WANPRESTASI PENYEWA DALAM PEJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL PADA PEMILIK RENTAL MOBIL GLORI DI KOTA PONTIANAK

RIZKI WAHYU SADEWO NIM. A1012181240

Abstract


Perjanjian sewa menyewa mobil merupakan suatu hubungan hukum yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memenuhi kebutahan akan kendaraan dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun tidak selamanyan hubungan hukum berjalan dengan baik, kadang kala muncul persoalan salah satunya adalah tindakan wanprestasi dari penyewa mobil.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penyewa Sudah Melaksanakan Pengembalian Mobil Sewaan Sesuai Dengan Waktu Yang Diperjanjikan Pada Rental Mobil Glori Di Kota Pontianak ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendapatkan data dan informasi tentang pelaksanaan pengembalian mobil sewaan oleh penyewa pada Rental Mobil Glori di Kota Pontianak. Untuk mengungkapkan faktor yang menyebabkan pelaksanaan pengembalian mobil sewaan oleh penyewa pada Rental Mobil Glori di Kota Pontianak belum terlaksana dengan baik. Untuk mengungkapkan akibat hukum bagi pihak-pihak yang tidak melaksanakan prestasi. Untuk mengungkapkan upaya yang dilakukan pihk rental mobil terhadap penyewa yang terlambat mengembalikan mobil. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian hukum empiris.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut : Bahwa perjanjian sewa menyewa mobil antara Rental Mobil Glory dengan penyewa dilaksanakan secara lisan saja berdasarkan kepercayaan yang diberikan pemilik penyewaan kepada masyarakat meskipun pada akhrnya terjadi persoalan dalam pengembalian mobil yang dilakukan oleh penyewa yang tidak tepat waktu atau tidak sesuai dengan waktu yang diperjanjikan. Bahwa yang menjadi faktor penyebab terjadinya wanprestasi dari perjanjian sewa menyewa mobil antara penyewa dengan pemilik rental Glory adalah dikarenakan mobil masih digunakan oleh penyewa meskipun waktu penyewaan telah berakhir da nada mobil yang mengalami kerusakan saat dipakai sehingga penyewa belum mengembalikan kepada pemilik. Bahwa akibat hukum yang timbul bagi pihak penyewa yang telah melakukan wanprestasi adalah segera mengembalikan mobil yang disewa dengan memberikan ganti rugi kepada pihak yang dirugikan dengan memperbaiki dahulu mobil yang rusak serta membayar sisa uang sewa jika pembayaran sewa belum dilunaskan oleh pihak penyewa. Bahwa upaya yang dapat dilakukan oleh pemilik Rental Mobil Glory  terhadap penyewa yang telah melakukan perbuatan wanprestasi adalah  upaya pertama yang dilakukan oleh pemilik mobil sewaan adalah dengan melakukan teguran kepada penyewa mengenai kelalaian yang telah mereka lakukan. Selanjutnya meminta penyewa untuk segera memperbaiki mobil yang rusak pada pihak yang ahli memperbaiki atau mengganti jika kerusakan parah. Upaya yang dilakukan lebih bersifat musyawarah atau melalui jalur di luar pengadilan.

 

Kata Kunci : Perjanjian Sewa Menyewa, Pengembalian, Mobil 

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku-Buku

Abdul Kadir Muhammad, 2006, Hukum Perikatan, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

-------------------, 2010, Hukum Perdata Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung.

BN. Marbun, 2009, Membuat Perjanjian Yang Aman & Sesuai Hukum, Puspa Swara, Jakarta.

Bambang Sunggono, 2003, Metodelogi Penelitian Hukum, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Harahap, M.Yahya. 2006, Segi-Segi Hukum Perjanjian, Bandung: PradnyaParamita.

J. Satrio, 2001, Hukum Perikatan (Perikatan Pada Umumnya), Alumni, Bandung.

-------------------, 1992, Hukum Perjanjian (Perjanjian Pada Umumnya), Citra Aditya Bakti, Bandung.

Kartini Muljadi & Gunawan Widjaja, 2004, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lukman Santoso, 2012, Hukum Perjanjian Kontrak, Cakrawala, Yogyakarta.

Mariam Darus Badrulzaman, 2001, Kitab Undang-undang Hukum Perdata Buku III Hukum Perikatan dengan Penjelasannya, Alumni, Bandung.

Masri Singarimbun dan Sofian Efendi, 1996, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta

Purwahid Patrik, 1996, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, Seksi Hukum Perdata FH Undip, Semarang

R. Subekti, 2008, HukumPerjanjian, Intermasa, Jakarta

------------- dan R. Tjitrosudibio, 2009, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, PradiyaParamitha.

-------------------, 2000, ,Aneka Perjanjian, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung

-------------------, 2003, Pokok-pokok Hukum Perdata, PT. Intermasa, Jakarta.

Soerjono Soekanto, 1986. Pengantar Penelitian Hukum. UI-Press, Jakarta

Yunus Alfian, 2001. Asas-asas Tanggungjawab, Grafika, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University