Pengaruh Mahasiswa Migrasi Luar Kota Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat, Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Bimbi Bimbi, Cahyo Sasmito, Muhammad Rifa'i

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Mengetahui seberapa besar pengaruh mahasiswa migrasi luar kota terhadap  perubahan sosial ekonomi masyarakat, di Kecamatan Dau Kabupaten Malang, 2) Mengetahui Apakah ada pengaruh mahasiswa migrasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat, di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan sampel penelitian menggunakan Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier sederhana dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui  persamaan regresi linear mahasiswa migrasi (x) berpengaruh positif terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat (Y) dengan nilai 0,451. Hasil penelitian membuktikan mahasiswa migrasi berpengaruh signifikan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan Dau Kabupaten Malang, sebesar 73,1%. Hasil uji t membuktikan bahwamahasiswa migrasi  (X) berpengaruh signifikan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat (Y), dengan nilai t hitung 3,760 lebih besar dari t tabel 1,980 dan memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Kata kunci: Migrasi, Perubahan Sosial, Ekonomi, Masyarakat

Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Mengetahui seberapa besar pengaruh mahasiswa migrasi luar kota terhadap  perubahan sosial ekonomi masyarakat, di Kecamatan Dau Kabupaten Malang, 2) Mengetahui Apakah ada pengaruh mahasiswa migrasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat, di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan sampel penelitian menggunakan Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier sederhana dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui  persamaan regresi linear mahasiswa migrasi (x) berpengaruh positif terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat (Y) dengan nilai 0,451. Hasil penelitian membuktikan mahasiswa migrasi berpengaruh signifikan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan Dau Kabupaten Malang, sebesar 73,1%. Hasil uji t membuktikan bahwamahasiswa migrasi  (X) berpengaruh signifikan terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat (Y), dengan nilai t hitung 3,760 lebih besar dari t tabel 1,980 dan memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Lee, M. H. (2011). Migrasi dan Kesejahteraan Anak di Tiongkok: Sekolah dan Kesehatan Anak Tertinggal. Jurnal Daerah Berkembang, 44(2), 65–182.

Mantra, I. B. (2012). Mobilitas Penduduk Sirkuler: Dari Desa ke Kota di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Nanang, M. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial. jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratama, A. M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mendorong Seseorang Untuk Melakukan Migrasi Ulang–Alik (Studi Kasus Pada Migran Kota Malang Yang Melakukan Migrasi Ulang-Alik Ke Surabaya Dengan Menggunakan Transportasi Bus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Rasyid, T., R. (2017). Bunga Rampai Kependudukan : Kelahiran, Kematian, Migrasi, dan Pembangunan berwawasan Kependudukan. DARUSALAM –Banda Aceh: Syiah Kuala University Press

R, Rupita. 2020. “ Community Empowerment As A Form Of Community Social Resilience Facing The Impact Of Covid-19. Sosiohumaniora : Journal of Social Sciences and Humanities. Doi. : http://dx.doi.org/10.24198/sosiohumniora.v22i3.29727

Nyoman, S., & Yasa, I. G. W. M. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Migrasi Masuk terhadap Pertumbuhan Penduduk dan Alih Fungsi Bangunan Penduduk Asli Kota. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan., 10(1), 1–107.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpasdev.v2i1.44990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.