Kondisi Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Daerah Perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat

Eusabinus Bunau

Abstract


Data untuk penelitian ini diperoleh dari Kecamatan Badau, Batang Lupar, Puring Kencana, Embaloh Hulu dan EMpanang Kabupaten Kapuas Hulu. Teknik yang dipergunakan untuk pengambilandata adalah teknik survey. Alat pengumpulan data terdiri dari format isian data untuk mengumpulkan data angka-angka dan pedoman wawancara untuk menghimpun informasi yang bersifat kualitatif dari sumber data seperti Kepala Dinas, Kepala Cabang Dinas pendidikan, Dewan Pendidikan Kabupaten dan Komite Sekolah. Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah gambaran umum kondisi Sekolah Dasar di daerah Perbatasan di Kabupaten kapuas Hulu dari aspek Kondisi siswa, UASBN, Sumber Daya Guru, Sumber Daya Sarana/Prasarana Sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa jumlah murid tidak naik kelas masih tergolong tinggi (78 orang); hasil UASBN tahun 2009 tidak mengalami kenaikan yang significant (dibandingkan dengan tahun 2008); sumber daya guru yang berpendidikan S-1 hanya 9 orang dan yang SMA 15 orang dari 295 guru; dan sumber daya sarana/prasarana sekolah masih sangan minim.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v28i2.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0