KETERAMPILAN GERAK FUNDAMENTAL SISWA BARU SEKOLAH DASAR KOTA PONTIANAK TAHUN 2016

Uray Gustian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran terkait tingkat kemampuan keterampilan gerak fundamental siswa baru sekolah dasar tahun ajaran 2016/2017 Se-kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada sekolah dasar di Kota Pontianak dengan sampel terdiri atas enam sekolah yang mewakili setiap kecamatan yang ada di Kota Pontianak dengan jumlah 356 siswa yang duduk di kelas satu tahun ajaran 2016/2017.

Hasil penelitian menunjukan keterampilan gerak fundamental siswa baru sekolah dasar di Kota Pontianak sebagian besar kemampuan gerak fundamental siswa berada pada tahap elementary (48,94%), kemudian sebanyak 40, 56% siswa kemampuan gerak fundamentalnya berada tahap mature, dan 10, 50% berada pada tahap initial. Hal ini menunjukkan keterampilan gerak fundamental siswa baru kota Pontianak berapa pada tahap elementary.


Keywords


keterampilan gerak dasar

Full Text:

PDF

References


Anderson, et.al. (2003). The effectiveness of early childhood development programs: A systematic review. American journal of preventive medicine. Volume 24, Number 3S.

Gallahue, D.G. & Ozmun, J. H.. (2006). Understanding motor development: Infant, children, adolescent, adult. (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Goodway, J. D., Robinson, L. E., & Crowe, H. (2010). Gender differences in fundamental motor skill development in disadvantaged preschoolers from two geographical regions. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2015, dari http://proquest.umi.com/pqdweb?index=3&did=1978226571&SrchMode=1&Fmt=3&VInst=ReferenceLinking&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1307939036&clientId=83698.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Perkembangan manusia, (edisi 10) (penterjemah: Brian Marswandy). Jakarta: Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).

Payne, V.G. & Isaacs, L.D. (2012). Human motor development: A lifespan approach, (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Robinson, l. E. & Goodway, J.D.. (2009). Instructional Climates in Preschool Children Who Are At-Risk. Part I: Object-Control Skill Development. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2015, dari http://proquest.umi.com/pqdweb?index=1&did=1856707391&SrchMode=1&sid=2&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1307677726&clientId=83698.

Santrock, J.W. (2011). Life span development, (13th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sigelman, C.K. & Rider, E.A. (2012). Life-Span human development, (7th ed.). Belmont: Wadsworth.

Ulfiani Rahman. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. [versi elektronik]. Jurnal lentera pendidikan vol. 12 no. 1 juni 2009. Makasar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Negeri Makasar.

Williams, K.. (2004) What's Motor Development Got to Do with Physical Education?. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2015, dari http://proquest.umi.com/pqdweb?index=27&did=678652611&SrchMode=1&sid=3&Fmt=4&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1307678894&clientId=83698




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v1i1.32647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Uray Gustian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Abstracted/Indexed By:

        


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License