Pengembangan Media Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif Di SMA Negeri 1 Turen

Masrurdin Ilmi, Ari Wibowo Kurniawan, Eka Supriatna

Abstract


Abstrak

Riset ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelentukan bagi siswa kelas X dan XI. Metode risetya yakni Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan  kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk pembelajaran multimedia interaktif. Riset ini dengan metode kuantitatif dan kualitatif yang di validasi oleh alhi kebugaran, ahli pembelejaran dan ahli media. Serta penelitian menggunakan subject berupa penelitian kecil dan penelitian besar Kesimpulan dari penelitian yang dikembangakan menghasilkan produk yang bermanfaat untuk pembelajaran kebugaran jasmani unsur kelentukan pada siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Turen.

Abstract

This.study.aims.to.develop physical fitness learning.for flexibility elements for class X and XI students. This study uses the Research and Development (R&D) method. The instruments used were qualitative and quantitative. The results of this study produce interactive multimedia learning products. This research uses quantitative and qualitative methods which are validated by fitness practitioners, learning experts and media experts. As well as research us*ing the subject in the form of small research and large research. Conclusions from the developed research produce products that are useful for learning physical fitness for flexibility elements for class X and XI at SMA Negeri 1 Turen.

                                                                                                                                                         


Keywords


Pendidikan Jasmani, Kebugaran Jasmani, Kelentukan, Multimedia Interaktif

Full Text:

PDF

References


Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di Sma Negeri 1 Turen. Sport Science and Health, 3(2), 40–53.

Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229.

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 261–267.

Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. (2018). Penggunaan Media Berbasis Autoplay Media Studio 8 untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa : Sebuah Inovasi Media Pembelajaran. Journal Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 394–401.

Dyk, N. Van, Farooq, A., Bahr, R., & Witvrouw, E. (2018). Hamstring and Ankle Flexibility Deficits are Weak Risk Factors for Hamstring Injury in Professional Soccer Players: A Prospective Cohort Study of 438 Players Including 78 Injuries. American Journal of Sports Medicine, 46(9), 2203–2210.

Farida, N., & Ferdiani, R. D. (2018). Perbedaan Pembelajaran Melalui Multimedia Interaktif dan Melalui Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Transformasi Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 47–56.

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262

Kurniawan, A. W. (2018). Multimedia-Based Learning Model for Gymnastics Skills. Advances in Health Science Research (AHSR), 7(2), 33–36.

Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4(1), 25–35. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.831

Kurniawan, S. (2018). Kontribusi Kelentukan Pinggang dan Power Otot Lengan Pada Keterampilan Stutz Senam Lantai. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 247–257.

Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.

Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85.

Muhardi, M., & Wijayanti, N. P. N. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMPN 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–10.

Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566–581.

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual Pada Materi Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksa, 9(2), 82–90.

Punisah, S. A., Lazulva, & Utami, L. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio pada Materi Struktur Atom. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 16–23.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas.

Putra, A. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(7), 519–532.

Putra, G. H., Kanca, N., & Suwiwa, G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Passing Bola Voli Kelas X di SMA PGRI 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksa, 7(1), 1–6.

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(5), 254–263. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p254-263

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185.

Safaringga, E., & Herpandika, R. P. (2018). Hubungan Antara Kebugaran Jasmani dengan Kualitas Tidur. Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 235–247.

Santika, I. G. P. N. A., Adiatmika, I. P. G., & Subekti, M. (2020). Pelatihan Lari Bintang Terhadap Kelincahan Tubuh Atlet Bola Voli SMP Negeri 2 Denpasar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 128–141.

Saprudin, S., Munaldi, M., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus: SMK Indonesia Global). Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 63–70.

Simbolon, M. E. M., Lestari, N., Monica, Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual Saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1–8.

Sinuraya, J. F. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga Tahun 2019/2020 Universitas Quality Berastagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 23–32.

Sulaksono, G., & Wibowo, A. (2021). Studi Deskriptif Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Tingkat SMA Kelas XI Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 82–90.

Sumarsono, A., Anisah, & Iswhyuni. (2019). Media Interakti Sebagai Optimalisasi Pemahaman Materi Permainan Bola Tangan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 1–11.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra, 5(2), 1–11.

Wijaya, M. A., & Kanca, N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 4(1), 1–6.

Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(2), 240–250.




DOI: https://doi.org/10.26418/jilo.v6i1.59461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ari Wibowo Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By:

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License