PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 WONOMULYO
Abstract
Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat arti penting serta manfaat sinergi beberapa orang. Melalui pembelajaran kooperatif, setiap peserta didik diharapkan dapat berperan aktif dalam pelaksanaan tugas dengan adanya keterlibatan peserta didik yang lain dan juga mampu meningkatkan hasil belajar kognitif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran NHT atau ‘penomoran berpikir bersama’ merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan interaksi peserta didik agar lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sebanyak 36 peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dan 37 peserta didik yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 80.01 nilai hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model NHT dan 79.00 nilai hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan metode konvensional
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Husain, B., Suhernita, S., Abasa, Z., & Djaguna, F. (2021). Task-based language teaching methods integrated with local wisdom: The impact on students’ writing skills. Journal of Research in Instructional, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.30862/jri.v1i2.22
Musa, J. H., Achor, E. E., & Ellah, B. O. (2021). Fostering achievement and retention in basic science using simulation and demonstration strategies. Journal of Research in Instructional, 1(2), 95–108. https://doi.org/10.30862/jri.v1i2.19
Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. 2016. Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2).
Obielodan, O. O., Onojah, A. O., Onojah, A. A., Alabi, O. S., & Alimi, E. A. (2021). The teachers extent of utilizing teaching methods for teaching basic technology. Journal of Research in Instructional, 1(2), belum ada. https://doi.org/10.30862/jri.v1i2.14
Pradnyani, Marhaeni, & Ardana (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar di SD. e-Journal Program Pascarasjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Pendidikan Dasar. 3.
Rijal, S. & Bachtiar, S. (2016). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika 3(2), 15-20.
Sogen, T. W. B., Damopolii, I., & Kilmaskossu, J. P. (2018). Problem-based learning in teaching excretory system materials: Does it affect student learning outcomes? Inornatus: Biology Education Journal, 1(2), 89–94. https://doi.org/10.30862/inornatus.v1i2.254
Zannah, N. L., Damopolii, I., Iwan, I., & Rahman, S. R. (2022). Examining student learning outcomes on the topic of invertebrates through problem-based learning. Inornatus: Biology Education Journal, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.30862/inornatus.v1i2.251
DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v41i1.55530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Guru Membangun
Diterbitkan Oleh:
Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura
Pontianak
This work is licensed under CC BY-NC 4.0