Kebugaran Jasmani Peserta Didik Dimasa Awal Full Day School

I Putu Agus Dharma Hita

Abstract


Kebugaran jasmani ialah faktor yang sangat penting untuk dimiliki setiap individu agar mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebih. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMKS TP 45 Negara dimasa awal full day school diterapkan. Jenis penelitian memakai jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di SMKS TP 45 Negara tahun pelajaran 2021/2022 yaitu sebanyak 478 orang. Penentuan sampel yaitu memakai teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan/kriteria tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 70 orang. Intrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah Multistage Fitness Test (MFT). Hasil dalam penelitian ini yaitu rata-rata tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMKS TP 45 Negara dimasa awal full day school yaitu pada kategori kurang sekali. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai dasar dalam peningkatan tingkat kebugaran jasmani peserta didik agar menjadi lebih baik.

Keywords


kebugaran jasmani, multistage fitness test, full day school

Full Text:

PDF

References


Arfianto, Y. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Sehat Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa

Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sleman. Skripsi, 1–92.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bompa, T. O., & Carlo, B. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. In Human

Kinetics (Sixth Edit). Human Kinetics.

Cosmin, S. C., Mihaela, O., Claudiu, A., & Dan, M. (2022). Effect Of A 6-Month Volleyball Activity

Program On Body Composition And Physical Fitness Of Overweight And Obese Children. Journal

of Physical Education and Sport, 22(3), 570 – 576. https://doi.org/10.7752/jpes.2022.03071

Hita, I. P. A. D., Ariestika, E., Yacshie, B. T. P. W. B., & Pranata, D. (2020). Hubungan Status Gizi

Terhadap Tingkat Aktivitas Fisik PMI Selama Masa Karantina COVID-19. Jurnal Menssana, 5(1),

–161. https://doi.org/10.24036/MensSana.050220.07

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., Ariestika, E., Widiyanto, & Nizeyumukiza, E. (2021). The

Association Between Physical Activity and Self-Rated Health Among Older Adults. Journal of

Population and Social Studies, 29, 450–458. https://doi.org/10.25133/JPSSv292021.028

Hita, I. P. A. D., & Pranata, D. (2021). Hubungan Tingkat Kejadian Diabetes Melitus Terhadap Kondisi

Hipertensi Di Indonesia. Jurnal Sporta Saintika, 6(2), 132–146.

https://doi.org/10.24036/sporta.v6i2.182

Husna, A. F. (2021). Hubungan Pengetahuan Kesehatan dan Pola Hidup Sehat dengan Tingkat Kebugaran

Jasmani Pada Mahasiswa PJKR 2017 UPI Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu |

perpustakaan.upi.edu. Skripsi, 1–4.

Kosnayani, A. S., & Aisyah, I. S. (2016). Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Obesitas Remaja

(Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi Tasikmalaya Tahun 2016).

Jurnal Siliwangi, 2(2), 127–130. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssainstek/article/view/100

Li, Y., Xia, X., Meng, F., & Zhang, C. (2021). The Association of Physical Fitness With Mental Health in

Children: A Serial Multiple Mediation Model. Current Psychology, 1–10.

https://doi.org/10.1007/s12144-020-01327-6

Nuari, G., Tresnowati, I., & Widya, M. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program

Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924

Jurnal Ilmu Keolahragaan, Vol 5 (II) 2022

Author: I Putu Agus Dharma Hita

P-ISSN: 2621-4717 126 http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v5i2.56325

E-ISSN: 2657-2044 Volume 5 No. II, bulan Oktober tahun 2022

Pasaribu, A. M. N. (2020). Tes dan Pengukuran Olahraga. Yayasan Pendidikan dan Sosial.

Prastyo, N. E., Saichudin, & Kinanti, R. G. (2014). Pola Hidup Sehat Dan Tingkat Kebugaran Jasmani

Pada Siswa Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri. Jurnal Sport Science, 2(1),

–53. https://doi.org/10.17977/jss.v4i1.4991

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa

Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.

Rusip, G., & Boy, E. (2020). Edukasi Olah Raga Di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran

Fisik Dan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Jurnal Implementa Husada, 1(2), 152. https://doi.org/10.30596/jih.v1i2.5035

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Jogja Global Media.

Suryadi, D., & Rubiyatno. (2022). Kebugaran Jasmani Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler

Futsal. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26418/jilo.v5i1.51718

Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk

Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 09 Nomor 01 Tahun

, 113 – 119, 09, 113–119.

Wahjoedi. (2018). Landasan Evaluasi Kebugaran Jasmani. PT Raja Grafindo Persada.

WHO. (2010). Global Recommendations on Physical Activity for Health. Physical Activity for Health, 1–

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue Januari). UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v5i2.56325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 I Putu Agus Dharma Hita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By:

               


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License