EFEKTIVITAS METODE IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MASAMBA

Bungati Bungati, Ibnu Mansyur Hamdani, Hasria Alang

Abstract


Metode improve merupakan salah satu model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika yang didesain untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan matematikanya secara optimal serta meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode improve yang diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masamba, dengan kriteria keefektifan antara lain (1) tingkat hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diajar, (2) aktivitas belajar siswa (3) respons siswa setelah diajar, dan (4) keterlaksanaan pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas, angket respons siswa dan tes hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data menggunakan teknik random sampling dimana kelas VII.2  sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes awal (pretest) sebelum pembelajaran dan test akhir (posttest) setelah pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis statistika deskriptif terlihat (1) rata-rata hasil belajar siswa untuk posttest melebihi nilai KKM, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, dan persentase ketuntasan secara klasikal memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal, (2) aktivitas siswa berada pada kategori aktif (3) Respons siswa berada pada kategori cenderung positif, (4) keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sebagian besar aspek terlaksana. Sedangkan hasil analisis statistika inferensial dengan uji-t terpenuhi dan pada uji-z secara klasikal tidak terpenuhi. Berdasarkan kriteria keefektifan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode improve efektif diterapkan pada siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Masamba


Keywords


Efektivitas; Masamba; Metode Improve

Full Text:

PDF

References


Amrissalam, M. (2018). Efektivitas Metode Improve Berbantuan" Cabri 3d" Terhadap Kemampuan Komunikasi Metematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII. Universitas Peradaban.

Destiwaty, & Wirda, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Strategi Metakognitif dengan Scaffolding pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Palopo.

Eddy Bambang Soewono. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. Ikraith-Informatika, 2(2), 20–23.

Fitriani, F., & Utami, R. W. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Saintifik Pada Siswa Kelas Viii-C Smp Negeri 15 Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika …, July. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/14

Fitriani, & Utami, R. W. (2016). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Hamdani, I. M. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER. Guru Membangun, 40(1), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/47920

Iriyani, W. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Keas IV SD Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Thihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 93–98.

Jana, P., & Nugrahayuningtyas, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran IMPROVE Ditinjau dari Kemampuan Adversity Quotient. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.24815/JDM.V6I2.14196

Kamal, K., Devilla, R., & Alang, H. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 PANGKEP. Guru Membangun, 40(1), 12–17. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/47992

Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–197.

Rahmadani, R. (2012). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Inquiry Type Pictorial Riddle (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v41i1.54506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Guru Membangun



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0