Persepsi mahasiswa PORKES FKIP Universitas Jambi terhadap penerapan model pembelajaran mata kuliah praktik pada masa pandemi covid-19
Abstract
Penelitian ini didasari dengan mewabahnya pandemi Covid 19 yang dalam upaya pencegahan penularannya diterapkan aturan menjaga jarak antara satu sama lainnya sehingga tidak mungkin dilakukannya perkuliahan secara tatap muka, didasarkan hal tersebut maka dilakukan perkuliahan dengan menerapkan medel pembelajaran cara online atau menggunakan (zoom) dimana dalam pelaksanaan pembelajaran stap pengajar sangat sulit mengetahui yang mana diantara mahasiswa yang mampu mempraktikkan gerakan-gerakan yang menjadi indicator pembelajaran pada mata kuliah praktik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui Persepsi Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Universitas Jambi Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Mata Kuliah Praktik pada Masa Pandemi Covid-19. Manfaat penelitian antara lain: 1) Kepada Dosen pengampuh mata kuliah praktik untuk menjadi pertimbangan dalam menggunakan medel pembelajaran dimasa pandemic Covid-19. 2) Bagaimana mahasiswa diharapkan melatih dirinya sendiri mempraktikkan indicator ketrampilan gerak yang harus dikuasai pada mata kuliah praktik tersebut. Karena dalam pelaksanaan tidak memungkin melaksanakan kegiatan praktik untuk melatih indikator mata kuliah yang harus dikuasai setelah melulusi mata kuliah tersebut. Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert, uji validitas dan realibilitas dilakukan terlebih dahulu sebelum menggunakan instrumen. Data yang terkumpul dilakukan analisis secara deskriptif melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi..mahasiswa..terhadap penerepan model..pembelajaran.praktik pada masa pandemi Covid 19 yaitu 64,2% mengatakan setuju dan 31,3% mengatakan sangat setuju sementara sisanya 4,5% mengatakan ragu-ragu. Didasari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengatakan setuju terhadap penerapan model pembelajaran menggunakan Zoom pada mata kuliah praktik dimasa pandemi Covid 19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrilia K, Fitroh S, Deni A. (2020). Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol 6, No 3, http://journal.unesa. ac.id/index.php/PD e-ISSN: 2460-8475
Bimo W. (2007). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset. Yogyakarta.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Dini Rosdiani. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. ALFABETA. Bandung.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2005). Jakarta. Balai Pustaka
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Desease (Covid -19) Revisi Ketiga. Ditjen. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Jakarta.
Kurikulum Prodi Pendidikan olahraga dan Kesehatan (2021). Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Universitas Jambi.
Muhaimin (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). Panduan Praktik Klinis. Pneumonia 2019 Cov.PDI.Jakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Surat Edaran Nomor 1/UN21/EP/2021 Tentang Pelaksanaan Perkuliahan Semester Genap 2020/2021 pada Masa Tanggap Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Universitas Jambi, Tanggal 12 Januari 2021)”.
DOI: https://doi.org/10.26418/jilo.v5i2.54297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 David Iqroni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstracted/Indexed By:
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License