ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB KURIR TERHADAP DOKUMEN YANG HILANG DI KOTA PONTIANAK STUDI KASUS PT. SATRIA ANTARAN PRIMA
Abstract
Abstrac
Using expedition services has become a necessity of the Indonesian people, causing expedition service companies to grow, one of the expedition companies in Indonesia is PT. Satria Antaran Prima. The Pontianak branch of the Satria Antaran Prima expedition company serves dozens of shipments of goods and / or documents every day. In sending goods and/or documents, there are several consumers who have suffered losses due to negligence from the expedition, one of the negligence that occurs is the loss of important documents in the form of credit cards for users of the Satria Antaran Prima expedition service at the time of delivery. In this case the expedition party must be responsible for the negligence of the services it provides to its service users.
The formulation of the problem in this thesis is how the responsibility of PT. Satria Antaran Prima against the losses suffered by consumers for the loss of documents? With the purpose of research to find out the implementation of the responsibilities of PT. Satria Antaran Prima on the loss of documents, to find out the factors causing the non-implementation of the responsibility of PT. Satria Antaran Prima on the loss of documents and to find out the efforts of PT. Satria Antaran Prima against the loss of documents. This research uses normative legal research methods with a type of approach using a fact approach by examining the reality of a legal event that occurred and a statutory approach by examining laws related to existing cases.
The results showed the form of responsibility of PT. Satria Antaran Prima against the loss of documents in the form of credit cards due to its negligence is to provide compensation for consumer inconvenience in accordance with the existing agreement between PT. Satria Antaran Prima. Satria Antaran Prima and its service users. In this study PT. Satria Antaran Prima gives money with a nominal value of Rp. 500,000 to consumers. As for the efforts made by PT. Satria Antaran Prima Pontianak Branch in fulfilling consumer rights is to deliver goods and / or documents on the estimated time stated in the Satria Antaran Prima application, there is a Customer Service that serves all types of complaints about the services provided by PT. Satria Antaran Prima, and also provides insurance for goods and/ or consumer documents to be sent in order to minimize consumer losses in the event of damage or loss at the time of delivery.
Keywords : Responsibility, Documents, Expedition, PT. Satria Antaran Prima.
Abstrak
Menggunakan layanan jasa ekspedisi telah maenjadi suatu kebutuhan masyarakat Indonesia sehingga menyebabkan perusahaan jasa ekspedisi semakin berkembang, salah satu perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia adalah PT. Satria Antaran Prima. Perusahaan ekspedisi Satria Antaran Prima cabang Pontianak melayani puluhan pengiriman barang dan/atau dokumen setiap harinya. Dalam melakukan pengiriman barang dan/atau dokumen terdapat beberapa konsumen yang mengalami kerugian akibat kelalaian dari pihak ekspedisi, salah satu kelalaian yang terjadi adalah hilangnya dokumen penting berupa kartu kredit pengguna jasa ekspedisi Satria Antaran Prima pada saat pengiriman. Dalam kasus ini pihak ekspedisi harus bertanggung jawab atas kelalaian dari pelayanan yang diberikannya kepada pengguna jasanya.
Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana tanggung jawab PT. Satria Antaran Prima terhadap kerugian yang dialami oleh konsumen atas hilangnya dokumen? Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan tanggung jawab PT. Satria Antaran Prima terhadap hilangnya dokumen, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab belum dilaksanakannya tenggung jawab PT. Satria Antaran Prima terhadap hilangnya dokumen serta untuk mengetahui upaya dari PT. Satria Antaran Prima terhadap hilangnya dokumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan jenis pendekatan menggunakan pendekatan fakta dengan mengkaji kenyataan suatu peristiwa hukum yang terjadi dan pendekatan perundang-undangan dengan menelaah undang-undang yang berkaitan dengan kasus yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk tanggung jawab PT. Satria Antaran Prima terhadap hilangnya dokumen berupa kartu kredit akibat kelalaiannya adalah dengan memberikan uang ganti kerugian atas ketidaknyamanan konsumen sesuai dengan kesepakatan yang telah ada antara pihak PT. Satria Antaran Prima dan pengguna jasanya. Dalam penelitian ini PT. Satria Antaran Prima memberikan uang dengan nominal Rp 500.000 kepada konsumen. Adapun upaya yang dilakukan PT.Satria Antaran Prima Cabang Pontianak dalam memenuhi hak konsumen adalah melakukan pengantaran barang dan/atau dokumen tepat pada estimasi waktu yang tercantum pada aplikasi Satria Antaran Prima, adanya Customer Service yang melayani segala jenis pengaduan tentang pelayanan yang diberikan PT. Satria Antaran Prima, dan juga menyediakan asuransi untuk barang dan/atau dokumen konsumen yang akan dikirim agar meminimalisir kerugian konsumen jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada saat pengiriman.
Kata Kunci : Tanggung Jawab, Dokumen, Ekspedisi, PT. Satria Antaran Prima.
References
DAFTAR PUSTAKA
a. Buku
Achmad Ichsan, 1981, Hukum Dagang, Pradnya Paramita, Jakarta.
Az. Nasution, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen: Suatu Pengantar, Diadit Media, Jakarta.
Bambang Sunggono, 2003, Metode Penelitian Hukum, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Celina Tri Siwi Kristiyanti, 2008, Hukum Perlindungan Konsumen, Sinar Grafika, Jakarta.
H.M.N Poerwosutjipto, 1995, Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia Jilid 3, Djambatan.
Happy Susanto, 2008, Hak-Hak Konsumen Jika Dirugikan, Transmedia Pustaka, Jakarta Selatan.
Janus Sidabalok, 2014, Perlindungan Konsumen di Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Johanes Gunawan, 1999, Hukum Perlindungan Konsumen, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.
Mukti Fajar dan Yulianto Achmad, 2015, Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empiris, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Munir Fuady, 2008, Pengantar Hukum Bisnis Pranata Bisnis Moderen di Era Global, PT Citra Aditya Bakti, Bandung.
Philipus M. Hadjon, 2011, Pengantar Hukum Administrasi Negara, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Salim HS dan Erlies Septiana Nurbaini,2013, Penerapan Teori Hukum pada Penelitian Tesis dan Disertasi, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Satjipto Raharjo, 2000, Ilmu Hukum, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Setiono, 2004, Rule of Law (Supremasi Hukum), Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Shidarta, 2000, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, PT.Grasindo, Jakarta.
Suharnoko, 2004, Hukum Perjanjian, Prenada Media, Jakarta.
Wardiono, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen, Penerbit Ombak, Yogyakarta.
Yusuf Shofie, 2004. Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya, Citra Aditya Bhakti, Bandung.
b. Peraturan Perundang-Undangan
Kitab Undang-Undang Hukum Dagang.
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
c. Jurnal
Dr. Niru Anita Sinaga, SH, MH dan Nunuk Sulisrudiatin, SH, SIP, MSI, 2015, Pelaksanaan Perlindungan Konsumen di Indonesia, Fakultas Hukum Universutas Suryadarma, Jakarta.
Fakultas Hukum Universitas Udayana, 2009, Pedoman Pendidikan Fakultas Hukum Universitas Udayana, Fakultas Hukum Universitas Udayana, Denpasar.
Ridzwan Ramadhahan, 2019, PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG OLEH PT TIKI INDONESIA DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
d. Kamus
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2012, https://kbbi.web.id/kurir
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2015, https://www.kbbi.co.id/arti-kata/kargo
Tim Penyusun kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1991, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
e. Internet
Glints, 2022, https://glints.com/id/companies/pt-satria-antaran-prima-tbk/d327becc-f5b2-40e6-ba5d-b381c0b2ebca diakses pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2022 pukul 18.02.
Fungsi dan Tugas Pokok, https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-danperlindungan-konsumen/tentangepk/Pages/Tugas.aspx di akses pada pukul 20.19 hari Senin tanggal 4 Juli 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
E - Journal Fatwa Law
Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University