ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN BARBER SHOP DI KABUPATEN KETAPANG (STUDI DI BARBER SHOP UNCLE CEPS)
Abstract
ABSTRACT
The research on "Juridical Analysis of Barber Shop Consumer Protection In Ketapang Regency (Study At Barber Shop Uncle Ceps)"aims To obtain data and information on the implementation of Barber Shop consumer protection in Ketapang Regency, especially on Barber Shop Uncle Ceps To reveal the factors that cause Barber Shop consumer protection in Ketapang Regency, especially at Barber Shop Uncle Ceps has not been carried out properly. To express the efforts that can be made by consumers for services that have not been carried out properly at the Barber Shop in Ketapang Regency, especially at the Uncle Ceps Barber Shop.
This research uses empirical legal research methods, namely a legal research method that functions to be able to see the law in a real sense by examining how law works in a community environment.
Based on the results of research and discussion, the following results were obtained: That the implementation of Barber Shop consumer protection in Ketapang Regency, especially at Barber Shop Uncle Ceps, has not been felt by consumers due to consumer dissatisfaction with haircuts carried out by the barber shop so that disappointment arises by consumers and this is not in accordance with what is in Article 4 paragraph 1 of the UUPK which states that Consumers have the right to convenience, security, and safety in consuming goods or services. That the factors that cause the protection of Barber Shop consumers in Ketapang Regency, especially in Barber Shop Uncle Ceps has not been carried out properly, consist of external factors and internal factors, namely internal factors according to the barber shop service provider are caused by different skills possessed by each worker so that consumer satisfaction also becomes different and there is a misunderstanding in terms of determining the capital of the haircut that becomes Consumer disappointment, as for external factors themselves, is due to the frequent submission of the cut shape to the haircut officer but sometimes the results do not satisfy the consumer himself. That the efforts that can be made by consumers for services that have not been carried out properly at the Barber Shop in Ketapang Regency, especially at the Uncle Ceps Barber Shop, are to ask the officer to re-tidy the haircut according to the wishes of consumers which is done in a good way through negotiations between the two parties. And barber shop owners are also trying to correct mistakes by fixing what consumers want with a sense of awareness that consumers are kings who should be well served with a sense of family.
Keywords : Protection, Consumer, Barber Shop
ABSTRAK
Penelitian tentang “Analisis Yuridis Perlindungan Konsumen Barber Shop Di Kabupaten Ketapang (Studi Di Barber Shop Uncle Ceps)”bertujuan Untuk mendapatkan data dan informasi tentang pelaksanaan perlindungan konsumen Barber Shop di Kabupaten Ketapang khususnya pada Barber Shop Uncle Ceps Untuk mengungkapkan faktor yang menyebabkan perlindungan konsumen Barber Shop di Kabupaten Ketapang khususnya pada Barber Shop Uncle Ceps belum terlaksana dengan baik. Untuk mengungkapkan upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen atas pelayanan yang belum terlaksana dengan baik pada Barber Shop di Kabupaten Ketapang khususnya pada Barber Shop Uncle Ceps
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yaitu suatu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk dapat melihat hukum dalam artian nyata secara meneliti bagaimana kerjanya hukum disuatu lingkungan masyarakat
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut : Bahwa pelaksanaan perlindungan konsumen Barber Shop di Kabupaten Ketapang khususnya pada Barber Shop Uncle Ceps belum dirasakan oleh konsumen dikarenakan adanya ketidakpuasan konsumen atas potongan rambut yang dilakukan oleh pihak barber shop sehingga timbul kekecewaan oleh konsumen dan hal ini tidak sesuai dengan apa yang ada pada Pasal 4 ayat 1 UUPK yang menyebutkan bahwa Konsumen Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa. Bahwa faktor yang menyebabkan perlindungan konsumen Barber Shop di Kabupaten Ketapang khususnya pada Barber Shop Uncle Ceps belum terlaksana dengan baik adalah terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal yaitu faktor internal menurut pihak penyedia jasa barber shop adalah disebabkan oleh keterampilan yang berbeda yang dimiliki oleh masing-masing pekerja sehingga kepuasan konsumen juga menjadi berbeda serta terjadinya salah paham dalam hal menentukan modal potongan rambut yang menjadi kekecewaan konsumen, sedangkan untuk faktor eksternal sendiri dikarenakan seringnya konsumen menyerahkan bentuk potongan pada petugas potong rambut namun terkadang hasilnya tidak memuaskan konsumen itu sendiri. Bahwa upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen atas pelayanan yang belum terlaksana dengan baik pada Barber Shop di Kabupaten Ketapang khususnya pada Barber Shop Uncle Ceps adalah dengan meminta petugas merapikan Kembali potongan rambut sesuai keingan konsumen yang dilakukan dengan cara yang baik melalui negosiasi diantara kedua belah pihak. Dan pemilik Barber shop juga berusaha memperbaiki kesalahan dengan memperbaiki apa yang diinginkan oleh konsumen dengan rasa kesadaran bahwa konsumen adalah raja yang harus dilayani dengan baik dengan rasa kekeluargaan.
Kata Kunci : Perlindungan, Konsumen, Barber Shop
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku-Buku
Amiruddin dan H. Zainal Asikin, 2006, Pengantar Metode Penelitian Hukum, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ahmadi Miru & Sutarman Yodo, 2004, Hukum Perlindungan Konsumen, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Abdul Halim Barkatullah, 2010, Hak-Hak Konsumen, Nusamedia, Bandung
Abdulkadir Muhammad, 2010, Hukum Perdata Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung.
-------------------------, 2006, Hukum Perikatan, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung
Bambang Sunggono, 2003, Metodelogi Penelitian Hukum, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Fuady, Munir, 2003, Hukum Kontrak, Buku Kedua, Citra Aditya, Bandung
------------------, 1999, Hukum Bisnis dalam Teori dan Praktek, Citra Aditya, Bandung
Hasan Alwi, 2000, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta
John M. Echols dan Hassan Shadily, 2003, Kamus Indonesia Inggris, Cetakan ke-8, Gramedia, Jakarta
Marbun, BN 2009, Membuat Perjanjian Yang Aman & Sesuai Hukum, Puspa Swara, Jakarta.
Mariam Darus Badrulzaman, 1994, Aneka Hukum Bisnis, Alumni, Bandung
Nasution, AZ, 1995, Konsumen dan Hukum, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta
Soerjono Soekanto, 2008, Pengantar Penelitian Hukum, Cetakan Ke-3, UI-Press, Jakarta
Sudikno Mertokusumo, 1998, Mengenal Hukum Suatu Pengantar, Liberty, Yogyakarta
Singarimbun Masri dan Sofian Efendi, 1996, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta,
Yunus Alfian, 2001. Asas-asas Tanggungjawab, Grafika, Jakarta
Yusuf. Shofie, 2003. Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya,
Cet. Ke 2, Edisi 1. T. Citra Aditya Bakti, Bandung
Zainuddin Ali, 2010, Metode Penelitian Hukum, Sinar Grafika, Jakarta
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Negara RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgerlijik Wetbock), 2007, Diterjemahkan oleh R.Subekti dan R.Tjitrosudibio, Cet. Ke-38 PT. Intermasa, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
E - Journal Fatwa Law
Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University