PERBANDINGAN HUKUM PIDANA INDONESIA DAN HUKUM PIDANA INGGRIS DALAM PENGATURAN TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN (Studi Kasus Reynhart Sinaga)

KASIANUS RIBERU NIM. A1012161175

Abstract


Latar belakang penelitian ini karena melihat adanya perbedaan dalam suatu pengaturan tindak pidana pemerkosaan menurut hukum pidana Indonesia dan hukum pidana Inggris dalam kasus pemerkosaan dan penyerangan seksual oleh seorang WNI asal Indonesia yang terjadi di Inggris beberapa waktu lalu.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menjelaskan perbandingan pengaturan tindak pidana  perkosaan serta sistem peradilan pidana  menurut hukum Indonesia dan hukum Inggris.  Manfaat teoritis dari penulisan  skripsi ini diharapkan berguna bagi pembaca dan perkembangan ilmu hukum khususnya di bidang kajian hukum pidana, sedangkan manfaat praktis dari hasil penelitian perbandingan hukum pidana ini secara praktis diharapkan dapat bermanfat bagi kita semua, serta dapat menyumbang pemikiran terhadap pemecahan masalah yang berkaitan dengan perbandingan hukum pidana Indonesia dan hukum pidana Inggris dalam pengaturan tindak pidana pemerkosaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan perbandingan. Dalam penelitian ini menggunakan data hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh dari sumber yang telah ada.  Teknik pengumpulan data dengan mengadakan hubungan secara tidak langsung dengan sumber data. Teknik Analisis Data dengan cara penelusuran bahan hukumnya dengan studi kepustakaan yang kemudian diidentifikasikan dan di klasifikasikan untuk mendeskripsikan perbandingan dan kemudian ditarik kesimpulaan untuk menyelesaikan permasalahan.

Hasil dari analisis penelitian ini adalah terdapat persamaan dan perbedaan dalam pengaturan tidak pidanak pemerkosaan, baik dari segi objek hukum, unsur pemerkosaan, lama hukuman maupun perbuatan lain yang dikategorikan sebagai bentuk dari pemerkosaan. Dari sistem peradilan pidana juga terdapat persamaan dan perbedaan, baik dari segi organisasi kepolisian, kewenangan polisi, serta proses penangan perkara pidana mulai dari kewenangan penangkapan dan penyelidikan dan penyidikan.

 

Kata Kunci: Perkosaan, Perbandingan , Sistem Peradilan Pidana

 


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Abdul Wahid dan Muhammad Irfan,2011 Perlindungan terhadap Korban Kekerasan Seksual, Refika Aditama,Bandung.

Abidin., Z., 1983, Bunga Rampai Hukum Pidana, Pradnya Paramita, Jakarta.

Adami Chazawi, 2002, Tindak Pidana Mengenai Kesopanan, Biro Konsultasi & Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang.

Bambang Waluyo, 2011, Viktimologi Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kejahatan,Sinar Grafika.

Barda Nawawi Arief, 1990 Perbandingan Hukum Pidana,Raja Grafindo. Jakarta.

Drs. P.A.F. Lamintang, S.H, Theo Lamintang, S.H, 2011, Kejahatan Melanggar Norma Kesusilaan & Norma Kepatutan, (Jakarta: Sinar Grafika,).

Hamid S. Attamimi dalam Ridwan H.K, Hukum Administrasi Negara, 2003 UII Pres Yogyakarta, Yogyakarta.

Ismu Gunadi dan Jonaedi Efendi, 2014, Hukum Pidana, (Jakarta: Kencana.

Kesusilaan & Norma Kepatutan, (Jakarta: Sinar Grafika.

Laden Marpaung,2009 Proses Penanganan Perkara Pidana (Penyelidikan & Penyidikan), Bagian Pertamaa. Edisi Kedua. Pt Sinar Grafika. Jakarta.

Lawrence M. Friedman, Sistem Hukum; 2011 Perspektif Ilmu Sosial (The Legal System; A Social Science Perspective), Nusa Media, Bandung.

Moeljatno, 2002 Asas-Asas Hukum Pidana, Rineka Cipta, Cet 7, Jakarta.

Muladi Dan Dwigidja Priyatno, 1991 Pertanggung Jawaban Koorporasi Dalam Hukum Pidana, Penerbit Sekolah Bandung,Bandung.

Peter de Cruz, 2013 Perbandingan Sistem Hukum Common Law, Civil Law, And Socialist Law, Nusa Media, Cet. IV, Bandung.

R. Subekti dalam Ridwan Syahrani, 1999, Rangkuman Intisari llmu Hukum, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Romli Atmasasmita, 1995, Kapita Selekta Hukum Pidana dan Kriminologi, Mandar Maju, Bandung.

Romli atmasasmita,1996 perbandingan hokum pidana, CV.Mandar Maju, Bandung.

Salim, H.S, 2012, Perkembangan Teori Dalam Ilmu Hukum, Rajawali Press, Jakarta.

Sidik Sunaryo, 2005 Kapita Selekta Sistem Peradilan Pidana, UMM Press, Malang.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji,2001 Penelitian Hukum Normatif (suatu tinjauan singkat), Rajawali Pers, Jakarta.

Soeroso, 2007, Perbandingan Hukum Perdata, Jakarta : Sinar Grafika.

Tolib Effendi, 2013 Sistem Peradilan Pidana : Perbandingan Komponen Dan Proses System Peradilan Pidana Di Beberapa Negara,Pustaka Yustisia, Yogyakarta.

Tri Andrisma, 2009 Hukum Pidana, Asas-Asas dan Dasar Aturan Umum Hukum Pidana Indonesia. Universitas Lampung.

Website :

Fajar Nurhardianto, Sistem Hukum dan Posisi Hukum Indonesia, Ejournal, file:///C:/Users/user/Downloads/840-1430-1-SM%20(2).pdf, diakses tanggal 27 november 2020

http://menemukankebenaran.blogspot.com/2011/01/perbandingan-hukum-pidana-inggris.html diakses tanggal 16 september 2020

http://www.komnasperempuan.go.id/file/pdf_file/2020/catatan%20tahunan%kekerasan%20ter hadap%20perempuan%202020.pdf di akses tanggal 24 september 2020

https://herlambangperdana.files.wordpress.com/2008/06/1-perbadingan-hukum-teori-dan-metode.pdf diakses tanggal 20 november 2020

https://www.artonang.com/2014/12/pengertian-tindak-pidana-unsur-unsur.html di akses tanggal 21 juli 2020

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200107110441-134-463039/ kronologi-aksi-predator-seks-reynhard-sinaga-terungkap tanggal 20 november 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University