EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SAINS PADA SISWA SMP KOTA PONTIANAK

Kurnia Ningsih

Abstract


Pencapaian kompetensi dasar sains wajib dikuasai siswa. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS berbasis kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dalam meningkatkan pencapaian kompetensi dasar Sains pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian semu (Quasy Eksperiment Design). Dengan rancangan Pretest-postest Nonequivalent Countrol Group. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian kompetensi siswa pada konsep Sistem Eksresi pada Manusia yang telah diajar dengan model pembelajaran ARIAS berbasis kontekstual dan siswa yang diajar dengan konvensianal. Secara statistik dapat dinyatakan thitung ? t tabel ( 3,12 > 1,73). Dengan model ARIAS dapat meningkatkan daya ingat siswa, dan dapat memberikan kontribusi yang berarti.

Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, Pencapaian Kompetensi Dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/gm.v24i2.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Diterbitkan Oleh:

Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura

Pontianak

This work is licensed under CC BY-NC 4.0