ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di kelas V SD Negeri Rappokalling 67/1 Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa, cara pengambilan subjek yaitu dengan memberikan soal kepada semua siswa kelas V sebanyak 14 orang, kemudian diambil berdasarkan hasil kerja siswa dan diskusi dengan guru kelas yang memiliki kesulitan dalam belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis kepada siswa kemudian dilanjutkan dengan wawancara kepada siswa secara individu. Selama tes dan wawancara berlangsung diambil dokumentasi seperti foto, catatan, dan rekaman untuk memperoleh data yang lebih valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan Data Collection, Kondensasi Data, Data Display, dan Conclusion Drawing, di mana setiap data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesulitan subjek 1 yaitu: a) kesulitan dalam menggunakan atau menentukan rumus sesuai yang diinginkan soal dikarenakan kesulitan dalam mengingat; b) lemahnya keterampilan berhitung membuat siswa kesulitan dalam mengoperasikan perkalian dengan tepat. (2) kesulitan subjek 2 yaitu: a) kesulitan dalam mengubah permasalahan kedalam bentuk kalimat matematika dan kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan; b) kesulitan dalam menentukan prosedur penyelesaian dan menetukan rumus sesuai yang diinginkan soal; c) lemahnya keterampilan berhitung membuat siswa tidak mampu melakukan perhitungan dengan tepat. (3) kesulitan subjek 3 yaitu: a) kesulitan dalam memahami soal dan mengubah permasalahan kedalam bentuk kalimat matematika serta kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan; b) kesulitan dalam menentukan prosedur penyelesaian soal serta kesulitan dalam menentukan atau menggunakan rumus dengan tepat; c) lemahnya keterampilan dalam berhitung membuat siswa kesulitan dalam melakukan perhitungan dengan tepat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggari, R. S., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar. EDUPEDIA, 4(2), 113-123.
Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 64-72.
Hapsah, H. (2015). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Bentuk Pecahan pada Pesert Didik Kelas V MI. TAJMILUL AKHLAQ KOTA MAKASSAR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Maryanih, M, Afrilianto, M, & Rohaeti, E, E. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus dan Balok. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 751-758.
Murzani, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran. 2017/2018. (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).
Nurajizah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Nurdalilah, dkk. (2013). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 109-119.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependid. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24.
Simbolon, H., dkk. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Journal Of Basic Education Studies, 2(1), 100-100.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umam, M. D. (2014). Analisis Keslahan Siswa Dalam Menyelesaikn Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(3), 131-134.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Vaughn, Sharon., dkk. (2013). Teaching Students Who Are Exceptional, Diverse, and at Risk in the General Education Classroom. New York: Pearson.
Widianingsih, W., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 6 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2),84-92.
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283-304.
DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v41i2.58991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Guru Membangun
Diterbitkan Oleh:
Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura
Pontianak
This work is licensed under CC BY-NC 4.0