FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Nur Aenon, I Iskandar, Hendriana Sri Rejeki

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya prestasi belajar pendidikan jasmani. Belum diketahui penyebab rendahnya prestasi belajar pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas IV SDN 8. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 8 Mamboro yang ada di Kecamatan Palu Utara. Sampel adalah 40 siswa kelas IV SDN 8 Kecamatan Palu Utara.  Instrumen Penelitian menggunakan lembar observasi, angket, wawancara serta disertai dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor penyebab rendahnya prestasi belajar pendidikan jasmani Utara antara lain berasal dari 1) faktor internal anak didik, 2) Kurangnya fasilitas belajar pendidikan jasmani dan adanya faktor lingkungan sekolah, 3) faktor dari lingkungan sekolah, 4) faktor dari guru, 5) faktor dari lingkungan keluarga.


Keywords


Pendidikan Jasmani, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ateng, Abdulkadir. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdikbud 1986. Kurikulum sekolah Dasar Kelas I s/d VI. Garis-garis Besar Program Pengajaran Olahraga dan Kesehatan. Jakarta Dirjen.PDM.

Firdaus Lakari. 2005. Faktor Kesulitan Belajar IPA pada Siswa SD Kelas IV di Kota Palu. (Skripsi. Tidak diterbitkan) Palu: Universitas Tadulako.

Lukman, A. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta

Mohotir, Toho M dan Rusli Lutan. 1996. Buku Teks DII PGSD: Pendidikan Jasmani dan Kesehatan . Jakarta: Direktorak Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nana Sudjana 1998. Dasar-dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru

Natawijaya. R. 1976. Diagnotik Kesulitan Belajar. Jakarta: BP3K

Rusli Lutan. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode, Jakarta:P3LPTK

Sardiman AM.2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PN. Balai Pustaka

Suhartini, Drs. R.I. 1982. Metodologi Penelitian Nasional. (Bandung: Jemmars).

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Aenon, I Iskandar, Hendriana Sri Rejeki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Abstracted/Indexed By:

        


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License