PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI HASIL KEBUN SAWIT ANTARA PETANI DENGAN PENGEPUL DI DESA AMBAYO INTI KECAMATAN NGABANG KABUPATEN LANDAK

ANSFRIDUS WILLY PANJAITAN NIM. A1012141007

Abstract


Penelitian tentang “Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Hasil Kebun Sawit Antara  Petani Dengan Pengepul Di Desa Ambayo Inti Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak” bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang pelaksanaan perjanjian jual beli hasil kebun sawit antara petani dengan pengepul. Untuk mengungkapkan faktor yang menyebabkan pelaksanaan perjanjian jual beli hasil kebun sawit antara petani dengan pengepul yang belum melaksanakan kewajibannya.Untuk mengetahui akibat hukum belum dilaksanakannya perjanjian jual beli hasil kebun sawit antara petani dengan pengepul. Untuk mengungkapkan upaya yang dapat dilakukan oleh Pengepul terhadap Penjual hasil kebun sawit yang belum menyerahkan hasil kebun sawit.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris adalah suatu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk dapat melihat hukum dalam artian nyata secara meneliti bagaimana kerjanya hukum disuatu lingkungan masyarakat, maka metode penelitian hukum empiris juga dapat dikatakan sebagai penelitian hukum sosiologis.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut : Bahwa pelaksanaan perjanjian jual beli hasil kebun sawit antara petani dengan pengepul belum terlaksana dengan baik dikarenakan masih ada petani yang tidak menyerahkan hasil kebunnya kepada pengepul tepat pada waktunya yaitu saat panen sawit dilakukan padahal uang telah diterima sebagai bentuk pinjaman yang harus dikembalikan dalam bentuk hasil kebun sawit. Bahwa faktor yang menyebabkan pelaksanaan perjanjian jual beli hasil kebun sawit antara petani dengan pengepul yang belum melaksanakan kewajibannya dikarenakan hasil panen yang tidak sesuai dengan harapan karena jumlahnya yang tidak banyak serta adanya faktor kebutuhan ekonomi sehingga hasil kebun sawit yang seharusnya diserahkan kepada pengepul terpaksa dijual kepada pihak lain. Bahwa akibat hukum belum dilaksanakannya perjanjian jual beli hasil kebun sawit antara petani dengan pengepul mengakibatkan petani menjadi pihak yang melakukan wanprestasi sehingga harus memberikan tanggungjawab kepada pengepul dengan memenuhi segala kewajiban atau memberikan ganti kerugian kepada pengepul yang telah membuat perjanjian jual beli hasil kebun sawit. Bahwa  upaya yang dapat dilakukan oleh Pengepul terhadap Penjual hasil kebun sawit yang belum menyerahkan hasil kebun sawit adalah dengan memberikan peringatan terlebih dahulu atau memberikan peringatan serta melakukan musyawarah agar petani dapat memenuhi kewajibannya menyerahkan hasil kebun sawit yang telah dijanjikan kepada pengepul.

 

Kata Kunci : Perjanjian, Jual Beli, Hasil Kebun Sawit

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir Muhammad, 2006, Hukum Perikatan, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

-------------------, 2010, Hukum Perdata Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung.

BN. Marbun, 2009, Membuat Perjanjian Yang Aman & Sesuai Hukum, Puspa Swara, Jakarta.

Bambang Sunggono, 2003, Metodelogi Penelitian Hukum, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Hardijan Rusli, 2001, Hukum Perjanjian dan Common Law, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

J. Satrio, 2001, Hukum Perikatan (Perikatan Pada Umumnya), Alumni, Bandung.

-------------------, 1992, Hukum Perjanjian (Perjanjian Pada Umumnya), Citra Aditya Bakti, Bandung.

Kartini Muljadi & Gunawan Widjaja, 2004, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lukman Santoso, 2012, Hukum Perjanjian Kontrak, Cakrawala, Yogyakarta.

M. Yahya Harahap, 1990, Segi-segi Hukum Perjanjian, Alumni, Bandung.

Mariam Darus Badrulzaman, 2001, Kitab Undang-undang Hukum Perdata Buku III Hukum Perikatan dengan Penjelasannya, Alumni, Bandung.

Masri Singarimbun dan Sofian Efendi, 1996, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta

Purwahid Patrik, 1996, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, Seksi Hukum Perdata FH Undip, Semarang.

R. Soeroso, 2011, Perjanjian Di Bawah Tangan, Sinar Grafika, Jakarta.

R. Subekti, 1995, Aneka Perjanjian, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

-------------------, 2002, Hukum Perjanjian, PT. Intermasa, Jakarta.

-------------------, 2003, Pokok-pokok Hukum Perdata, PT. Intermasa, Jakarta.

Rachmadi Usman, 1999, Pasal-Pasal Tentang Hak Tanggungan, Alumni, Bandung

R. Soebekti dan R. Tjitrosudibyo, 2003, Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Pradnya Paramita, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University