INTERNALISASI NILAI SOSIAL DAN BUDAYA BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF

Yulis Jamiah

Abstract


Nilai budaya merupakan nilai yang melekat di masyarakat yang berguna untuk mengatur keserasian, keselarasan atau keharmonisan, serta keseimbangan. Komponen nilai budaya yang ditelaah melalui kesadaran diri manusia, diklasifikasikan menjadi beberapa komponen, yaitu: kesadaran hidup; kesadaran kerja; kesadaran ruang-waktu; kesadaran hubungan manusia dengan alam sekitar atau dengan alam lingkungan; dan kesadaran hubungan sosial. Untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut pada PAUD dapat diaktualisasaikan melalui pembelajaran matematika kreatif. Pembelajaran matematika mempunyai karakteristik, yakni a) pembelajaran berjenjang /bertahap; b) pembelajaran mengikuti metode spiral; c) pembelajaran menekankan pola pikir deduktif; dan d) pembelajaran menganut kebenaran kosistensi.

Kata Kunci: Nilai Sosial dan Budaya, Pembelajaran Matematika Kreatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v26i2.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0