PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI SMP KATHOLIK FRATER MAUMERE

Muh Sri Yusal, Yoseph Jilung

Abstract


Model pembelajaran The power of two merupakan aktivitas pembelajaran yang digunakan untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat arti penting serta manfaat sinergi dua orang. Strategi ini mempunyai prinsip bahwa berpikir berdua jauh lebih baik daripada berpikir sendiri.  Aktivitas pembelajaran dengan kekuatan dua orang, digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan menegaskan bahwa dua kepala adalah lebih baik dari pada sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan motivasi belajar siswa SMP Katholik Frater Maumere melalui model pembelajaran  The power of two. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Katholik Frater Maumere 46 orang siswa. Tes dilakukan setiap akhir siklus  I dan II setelah mengikuti proses belajar mengajar berlangsung. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran The power of two pada konsep struktur dan fungsi tubuh tumbuhan dapat dilaksanakan dengan baik dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hasil motivasi belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 73,91 dan siklus II 82,60. Hal ini juga menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran The power of two


Keywords


Pembelajaran; Metode The Power of Two; Motivasi Belajar; SMP Katolik Frater Maumere

Full Text:

PDF

References


Frida Br. Girsang. (2009). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POWER OF TWO. Jurnal Pena Edukasi, 5(1), 37–41. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI

Ginting, A. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press.

Ihwanah, A. (2016). Strategi The power of two Dan Implikasinya Terhadap Efektifitas Pembelajaran Mandiri Ibtidayah. TARBIYATUNA, 7(20), 103–118.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Sahan Pendidikan. PT.Remaja Rosdakarya.

Pamungkas, S. . (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperati Dengan Tipe The power of two Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran the power of two Di Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.

Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The power of two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3967

Sardiman, A. . (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo.

Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistimatika Proposal Dan Laporannya. Bina Aksara.

Tantra, D. . (2009). Konsep Dasar Karaktansitik PTK. Dirjen Dikti Depdiknas.

Wiriatmadja. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Remaja Rosdakarya.

Yusal, M. S., & Carding. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Posing Di SMA Nasional Makassar. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 60–66. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/888

Zaini, W. S., & Shufiyani, S. (2016). Daya Hambat Air Perasan Buah Pare (Momordica charantia l.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri S. aureus dan E. Coli Secara In Vitro. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(2), 171–180. https://doi.org/10.36743/MEDIKES.V3I2.106




DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v41i1.54468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Guru Membangun



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0