PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA

Muhamad Fauzie

Abstract


Pembelajaran yang diajar oleh guru merupakan rutinitas harian proses belajar mengajar di sekolah. Kelemahan metode ini adalah siswa selalu menerima materi dari guru dan tidak memiliki kesiapan untuk menggali informasi lebih dalam. Karakterisitik kelas yang mandiri akan mengesampingkan kemampuan siswa jika hal ini terus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan siswa teman sebaya sebagai tutorial pembelajaran.  Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efektifitas teman sebaga dalam pembelajaran. Pembelajaran bola volley materi keterampilan passing bawah di sekolah dasar. Penelitian  menggunakan desain Penelitian tindakan kelas (PTK) dan sifat penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, obseravasi dan refleksi.  Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD  Negeri 05 Pontianak Kota yang berjumlah 29 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 18 orang. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes passing bawah dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa metode tutorial teman sebaya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yakni pada siklus pada siklus I nilai rata-rata  73,21 = 73 dan 80,42 = 80 siklus II.  berarti ada selisih kenaikan hasil belajar siklus II dengan siklus I sebesar 7,21%. Dari hasil penelitian maka diharapkan guru PJOK dapat menerapkan metode tutorial teman sebaya sebagai alternatif dalam pembelajaran passing bawah bola voli untuk kelas atas.

Keywords


Melalui metode tutorial teman sebaya, Pembelajaran passing bawah bola voli dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, a. (2000). Materi pendidikan jasmani dan kesehatan. Jakarta: erlangga.

Abror, i. A. (2017). Pengaruh metode pembelajaran tutor teman sebaya terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli (pada siswa putra kelas viii mts …. Jurnal pendidikan olahraga dan ….

Berliana, n. (2016). Hubungan peran orangtua, pengaruh teman sebaya dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Jurnal endurance. Https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.984

Edi paryatna. (2019). Upaya peningkatan service atas dengan menggunakan metode drill dan bermain pada siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal ilmu keolahragaan, 2(2). Https://doi.org/10.26418/jilo.v2i2.37051

Ernata, y. (2018). Analisis interaksi teman sebaya peserta didik kelas v di sdn ngaringan 05 kecamatan gandusari kabupaten blitar. Jp.jok (jurnal pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan). Https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.167

Fuad, m., & sudarso. (2014). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble sepakbola (studi pada siswa kelas viii smp negeri 1 genteng banyuwangi). Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan.

Hayati, y. L. S., djatmika, e. T., & as’ari, a. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Pendidikan.

Julianingsih, d. (2018). Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran tutor sebaya dalam penguasaan bangun datar kelas vi sd hidayatur rohman surabaya. Edumatika : jurnal riset pendidikan matematika. Https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.219

Jumanto, j., & prihatsari, e. B. (2018). Pengaruh metode tutor sebaya berbasis video youtube terhadap sikap kemandirian belajar mahasiswa pgsd unisri. Profesi pendidikan dasar. Https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.5372

Karmila, k., kartika, k., & arnita, a. (2018). Faktor yang mempengaruhi keikutsertaan senam lansia di wilayah kerja puskesmas titue. An-nadaa: jurnal kesehatan masyarakat. Https://doi.org/10.31602/ann.v5i2.1653

Kusumah, m. I. (2018). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya ( peer teaching ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan vektor ke las x mipa man 1 cirebon. Pendidikan fisika dan sains.

Nasihah, e. D., supeno, & lesmono, a. D. (2018). Model problem based learning (pbl) disertai tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sma. Seminar nasional pendidikan fisika 2018.

Noviyanto ari, h. T. (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar passing bawah dan passing atas bolavoli pada siswa kelas xi di smk negeri 1 baureno kecamatan baureno kabupaten bojonegoro. Pendidikan olahraga dan kesehatan.

Nugroho, d. A. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode kelompok tutor sebaya. Paedagogie. Https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2364

Nurlizawati, n. (2019). Penerapan model pembelajaran tutor teman sebaya di sman 1 pasaman. Jurnal socius: journal of sociology research and education. Https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Prastya, a. A. Dan j. T. (2005). Strategi belajar mengajar. Bandung: pustaka setia.

Ramadhan, r., solehudin, a., & sabri, s. (2019). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik di smk. Journal of mechanical engineering education. Https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194

Rohmah, z. (2019). Penerapan pembelajaran matematika melalui model tutor sebaya dengan pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di kelas inklusif. Suska journal of mathematics education. Https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8171

Rohyati, y. (2019). Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ips pada siswa kelas vii-d smp negeri 3 kuningan kabupaten kuningan tahun pelajaran 2016-2017. Jurnal penelitian pendidikan dan ekonomi.

Rosanti, d. (2018). Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sma negeri 9 pontianak. Jurnal pendidikan matematika dan ipa. Https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Sanjaya, w. (2009). Perencanaan dan desain pembelajaran. Jakarta: kencana.

Sardiman, a. . (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Yogyakarta: raja grafindo persada.

Sarini, n. K., sudana, d. N., & riastini, p. N. (2018). Hasil belajar ipa kelas iv sd di gugus ii santalia melalui tutor sebaya. Jurnal ilmiah sekolah dasar. Https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486

Setiadi, s. (2017). Peningkatan keterampilan kitabah arabiyah mahasiswamelalui metode tutor sebaya. Jurnal al bayan: jurnal jurusan pendidikan bahasa arab. Https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1094

Sri susanti, s. S. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada remaja putra di smp negeri 40 palembang tahun 2016. Jurnal kebidanan : jurnal medical science ilmu kesehatan akademi kebidanan budi mulia palembang. Https://doi.org/10.35325/kebidanan.v6i1.83

Suharno, h. (1984). Diktat dasar-dasar permainan bola voli. Yogyakarta: fpok ikip yogyakarta.

Susilo. (2009). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: pustaka book publi.

Wachidah, k., & wati, t. L. (2019). Gerakan literasi di sekolah dasar melalui tutor sebaya. Adimas : jurnal pengabdian kepada masyarakat. Https://doi.org/10.24269/adi.v2i2.971

Wahyuningsih, t. (2019). Peningkatan hasil belajar ipa materi proses persilangan dengan metode tutor sebaya di smp negeri 3 trenggalek. Education journal : journal educational research and development. Https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.136

Wanda, e., & satria, m. H. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih program studi pendidikan olahraga universitas bina darma. Jurnal olympia. Https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v1i1.293

Wiyanto, a. (2019). Upaya peningkatan gerak dasar dengan pendekatan game pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmu keolahragaan, 2(2). Https://doi.org/10.26418/jilo.v2i2.36498




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v3i2.41634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhamad Fauzie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Abstracted/Indexed By:

        


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License