Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Peningkatan Kerjasama Peserta Didik di Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam bekerjasama dengan temannya dalam pembelajaran. Selain itu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani masih banyak berpusat kepada guru (teacher centred) sehingga cenderung monoton. Jenis Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Banua Padang Kabupaten Tapin yang berjumlah 17 orang pada tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning terhadap kerjasama peserta didik di SDN Banua Padang Kabupaten Tapin. Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.. Sampel yang digunkaan dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN Banua Padang kelas VI dengan jumlah 17 orang. Rata-rata (mean) dari test awal yaitu 132,94 dan test akhir dengan skor 138,71. Selanjutnya simpangan baku dari test awal yaitu 13,45 dan simpangan baku untuk tes akhir yaitu 9,66. Kemudian varians dari tes awal yaitu 180,93 dan untuk tes akhir yaitu 93,34. Nilai tengah (median) dari test awal yaitu 137 dan untuk tes akhir yaitu 141. Selanjutnya nilai tertinggi dari tes awal yaitu 153 dan tes awal 153. Sedangkan nilai tertinggi dari tes awal yaitu 101 dan untuk tes akhir yaitu 122 sehingga terlihat terjadi peningkatan dalam penelitian ini. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning terhadap kerjasama peserta didik di SDN Banua Padang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afani, A. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pengembangan Kerjasama Dan Keterampilan Bermain Dalam Permainan Hoki Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–9.
Afani, A. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pengembangan Kerjasama Dan Keterampilan Bermain Dalam Permainan Hoki Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 2008, 1–9.
Agustryani, R., Nur Herliana, M., & Soraya, N. (2020). Pengaruh Model Team Game Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga, 5(1), 30. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.5225
Akbar, S. L., & Sasminta Chritina Yuli Hartati. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Kesehatan Dan Olahraga Sandiah Lazuardi Akbar *, Sasminta Chritina Yuli Hartati. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07, 215–220.
André, A., Deneuve, P., & Louvet, B. (2011). Cooperative learning in physical education and acceptance of students with learning disabilities. Journal of Applied Sport Psychology, 23(4), 474–485. https://doi.org/10.1080/10413200.2011.580826
Ayu Wulandari, C., Rahmaniati, R., & Hikmah Kartini, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16 (1), 1–11. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331
Baker, M. J. (2015). Collaboration in collaborative learning. Interaction Studies. Social Behaviour and Communication in Biological and Artificial Systems, 16(3), 451–473. https://doi.org/10.1075/is.16.3.05bak
Bandura, A. (2004). Health promotion by social cognitive means. Health Education and Behavior, 31(2), 143–164. https://doi.org/10.1177/1090198104263660
Bores-García, D., Hortigüela-Alcalá, D., Fernandez-Rio, F. J., González-Calvo, G., & Barba-Martín, R. (2021). Research on Cooperative Learning in Physical Education: Systematic Review of the Last Five Years. Research Quarterly for Exercise and Sport, 92(1), 146–155. https://doi.org/10.1080/02701367.2020.1719276
Dewi, W. A. K. (2018). Pengaruh Permainan Sepakbola Modifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Peningkatan Kerjasama Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 2 Depok. 7(2), 44–68.
Didik Rilastiyo Budi dan Arfin Deri Listiandi. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Abstrak. Budi, D. R. (2021, February 1). Supplemental Materials for Preprint: Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Retrieved From, January. https://doi.org/10.31219/osf.io/xzh3g
Dyson, Ben, A. C. (2016). Cooperative learning in physical education. In Nutritional and Physical Education. https://doi.org/10.4324/9780203132982
Elliott, A., & Woodward, W. (2011). Statistical Analysis Quick Reference Guidebook. In Statistical Analysis Quick Reference Guidebook. https://doi.org/10.4135/9781412985949
Fernandez-Rio, J. (2017). Quality Physical Education Through Models-Based Practice. 8Th International Scientific Conference on Kinesiology, 2018(January), 186–190.
Fraenkel, J. R. (1987). Toward improving research in social studies education. Theory and Research in Social Education, 15(3), 203–222. https://doi.org/10.1080/00933104.1987.10505546
Fraenkel, J. R. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. In Quarterly Review of Biology (Vol. 8, Issue 3). https://doi.org/10.1086/393991
Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2012). Normality tests for statistical analysis: A guide for non-statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 10(2), 486–489. https://doi.org/10.5812/ijem.3505
Goudas, M., & Giannoudis, G. (2008). A team-sports-based life-skills program in a physical education context. Learning and Instruction, 18(6), 528–536. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.11.002
Jenny, S. E., & Rhodes, S. (2017). Physical Education Professionals Developing Life Skills in Children Affected by Poverty. The Physical Educator, 74(4), 653–671. https://doi.org/10.18666/tpe-2017-v74-i4-7524
Kabir, S. M. S. (2016). Sample and sampling designs. Fundamentals of Research Methodology and Statistics, July 2016, 323.
Khoiriah, D. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhad Ap Pembentukan Nilai-Nilai Kerjasama D Alam Pembelajaran Permainan Hoki Universitas Pendidikan Indonesia. E-Journal UPI, 35–56.
Lacasa, P. (1993). La construccion social del conocimiento: Desarrollo y conflicto socio-cognitivo Una entrevista a Willem Doise the social construction of meaning. Interviewing Willen Doise. Infancia y Aprendizaje, 16(61), 5–28. https://doi.org/10.1080/02103702.1993.10822362
Luvian, & Juliantine, T. (2017). Jurnal Olahraga. Jurnal Olahraga, 1(2), 41–51. http://jurnalolahraga.stkippasundan.ac.id/index.php/jurnalolahraga%0APengaruh
Mendo-Lázaro, S., León-del-Barco, B., Felipe-Castaño, E., Polo-del-Río, M. I., & Iglesias-Gallego, D. (2018). Cooperative team learning and the development of social skills in higher education: The variables involved. Frontiers in Psychology, 9(AUG). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01536
Metzler, M. W. (2000). Instructional models for physical education. 1–88.
Muro, M., & Jeffrey, P. (2008). A critical review of the theory and application of social learning in participatory natural resource management processes. Journal of Environmental Planning and Management, 51(3), 325–344. https://doi.org/10.1080/09640560801977190
Nabavi, R. T. (2016). Theories of Developmental Psychology: Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory. Research Gate, January 2012, 1–24.
Palupi, W. R., & Darmawan, G. (2017). Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan ( Studi Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 43 Surabaya ) Widya Retno Palupi Gatot Darmawan. 05, 510–515.
Pianus, N. C., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Bolavoli Di Smpn 14 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 1(1).
Rachman, H. A. (2009). Dimensi kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 19–26. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/437
Rohmansyah, N. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pendidikan Jasmani Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Siswa Kelas Iv. Jurnal Penjakora, 4(2), 25–36.
Sembiring, I., Tarigan, B., & Budiana, D. (2020). Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT): Peningkatan kreatifitas, kerjasama dan keterampilan bermain sepakbola siswa tunarungu. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 128–140. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5652
Veldman, M. A., Doolaard, S., Bosker, R. J., & Snijders, T. A. B. (2020). Young children working together. Cooperative learning effects on group work of children in Grade 1 of primary education. Learning and Instruction, 67, 101308. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101308
Wahidy, A. (1996). Prinsip kerjasama, kesopanan dan parameter pragmatik. 1–14.
Warni, H., Arifin, S., & Arifin, R. (2021). Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Di Lingkungan Lahan Basah. Prosiding Seminar Nasional …, 6(April). http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/451
Yang, C., Chen, R., Chen, X., & Lu, K. H. (2021). The Efficiency of Cooperative Learning in Physical Education on the Learning of Action Skills and Learning Motivation. Frontiers in Psychology, 12(October), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.717528
DOI: https://doi.org/10.26418/jilo.v6i1.60161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Denker Sandra Amicetya, Maruful Kahri, Herita Warni, Mashud Mashud
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstracted/Indexed By:
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License