PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Galuh Detasa Riandini, Ahmad Yani T., Dede Suratman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan. Selanjutnya dilakukan validasi dan penilaian oleh tiga ahli terhadap kelayakan LKPD yang dikembangkan berdasarkan PBL dan tanggapan dari lima siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan LKPD berbasis PBL persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMPN yang dikembangkan dapat diinterpretasikan dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 82,54%. Dilihat dari masing-masing aspek kelayakan isi 87,12%, kelayakan penyajian 81,94%, kelayakan bahasa 83,33%, dan kelayakan grafis 77,78%. Berdasarkan tanggapan siswa, LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dapat dikategorikan ke dalam kriteria interpretasi menarik dengan hasil tanggapan rata-rata 77,5%. Jika dilihat dari setiap aspek yang ditanggapi siswa yaitu; kejelasan konsep (67,5%), penyajian materi (82,5%), desain tampilan (80%), dan tugas pembelajaran (80%)


Keywords


Lembar Kerja; Pembelajaran Berbasis Masalah; Persamaan Garis Lurus

Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Prestasi Pustaka

Aiken, L.R. 1996. Rating Scale & Checklists, Evaluating Behavior Personality, and Attitude. New York: John Wiley &Sons, Inc.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Gustafson, K.L & Branch, R.M. 2002. Survey of Instructional Development Models. Fourth Edition. New York: ERIC Syracuse University.

Halpern, D.F. 2003. Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking (4th Edition). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

King, F.J., Goodson, L. & Rohani (2006). Hihger Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs. Jakarta: Depdikbud.

Prastowo, A. 2010. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Predana Media Grup.

Richey, R.C., Klein, J.D., Tracey, M.W. 2011. The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research and Practice. New York: Routledge.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: CV Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Trianto. 2009. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Bandung: FMIPA UPI




DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v41i1.51177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Guru Membangun



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0