PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI VARIASI LATIHAN SIRKUIT DAN OLAHRAGA AEROBIK PADA SISWA – SISWI KELAS X DI SMAN TITIAN TERAS JAMBI

Jumesli Purba, Atri Widowati, Wawan Junresti Daya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kebugaran jasmani melalui variasi latihan sirkuit dan olahraga aerobik pada siswa – siswi kelas X SMAN Titian Teras Jambi. Jenis penelitian adalah eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran dengan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas X di SMAN Titian Teras Jambi yang berjumlah 26 orang. Teknik sampling menggunakan Probability Sampling Methods. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X IPS 1 SMAN Titian Teras Jambi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kebugaran jasmani melalui variasi latihan sirkuit training dan olahraga aerobik dengan hasil rata – rata pada pretest atau tes awal sebesar 13,15 menjadi sebesar 17,54 pada posttest atau test akhir, dan

Full Text:

PDF

References


Andi Suntoda (2009). “Tes Pengukuran dan Evaluasi Dalam Cabang Olahraga”. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FPOK. UPI.

Agung Sunarno (2016). “Taman Rekreasi Kesegaran Jasmani dan Olahraga”. Staf Edukatif Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED. Vol.15, No.2.

Bambang Abduljabar, Lukmanul Haqim Lubay. (2015). “Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Cerika Rismayanti (2012). “Pemeriksaan Kesegaran Jasmani Anak Usia Sekolah Lanjutan”. Handout Tes dan Pengukuran Penjas.

Dedi, Nofrizal (2016). “Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Sirkuit Dan Metode Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ 2012) Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani”. Jurnal Curricula. Vol.1, No.3.

Hariadi (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Aspek Sikap Sosial Dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan”. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol.16, No.1.

I Made Adi Merta Yoga (2012). “Pengaruh Circuit Training Terhadap Peningkatan Kelincahan dan Kapasitas Vital Paru-Paru”. Fakultas Olahraga dan Kesehatan.

Muhajir dan Budi Santosa. (2016).

Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muh. Akmal Almy, Sukadiyanto (2014). “Perbedaan Pengaruh Circuit Training dan Fartlek Training Terhadap Peningkatan VO2 Max dan Indeks Massa Tubuh”. Jurnal Keolahragaan. Volume 2 – Nomor 1.

Puji Ratno, Josephin Siahaan (2018). “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Skipper Arung Jeram Exsplore Sumatera Kabupaten Langkat”.

Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol.17, No.1.

Sumaryoto dan Soni Nopembri (2014). “Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v3i1.40658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jumesli Purba, Atri Widowati, Wawan Junresti Daya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By:

               


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License