FAKTOR PENGHAMBAT PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013 BAGI GURU BIOLOGI DI SMP KECAMATAN BUMAL KABUPATEN MAMASA

Bambang Supriadi, Muh. Yahya, Surahman Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penghambat yang dihadapi guru biologi dalam menyusun silabus dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 (K13) di SMP se Kecamatan Bumal Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran biologi yang ada di SMP se-Kecamatan Bumal Kabupaten Mamasa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat beberapa faktor penghambat yang dihadapi guru biologi dalam menyusun silabus dan RPP Kurikulum 2013 di SMP se-Kecamatan Bumal Kabupaten Mamasa, yaitu: kurangnya pelatihan Kurikulum 2013 bagi tenaga pengajar di daerah terpencil, guru di sekolah sangat kekurangan fasilitas penunjang pembelajaran seperti buku-buku paket berbasis K13, guru kekurangan alat-alat untuk praktek seperti torso dan fasilitas laboratorium biologi, di sekolah tidak ada komputer dan listrik, guru tidak dapat mengakses silabus dan RPP secara online karena di desa belum ada jaringan internet, kemampuan dasar yang dimiliki siswa masih terbatas, keadaan sekolah dan tenaga pengajar serta peserta didik yang serba kekurangan. Kesimpulan: banyaknya faktor penghambat internal dan eksternal menjadi kendala guru dalam penyusunan dan pengembangan silabus dan RPP K13 di SMP se Kecamatan Bumal Kabupaten Mamasa.


Keywords


Faktor Penghambat; Silabus; RPP K13; Guru Biologi

Full Text:

PDF

References


Asmarani, Vinika., 2018, Identifikasi Hambatan Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Pendidik Biologi SMA Negeri Se kota Madya Bandar Lampung, Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Chandrawati, Neli., 2013, Struktur Kurikulum kurikulum 2013, http://nelly-chandrawati/2013/03/struktur-kurikulum-kurikulum-2013-sd.html, diakses tanggal 27 April 2019.

Fitrianingsih, Eka., 2018, Hambatan Guru IPA Kelas VII Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi Se kota Madya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Hardianti, Sitti., 2017, Implementasi Kurikulum 2013 Pada Proses Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Fisika Tingkat SMA Negeri Di Kabupaten Bone, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin, Makassar.

Huriah, 2017., Faktor-faktor Penghambat Penerapan Kurikulum 2013 Di MA Al-Inthishor Desa Bendega Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN), Mataram.

Niron, Maria., 2009, Modul Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam KTSP, Universitas Negeri Yogyakarta, diakses tanggal 30 Oktober 2019.

Nur, Surahman., 2010, Studi Tentang Faktor-faktor Penghambat yang Dihadapi Guru Biologi Dalam Menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Se Kecamatan Bastem Kabupaten Luwu, skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM, Makassar.

Prasetya, Ivan., 2015, Hambatan-hambatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 1 Sayegan Yogyakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri, Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 65 tahun 2013. Standar Proses. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 103 Tahun (2014). Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v40i1.48185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Guru Membangun



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0