendidikan Inklusi. PT Refika Aditama. Bandung

Futukha. 2014. Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusi (Studi Kasus pada Pembelajaran KPK di Kelas V SD Kreatif The Naff Sidoarjo). Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya

Jamaris, Martini. 2009. Kesulitan belajar (Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya). Yayasan Penamas Murni. Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 2012. Ringkasan Statistik Singkat Pendidikan Indonesia 2011/2012. MOEC. Jakarta

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kecerdasan dau/atau Bakat Istimewa. Kelompok Kerja Inklusi Jawa Timur. Jawa Timur

Natalia, Sindy. 2014. Penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Disleksia di terapi “X” Bandung. Magister Profesi Psikolog Universitas Kristen Maranatha. Bandung

Presiden Republik Indonesia. 1990. Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta

Sa’adati, Tatik Imadatus. 2015. Intervensi Psikologis Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar (Disleksia, Disgrafia Dan Diskalkulia). Jurnal Lentera, No. 20 Vol. 1, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ula Nglawak. Kertosono. Nganjuk.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v5i1.20092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 
Email: jmars@untan.ac.id