Pengembangan model permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk peserta didik kelas satu sekolah dasar

Ni Luh Putu Spyanawati, Ni Putu Dwi Sucita Dartini, I Ketut Semarayasa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan dalam pembelajaran PJOK untuk mendukung pembelajaran tematik untuk kelas 1 Sekolah Dasar pada tema 3 Kegiatanku. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode R&D yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Sample dalam penelitian ini adalah guru-guru PJOK kelas 1 Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument penilaian modul“Permainan PJOK Tematik Kelas 1 Tema Kegiatanku” dengan 8 jenis permainan didalamnya yang disesuaikan dengan tema dan subtema.  Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa rata-rata hasil penilaian uji lapangan permulaan sebesar 83,75% dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata hasil penilaian uji lapangan utama sebesar 88,75% dalam kategori baik. Rata-rata hasil penilaian uji operasional sebesar 92% berada dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul model permainan dalam pembelajaran PJOK untuk mendukung pembelajaran tematik kelas I Sekolah Dasar pada dapat digunakan pada pembelajaran PJOK di kelas 1 tema Kegiatanku.


Keywords


Physical Education, integrated thematic, Game model

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 8(2), 138–147.

Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27.

Giartama, G., Hartati, H., Destriani, D., & Victoriand, A. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Sebatik, 22(2), 167–171.

Hidayatullah, M. F., & Kristiyanto, A. (2014). Model aktivitas belajar gerak berbasis permainan sebagai materi ajar pendidikan jasmani (Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Indonesian Journal of Sports Science, 1(1), 218350.

Jihad, B. M. (2019). Pengaruh Permainan Target Terhadap Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Penjas (Penelitian Pre-Eksperimen Terhadap Sdn Mulyasari Sumedang). UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar kelas bawah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124–142.

Mutohir, T. C. (2013). Membangun Karakter Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Unesa University Press.

Ningrum, N. F. M., & Sukoco, P. (2017). Pengembangan model permainan untuk meningkatkan perseptual motorik dan perilaku sosial siswa sekolah dasar kelas bawah. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 171–182.

Nurhasan, N. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang sehat Jasmani dan Rohani). Unesa University Press.

Nurzaqi, A., & Rahayu, S. (2015). Materi Pembelajaran Tematik Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal of Physical Education and Sports, 4(1).

Riyanto, I. A., Kristiyanto, A., & Purnama, S. K. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 15–20.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Prenada Media Group.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Undiksha.

Parenting for Brain. 2020. Importance of Play – 9 Amazing Benefits & Infographic Tersedia pada https://www.parentingforbrain.com/benefits-play-learning-activities-early-childhood/




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.52279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ni Luh Putu Spyanawati, Ni Putu Dwi Sucita Dartini, I Ketut Semarayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By:

               


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License