ANALISIS HUKUM TERHADAP TANGUNG JAWAB PELAYANAN MEDIK TERHADAP PASIEN DI KOTA PONTIANAK DALAM PERSFEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

DIAN ANGRIDAYANI NIM. A1012161026

Abstract


Penelitian tentang Analisis Hukum Terhadap Tangung Jawab Pelayanan Medik Terhadap Pasien Di Kota Pontianak Dalam Persfektif Hukum Perlindungan Konsumenbertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis tanggung jawab pelayanan medik terhadap pasien di Kota Pontianak dalam persfektif hukum perlindungan konsumen. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab pelayanan medik terhadap pasien belum dilaksanakan sebagaimana yang diharapkan dalam persfektif hukum perlindungan konsumen. Untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dapat dilakukan oleh pasien dalam mendapatkan pelayanan medik yang sesuai dengan persfektif hukum perlindungan konsumen

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode empiris dengan pendekatan diskriptif analisis yaitu melakukan penelitian dengan menggambarkan dan menganalisa fakta-fakta yang secara nyata diperoleh atau dilihat pada saat penelitian ini dilakukan di lapangan hingga sampai pada kesimpulan akhir

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut : Bahwa tanggung jawab pelayanan medik terhadap pasien di Kota Pontianak dalam persfektif hukum perlindungan konsumen belum sepenuhnya dapat terlaksana sebagaimana amanat UUPK dikarenakan masih terdapat perbedaan pelayanan terhadap pasien satu dengan lainnya, apalagi dimasa pandemic banyak pasien yang tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal termasuk dalam segi penyajian makanan yang belum sesuai dengan harapan akan nilai gizi yang dibutuhkan oleh pasien. Bahwa faktor penyebab pelayanan medik terhadap pasien belum dilaksanakan sebagaimana yang diharapkan dalam persfektif hukum perlindungan konsumen adalah karena berbagai faktor yang mempengaruhinya antara lain faktor ilmu pengetahuan dan teknologi baru, pergeseran nilai masyarakat, aspek legal dan etik, ekonomi dan politik, dimana masing-masing faktor memberikan pengaruh yang cukup besar pada pelayanan medic terhadap pasien. Bahwa upaya yang dapat dilakukan oleh pasien dalam mendapatkan pelayanan medik yang sesuai dengan persfektif hukum perlindungan konsumen dengan meminta informasi yang jelas terhadap pilihan pelayanan yang diinginkan serta dapat memilih rumah sakit yang menjadi rujukan sesuai dengan kemampuan sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari, dan jika terjadi persoalan upaya yang dilakukan adalah dengan cara musyawarah untuk mencari jalan keluar terbaik.

 

 

Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pelayanan Medik, Pasien

 


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azwar, 1996, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

A.A. Maulana, 2013, Sistem Pelayanan Kesehatan, Rajawali Persada, Jakarta Bambang Sunggono, 2003, Metodelogi Penelitian Hukum, PT. Raja Grafindo

Persada, Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta

Djojodibroto,1997, Kiat Mengelola Rumah Sakit, Bumi Aksara, Jakarta

Gunawan Widjaya, Ahmad Yani, 2009, Hukum Tentang Perlindungan Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hardijan Rusli, 2001, Hukum Perjanjian dan Common Law, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Halim. Dkk,2008, Perancangan Kontrak dan Memorendum of Understanding, Sinar Grafika, Jakarta

Harahap M. Yahya, 1990, Segi-segi Hukum Perjanjian, Alumni, Bandung. Marbun, BN. 2009, Membuat Perjanjian Yang Aman & Sesuai Hukum, Puspa

Swara, Jakarta.

Mariam Darus Badrulzaman, 2001, Kitab Undang-undang Hukum Perdata Buku III Hukum Perikatan dengan Penjelasannya, Alumni, Bandung.

Muchtaruddin Siregar, 1986. Pengangkutan dan Transportasi, Jakarta:UI-Press. Rajagukguk, Erman, 2000. Hukum Perlindungan Konsumen. Mandar Maju.

Bandung.

Singarimbun Masri dan Sofian Efendi, 1996, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta

Sinaga, Budiman, 2009, Hukum Kontrak dan Penyelesaian Sengketa dari perspektif Sekretaris, PT.Raja Grafindo Persada, ed, Jakarta

Soerjono Soekanto Dan Sri Mamuji, 2009, Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, PT Raja Grafindo, Jakarta

Purwahid Patrik, 1996, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, Seksi Hukum Perdata FH Undip, Semarang.

R. Soebekti dan R. Tjitrosudibyo, 2003, Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Pradnya Paramita, Jakarta.

Yunus Alfian, 2001. Asas-asas Tanggungjawab, Grafika, Jakarta

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik

Kedokteran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University