HUBUNGAN SOCIAL BEHAVIOUR DENGAN CRITICAL THINKING PADA PELATIHAN UKM TENIS MEJA UPI SUMEDANG

Rachmat Rusmana, Indra Safari, Dewi Susilawati

Abstract


Dalam penemuan peneliti di UKM Tenis Meja UPI Kampus Sumedang dapat dilihat bahwa sering terjadinya anggota UKM Tenis Meja masih banyak pada saat melakukan latihan anggota dengan perilaku yang tidak baik pada saat pelatihan seperti tidaknya mendengarkan materi latihan, tidak datang pada latihan, mengobrol pada anggota lain dan lain lain. Serta anggota ukm tersebut juga kurangnya berpikir untuk menganalis gerakan pada saat latihan seperti tidak menyadari kesalahan pada gerakan, salah menafsirkan arti gerakan dengan sebenaranya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain Korelasi yang mencari hubungan diantara dua variabel yang berkaitan dengan judul skripsi yaitu “Hubungan Social Behaviour dengan Critical Thinking”. Dalam pengambilan data dalam penelitian ini menggunkan angket Kuisioner Social Behaviour dan Butir pertanyaan CCTS untuk critical thinking. Subjek penelitian ini merupakan seluruh anggota UKM Tenis Meja UPI Kampus Sumedang yang terdiri dari 31 anggota. Pada hasil uji normalitas dari data tersebut memperoleh nilai .200 > 0,05 data tersebut berdistribusi normal. uji linearitas diketahui sig deviation from linearity sebesar 0,103 lebih besar dari 0,05. Hasil uji hipotesis hubungan adalah sebesar 0,00 < 0,05. Karena koefisien korelasinya menunjukan negative maka terdapat hubungan yang namun kedua variabel yang berjalan dengan arah yang berlawanan, bertentangan, sehingga ketika Social Behaviour dilakukan pada saat latihan maka Critical Thinking tersebut akan mengalami penurunan.

Keywords


Motivasi Latihan, Percaya diri pada saat bermain dilapangan, Korelasional

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior: McGraw-Hill Education (UK).

Alessandro. (2010). Physiological responses and characteristics of table tennis matches determined in official tournaments. The Journal of Strength & Conditioning Research, 24(4), 942-949.

Ardi, S. W., Hartiawan, U., & Pujianto, A. (2013). Pengembangan model pembelajaran tenis meja lantai dalam penjasorkes pada siswa kelas VI SD Puri Kecamatan Pati Kabupaten Pati. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(3).

Cendra, R., & Gazali, N. (2019). Intensitas Olahraga Terhadap Perilaku Sosial. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(1), 13-17.

Frisby, C. L., & Traffanstedt, B. K. (2003). Time and performance on the California critical thinking skills test. Journal of College Reading and Learning, 34(1), 26-43.

Hadland, K., Rushworth, M. F., Gaffan, D., & Passingham, R. (2003). The effect of cingulate lesions on social behaviour and emotion. Neuropsychologia, 41(8), 919-931.

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness Dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang Bk Pribadi). Konseli, 3(1), 17-31.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137.

Nisrima, S., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).

Safari, I. (2012). Perbandingan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Pada Permainan Tenis Meja Antara Yang Langsung Mengunakan Net Dengan Tanpa Menggunakan Net Terlebih Dahulu. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2).

Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. ATIKAN, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rachmat Rusmana, Indra Safari, Dewi Susilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Abstracted/Indexed By:

        


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License