PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 PANGKEP
Kamal Kamal, Rego Devilla, Hasria Alang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran edmodo terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas X di SMKN 2 Pangkep, yakni sebanyak 479 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMKN 2 Pangkep terdiri dari 3 Kelas yaitu X TKR 1, X TKR 2 dan X TKR 3 sebanyak 83 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan probability sampling, adapun metoda yang digunakan adalah simple random sampling. Simple random sampling dikatakan sederhana karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran edmodo sedangkan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode survey, di mana untuk mendapatkan data berasal dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan pengumpulan data.Hipotesis diformulasikan dan di uji menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi pembelajaran edmodo terhadap motivasi belajar siswa kelas X Teknik di SMK Negeri 2 Pangkep Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.
Keywords
Aplikasi Pembelajaran Edmodo; Motivasi Belajar Siswa
References
Husna, Yoga Ayunia Husna. 2020. Pengaruh penerapan aplikasi edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA mata pelajaran SKI di MAN 1 Trenggalek. Tulungagung : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN.
Yulianto dkk, Yoga Hadi. 2018. Pengaruh penerapan sistem pembelajaran online bercorak sosial media dengan menggunakan aplikasi edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Hikmawan, Try. 2018. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Nur, Gina Dewi Lestari. 2014. Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran di SMPN 1 Panumbangan Ciamis. Ciamis : Universitas Pendidikan Indonesia.
Windy, Ines. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Edmodo di https://inezwindi.wordpress.com/2019/05/03/media-pembelajaran-berrbasis-edmodo (akses 22 Oktober 2020)
DOI:
http://dx.doi.org/10.26418/gm.v40i1.47992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan Oleh:
Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura
Pontianak