THE INFLUENCE OF ADIWIENCY POLICY ON WASTE MANAGEMENT IN SCHOOLS: A LITERATURE REVIEW
Abstract
Kebijakan Adiwiyata yang dimulai sejak tahun 2006 bertujuan untuk menciptakan sekolah ramah lingkungan dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulum dan mendorong pengelolaan sampah berkelanjutan, seperti pemilahan, pengurangan, dan daur ulang, serta melibatkan siswa, guru, dan staf dalam tim pengelolaan lingkungan. Meskipun telah diterapkan di banyak sekolah, kebijakan ini menghadapi tantangan seperti kurangnya fasilitas yang memadai, kurangnya pelatihan, serta rendahnya kesadaran dan partisipasi dari seluruh elemen sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka untuk menganalisis dampak kebijakan Adiwiyata terhadap pengelolaan sampah di sekolah, dengan cara mengumpulkan literatur yang relevan dari tahun 2019-2024 melalui google scholar, semantic google scholar dari hasil pencarian ditemukan sebanyak 16 artikel yang relevan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tantangan dan solusi dalam implementasi kebijakan, serta rekomendasi untuk perbaikan pengelolaan sampah di sekolah. Kesimpulan dari artikel ini menunjukkan bahwa kebijakan Adiwiyata telah menunjukkan dampak positif terhadap pengelolaan sampah sekolah seperti pengomposan, daur ulang, dan inisiatif pengurangan plastik, serta pembuatan Eco-Paving Block, namun kendala seperti pembuangan sampah sembarangan dan faktor eksternal seperti banjir masih menghambat efektivitasnya. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil yang optimal, penting untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa, serta memperkuat kolaborasi antara sekolah, siswa, dan masyarakat untuk menciptakan budaya hidup bersih yang berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
A. K., Syaifulloh, M., Indari Monassa, I., Sumarmi, S., & Zubaidah, S. (2022). Environmental Education at Adiwiyata Schools and the Conservation of the Brantas Watershed in Indonesia. KnE Social Sciences, 2022, 301–306. https://doi.org/10.18502/kss.v7i16.12175
Agustina, H. (2024). Analisis Upaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 11(1), 18–30. https://doi.org/10.17509/jppd.v11i1.66285
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214
Azizul, M. (2020). Adiwiyata-Based School Management in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.4
Deda Widiantoro, & Minsih. (2023). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Media Pembelajaran Pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1658–1670. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6958
Diaz, L. F., & Golueke, C. G. (1989). Integrated solid waste management. Proceedings of the Intersociety Energy Conversion Engineering Conference, 4(January 2007), 421–425. https://doi.org/10.1201/b11500-20
Eliana Ayu, L. (2021). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan. Pendidikan Islam, 2(2), 136–149. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i2.119
Febriani, R., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2020). Adiwiyata School: An environmental care program as an effort to develop Indonesian students’ ecological literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012062
Fitria, H., & Samsia, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Program Sekolah Adiwiyata. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 84. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3541
Harris, D. (2019). Writing a literature review. Literature Review and Research Design, 137–155. https://doi.org/10.4324/9780429285660-10
Harsono, P. (2024). Teknologi Tepat Guna Dengan Memanfaatkan Sampah Organik Menjadi Ecoenzyme di SDN Temugiring. Prosiding Seminar Umum Pengabdian Kepada Masyaraat, 394–402. https://doi.org/10.46306/seumpama.v2i2.65
Kalika Azra, Z. (2023). Implementation of adiwiyata program at SMA N 1 Godean. Symposium on Biology Education, 5726, 425–433. https://repository.usd.ac.id/48316/1/10181_11727-32032-1-PB.pdf
Kemenlh. (2013). Republic of Indonesia Minister of Environment Regulation Number 05 of 2013. 716. www.djpp.kemenkumham.go.id
Kemenlh. (2019). Permen LHK RI No. P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata. Kementerian Lingkungan Hidup, 53(9), 1689–1699.
Komalasari, A., Dewantara, J. A., Sulistyarini, S., Arifiyanti, F., & Ochieng, O. P. (2023). Implementation Adiwiyata Program in Shaping the Environmental Care Character of Senior High School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(1), 33. https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i1.13499
Mursalin. (2024). Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Perkotaan dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Makassar Evaluation of Urban Waste Management Policies in Improving the Environmental Quality of Makassar. JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, November, 4831–4840.
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334
Perdana, R. (2020). INTEGRATION OF THE ADIWIYATA SCHOOL PROGRAM TO REALIZE A SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) IN SURAKARTA. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 260–267. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8327
Purnami, W. (2021). Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 119. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50083
Ridwan, R., & Dannur, M. (2022). Kebijakan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 296–303. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i1.111
Rizka Ninda, S. (2022). Implementasi program adiwiyata di sman 1 bangko bagansiapi-api kecamatan bangko kabupaten rokan hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 6(2), 59–65.
Saadah, L., Rusnaini, R., & Muchtarom, M. (2023). The internalization of school environmental care through Adiwiyata program. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(2), 205–213. https://doi.org/10.21831/jc.v20i2.56549
Sunarti, L. S. (2017). Pengaruh Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Warga Sekolah Pada SekolahAdiwiyata Mandiri Di Kota Pekanbaru. Dinamika Lingkungan Indonesia, 4(2), 139. https://doi.org/10.31258/dli.4.2.p.139-146
Syahri, M. (2023). Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri. JPPM: Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 02(01), 29–35. https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/article/view/261
Syauqi, I. F., Pramono, S. E., & Lestari, P. (2023). Recipient school environment care character adiwiyata grace in pemalang district. Journal of Educational Social Studies, 12(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/jess.v12i1.61838
Widiyono, A. (2023). Assistance in Utilization of Plastic Waste through Eco-Paving Blocks at Adiwiyata Elementary School, Demak Regency. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 30(3), 480–491. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jwa.31.2.368-376.2024
Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057
Yani, A., Risal, S., & Ekma, W. (2023). Adiwiyata School Development at Kebun Bunga 5 State Elementary School. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(9), 3675–3688. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i9.4660
DOI: https://doi.org/10.26418/jpasdev.v5i2.88420
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.