HUBUNGAN ANTARA SIKAP, KEMANDIRIAN, DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MADANI MAKASSAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani H, Nurhasanah, Tahir M & Oktavianty I. 2022. Gaya Belajar Siswa: Apakah ada Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Cassroom Action Research. 4(1): 62-71
Afiqoh, N. W. (2021). Journal UMGESHIC Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science,and Health International Conference Vol 1 No 1 2021. 1(1), 114–129.
Aini. P. N & Taman. A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI IPS SMA Negri 1 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10(1). Pp 48-65
Bire. A. L, Geradus. U. & Bire. J. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik terhadap Prestasi Belajar Siswa . Jurnal Kependidikan. 44 (2). Pp168-174
Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 486-491
Desmita. 2017. Psikologi perkembangan peserta didik panduan bagi orang tua dan guru dalama memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT Remaja Rodakarya
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1)
Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghufron. N & Risnawati . R. 2014. Gaya Belajar, Kajian Teoritik. Pustaka Belajar. Yogyakarta
Julaecha S & Baist A. 2019. Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa.5(2) :103-108
Megawati F. I, Listyarini I, Wakhyudin H & Suherni. 2023. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Kelas IV A SDN Sendangmulyo 02. Journal on Education.6(1): 4106-4112.
Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nurhayati. 2016. Psikologi Pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Nurlia, Hala Y, Hala Y, Muchtar R, Jumadi O, dan Taiyeb A. M. 2017. Hubungan anatar gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 6 (2): 321-328
Purwanto. M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya
Rijal.S dan S. Bahtiar. 2015. Hubungan anatara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil kognitif siswa. Bioedukatika. 3 (2):15-20
Rumajar. O. 2020. Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Dasar Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas X TKR SMK Negri 1 Tomohon. Jurnal Gearboxs Teknik Mesin. 1(1): 24-34.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT.Gaja Grafindo Persada
Simbolon P & Harahap H.S. 2022. Korelasi Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Biologi pada Kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan. Jurnal Pendidikan. 13(2): 273-287
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukmawati A, Harjono A & Ermiana I. 2022. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal Of Classroom Action Research. 4(1): 125-129
Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher
Taiyeb. M & Mukhlisa. N. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar denga Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature.16 (1), pp, 8-16
Tanamir, M. D. (2016). Hubungan minat terhadap bentuk tes dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar geografi di sma negeri kabupaten tanah datar. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2)
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v42i2.72345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Guru Membangun
Diterbitkan Oleh:
Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura
Pontianak
This work is licensed under CC BY-NC 4.0