Profil kemampuan motorik siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri 1 Candi Karanganyar Kebumen

Puput Widodo

Abstract


Perkembangan zaman dan teknologi menjadikan anak lebih memilih bermain game atau menonton televisi berjam – jam daripada bermain di luar bersama teman - temannya. Hal ini juga di alami oleh siswa SD N 1 Candi, aktivitas siswa pada jam istirahat hanya duduk dan bermain di halaman sekolah dengan alat seadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan motorik siswa kelas kelas atas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan siswa kelas IV dan V SD Negeri 1 Candi Karanganyar. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen dari Nurhasan berupa empat macam tes. Yaitu shuttle run 4 x 10 meter, tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok selama 30 detik, tes Stork Stand Positional Balance dan tes lari cepat 30 meter. Teknik analis data menggunakan analis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian kemampuan motorik siswa kelas IV dan V di Sekolah Dasar Negeri 1 Candi Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen tergolong “Sedang” dengan rincian 3 siswa (9.09%) berkategori baik sekali, 5 siswa (15.15%) berkategori baik, 14 siswa (42.42%) berkategori sedang, 10 siswa (30.30%) berkategori kurang, dan 1 siswa (3.03%) berkategori kurang sekali. Persentase terbanyak pada kategori sedang yaitu sebesar (53% ).

Keywords


Kemampuan Motorik, Siswa Kelas Atas

Full Text:

PDF

References


Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. N. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1). https://doi.org/10.24036/jss.v20i1.32

Andriani, Y. P. (2020). Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Tari Kreasi Baru. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2). https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9726

Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). PERMAINAN KIDS ATHLETICS SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS V dan VI. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.17977/um040v4i1p66-72

Bolger, L. E., Bolger, L. A., O’Neill, C., Coughlan, E., O’Brien, W., Lacey, S., Burns, C., & Bardid, F. (2021). Global levels of fundamental motor skills in children: A systematic review. Journal of Sports Sciences, 39(7). https://doi.org/10.1080/02640414.2020.1841405

Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical activity and motor skills in children: A differentiated approach. Psychology of Sport and Exercise, 54. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916

Febrianty, M. F. (2020). Profil Kemampuan Motorik Mahasiswa FPOK. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2). https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.964

Katagiri, M., Ito, H., Murayama, Y., Hamada, M., Nakajima, S., Takayanagi, N., Uemiya, A., Myogan, M., Nakai, A., & Tsujii, M. (2021). Fine and gross motor skills predict later psychosocial maladaptation and academic achievement. Brain and Development, 43(5). https://doi.org/10.1016/j.braindev.2021.01.003

Pham, V. H., Wawrzyniak, S., Cichy, I., Bronikowski, M., & Rokita, A. (2021). Brainballs program improves the gross motor skills of primary school pupils in Vietnam. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3). https://doi.org/10.3390/ijerph18031290

Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182

Srivi, E., Suci, W., & Ismet, S. (2020). Efektivitas Permainan Bola Bergilir Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1).

Sulastri, S. (2020). Hubungan antara Kegiatan Permainan Lempar Bola terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2). https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9732

Sunanto, Nanang Rokhman Saleh, & Machmudah. (2020). PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PESERTA EKSTRAKULIKULER HOCKEY RUANGAN SD NEGERI WONOKASIAN WONOAYU SIDOARJO. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2). https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.942

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Taverna, L., Tremolada, M., Bonichini, S., Intra, F. S., & Brighi, A. (2021). Assessing children’s gross-motor development: Parent and teacher agreement. implication for school and wellbeing. Journal of Physical Education and Sport, 21. https://doi.org/10.7752/jpes.2021.s1063




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.50250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Puput Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By:

               


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License