Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar keterampilan dasar passing sepak bola mahasiswa pada masa pandemi COVID-19
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar passing sepakbola pada masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini termasuk komparatif yang bertujuan membandingkan objek satu dengan objek lainnya. Data yang dikumpulkan berupa data primer dengan menggunakan angket atau kuisioner melalui google form. Proses untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara membagikan angket kepada responden, untuk mendapatkan atau memperoleh data. Selain itu dilaksanakan tes keterampilan passing sepak bola. Sampel yang dijadikan dalam penelitian ini sebnyak 107 mahasiswa. Hasil yang didapatkan yaitu rata-rata motivasi belajar laki-laki lebih besar dibandingkan dengan perempuan dan hasil belajar passing sepakbola perempuan lebih besar dibandingkan laki-laki. Kesimpulan yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar passing sepakbola pada masa pandemic covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5
Andriansyah, F., Afif, U. M., & Purnama, S. (2021). Tingkat Motivasi Anak Usia 9-12 Tahun Dalam Mengikuti Latihan Sepak Bola Saat Pandemi Covid-19. PODIUM : Siliwangi Journal of Sport Science, 1, 24–28.
Apra Santosa, T., & Marina, E. (2020). Analisis Masalah Pendidikan Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama Di Era Pandemi Covid -19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 273–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278
Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107.
Ardyanto, S. (2018). Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Penjas, 4(3), 21–32.
Asmi, N. & K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Budi, B., Rouf, T., & Budiman, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Passing dalam Sepak Bola. Jpoe, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i1.114
Darmawati, J. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sma negeri di kota tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90.
Dinata Saragi, M., & Suryani, R. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berjenis Kelamin Perempuan Dan Laki-Laki Smk Swasta Bandung. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i1.3197
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Erni, S., Vebrianto, R., & Miski, C. R. (2020). Refleksi Proses Pembelajaran Guru MTs dimasa Pendemi Covid 19 di Pekanbaru : Dampak dan Solusi. 1(1), 1–10.
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., Yulianti Zaqiyah, Q., (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Ika Pgsd Unars, 8(1), 12–24. Retrieved from https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Janwar, M. & S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Teknik Passing Dalam Permainan Sepakbola Melalui Media Audiovisual Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Smp Citra Mulia Makassar. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, Volume 5 Nomor 2, Edisi November 2020, 5(November), 62–65.
Kahar, et al. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam. Jurnal MensSana, 5, 182–190.
Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425–2437.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.
Pradini Rojali, A., Mury Syafei, M., & Nugroho, S. (2016). Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Permainan Sepak Bola Di Sekolah Menengah Atas Pada Masa Pandemi Covid -19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 118–126. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2778
Pratama, F. & N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(3), 280–286.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 1–12. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Prem, K., Liu, Y., Russell, T. W., Kucharski, A. J., Eggo, R. M., Davies, N.Klepac, P. (2020). The effect of control strategies to reduce social mixing on outcomes of the COVID-19 epidemic in Wuhan, China: a modelling study. The Lancet Public Health, 5(5), e261–e270. https://doi.org/10.1016/S2468-2667(20)30073-6
Ramadan, G. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 1–6. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara
Sahanowas, & Halder, S. (2020). Critical thinking disposition of undergraduate students in relation to emotional intelligence: Gender as a moderator. Heliyon, 6(11), e05477. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05477
Samsudin, U. (2020). Pendidikan Kritis Di Era Pandemi Covid 19 Dan Media Sosial. Tarbawi, 3(2), 150–168. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/184
Siantoro, G., Khamidi, A., & Surabaya, U. N. (2021). Terhadap Pembelajarandaring Pjok Selama Pandemi Coronavirus Disease ( Covid-19 ) Di Man 1 Lamongan. 9(1), 225–229.
Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). Studi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 30. https://doi.org/10.23916/08588011.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
DOI: https://doi.org/10.26418/jilo.v5i2.56228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mochamad Ridwan, Hari Wisnu, Taufiq Hidayat, Heryanto Nur Muhammad, Sapto Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstracted/Indexed By:
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License