TEAM GAME TURNAMEN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA GULING SISI

Nurwachidin Supriyatno

Abstract


Lompat tinggi merupakan salah satu nomor dalam atletik yang masuk dalam kurikulum pembelajaran di MTs. Keberhasilan dalam belajar lompat dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama keberanian, kedua teknik serta modal pengalaman gerak.  Ketiga hal ini akan memberikan sumbangan dalam keberhasilan belajar. Dalam proses pembelajaran cara menyampaikan pelajaran sangat memegang peranan penting. Penelitian ini berusaha untuk mengatasi permasalahan kurang tuntasnya hasil belajar lompat tinggi dilihat dari teknik melakukan dan hasil lompatan. Model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Kelas yang dipergunakan untuk penelitian adalah kelas IX E MTsN 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 38. Instrumen penelitian adalah test lompat tinggi diukur sampai centimeter terdekat, dan lembar observasi penilaian teknik gaya, awalan, dan tumpuan.  Hasil penelitian setelah dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklus ternyata memberikan hasil kenaikan rerata kelas untuk baik pada teknik melakukan lompat tinggi ataupun prestasi capaian lompat.  Berdasarkan hasil penelitian ini TGT dapat dipergunakan untuk pemecahan permasalahan pembelajaran lompat tinggi.

Keywords


lompat tinggi, TGT, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2018). Pengaruh latihan skipping terhadap lompat tinggi gaya gunting pada siswa putri kelas v sd negeri 117 palembang. Jurnal akrab juara.

Agustryani, r., nur herliana, m., & soraya, n. (2020). Pengaruh model team game tournament (tgt) terhadap peningkatan responsibility siswa dalam pembelajaran penjas kelas viii smp negeri 4 kota tasikmalaya. Jendela olahraga. Https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.5225

Ardiansah, f. E., & setiyo, h. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap motivasi belajar renang gaya bebas (studi pada siswa kelas xi sma negeri 1 wonoayu – sidoarjo). Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan.

Azhari, m. Y., sujiono, b., & widyonarto, r. (2017). Hubungan kecepatan lari dan daya ledak otot tungkai dengan hasil lompat jauh gaya menggantung pada mahasiswa kuliah olahraga prestasi atletik fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri jakarta. Jurnal ilmiah sport coaching and education. Https://doi.org/10.21009/jsce.01204

B. Manalu, r. B. (2019). Pengaruh gaya mengajar inklusi dan koordinasi terhadap hasil belajar lompat jangkit siswa sma angkasa 1 medan. Riyadhoh : jurnal pendidikan olahraga. Https://doi.org/10.31602/rjpo.v2i1.2028

Candra, s. D. (2019). Studi cross-sectional perkembangan kemampuan lompat jauh tanpa awalan pada anak usia 6 sampai dengan 12 tahun ditinjau dari jenis kelamin di kabupaten trenggalek. Briliant: jurnal riset dan konseptual. Https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.268

Hidayat, c., mulyana, d., & juhrodin, j. (2019). Dampak model pembelajaran cooperative tipe team game tournament (tgt) terhadap kebugaran dan perkembanagan sosial siswa. Altius : jurnal ilmu olahraga dan kesehatan. Https://doi.org/10.36706/altius.v6i2.8091

Ilham, z. (2017). Hubungan antara daya ledak otot tungkai dengan hasil lompat tinggi gaya straddle siswa putra kelas x smk yps prabumulih. Jurnal ilmu keolahragaan.

Junaidi, i. A. (2018). Kontribusi daya ledak otot tungkai dan kelentukan dengan hasil lompat tinggi gaya flop mahasiswa program studi pendidikan olahraga universitas pgri palembang. Halaman olahraga nusantara (jurnal ilmu keolahragaan). Https://doi.org/10.31851/hon.v1i1.1503

Khoiriah, d. S. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (tgt) terhadap pembentukan nilai-nilai kerjasama dalam pembelajaran permainan hoki. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga. Https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3661

M.or, i., & salahudin, s. (2020). Pengaruh metode latihan plyometrics lari lompat rintangan terhadap peningkatan hasil lompat jauh ditinjau dari rasio panjang tungkai dan tinggi badan. Jses : journal of sport and exercise science. Https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p14-22

Makorohim, m. F. (2018). Performa gerak teknik lompat jangkit pada mahasiswa penjaskesrek semester 4 universitas islam riau. Journal sport area. Https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1570

Martindar, f. B., & hartati, s. C. Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar renang gaya bebas (crawl). Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan volume 02 nomor 01 tahun 2014, 164 - 170.

Masturah, s. N. (2020). Model pembelajaran lompat tinggi gaya flop pada siswa sekolah menengah pertama. Almarhalah | jurnal pendidikan islam. Https://doi.org/10.38153/alm.v3i2.34

Pratama, d. S. (2018). Peningkatan hasil belajar materi sepak takraw dengan metode tgt (teams games tournaments) dan recyprocal style. Jendela olahraga. Https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2514

Raharja, d. S. P. (2017). Pengaruh model cooperative learning tipe tgt terhadap perilaku interaksi sosial siswa. Jurnal kependidikan jasmani dan olahraga.

Rosidin, r. (2019). Penggunaan media karet dalam pembelajaran lompat tinggi pada siswa sekolah dasar. Jurnal educatio fkip unma. Https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.32

Shodiq, a., sugihartono, t., & sutisyana, a. (2019). Pengaruh latihan lompat gawang dalam meningkatkan tinggi lompatan spike pada permainan bola voli siswa ekstrakurikuler di man 2 kota bengkulu. Kinestetik. Https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8808

Sobarna, a., rusmana, r., & gunawan, g. (2019). Keterampilan lompat jauh gaya jongkok (studi eksperimen strategi mengajar, motivasi dan gaya mengajar ). Jurnal segar.

Syafruddin, m. A., & herman, h. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tgt (team group tournament) terhadap kecerdasan emosi siswa man 2 makassar. Jendela olahraga. Https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267

T. Arafat, r. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teams games tournament (tgt) terhadap motivasi belajar renang gaya dada (studi pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler renang di smkn 3 kediri). Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan.

Wibowo, p. A. (2018). Peningkatan keaktifan siswa dalam permainan futsal melalui metode tgt pada siswa kelas x di sma selamat pagi indonesia kota batu. Jp.jok (jurnal pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan). Https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.164




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurwachidin Supriyatno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Abstracted/Indexed By:

        


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License