WANPRESTASI PENYEWA DALAM PENGEMBALIAN MOBIL YANG MENGALAMI KERUSAKAN PADA CV TRITAMA RENTAL MOBIL DI KOTA PONTIANAK

MELVIANI PRATAMI PUTRI NIM. A1011151155

Abstract


Kebutuhan akan mobil sewa tidak hanya milik perorangan saja. Kehadiran jasa rental mobil  di  kalangan  masyarakat  bertujuan  untuk  memperlancar  arus  barang  dan  jasa maupun adanya syarat pemakaian mobil sebagai mobil operasional sehingga secara tidak langsung kehadiran jasa rental mobil telah membawa keuntungan tersendiri dan berkembang  sangat  pesat  di  dalam  kehidupan  masyarakat.  Dalam  hal  ini  maka  di perlukan suatu jasa atau tempat persewaan mobil, salah satunya adalah CV. TRITAMA yang terletak di Jalan.Sutan Syahrir Gang.Rawasari No. 8C. Perjanjian sewa menyewa mobil  ini  dibuat  secara  lisan  dengan  menyerahkan  kwitansi  bukti  penyewaan  yang dimana dalam kwitansi tersebut tercantum jangka waktu sewa, jangka waktu pembayaran, tata cara pembayaran, syarat dan ketentuan sewa-menyewa mobil serta tanggung jawab pihak penyewa jika terjadi kerusakan atas mobil yang disewa. Namun kenyataannya yang kadang kala terjadi pihak penyewa melakukan wanprestasi dalam pengembalian mobil yang disewa mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan yang terjadi yaitu meliputi body mobil yang lecet atau terkikisnya cat mobil akibat pemakaian, patah nya spion mobil akibat kurangnya kehati-hatian penyewa dalam menggunakan mobil . kejadian ini menimbulkan kerugian bagi pihak pengusaha CV.TRITAMA rental mobil.

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Faktor Apa Yang Menyebabkan Penyewa Wanprestasi Dalam Pengembalian Mobil Yang Mengalami Kerusakan Pada CV.TRITAMA Rental Mobil Di Kota Pontianak?” Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mendapatkan data dan informasi tentang pelaksanaan perjanjian sewa-menyewa mobil antara pengusaha CV.TRITAMA rental mobil dengan penyewa, untuk mengungkapkan faktor penyebab penyewa wanprestasi dalam perjanjian sewa-menyewa mobil dengan pihak pengusaha CV.TRITAMA rental mobil, untuk mengungkapkan akibat hukum bagi penyewa yang melakukan wanprestasi dalam perjanjian sewa-menyewa mobil dengan pihka pengusaha CV.TRITAMA rental mobil, untuk mengungkapkan upaya yang dilakukan pihak pengusaha CV.TRITAMA rental mobil terhadap penyewa yang melakukan wanprestasi. Penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian deskriptif, yaitu dengan menggambarkan dan menganalisis keadaan atau fakta yang diperoleh dari lapangan pada saat penelitian dilakukan.

 

Adapun hasil penelitian sebagai berikut : Bahwa masih ada penyewa yang belum melaksanakan perjanjian sewa-menyewa mobil pada pihak pengusaha CV.TRITAMA rental mobil yakni penyewa tidak bertanggung jawab atas kerusakan mobil yang disewa. Bahwa faktor penyebab penyewa mobil wanprestasi    pada pihak pengusaha CV.TRITAMA rental mobil yakni penyewa tidak bertanggung jawab atas pengembalian mobil yang mengalami kerusakan dengan alasan penyewa merasa sudah membayar lunas mobil yang disewa. Akibat hukum bagi penyewa mobil yang wanprestasi pada pihak pengusaha CV.TRITAMA rental mobil dalam perjanjian sewa-menyewa mobil atas pengembalian mobil yang mengalami kerusakan adalah penyewa harus ganti rugi atau memperbaiki kerusakan mobil. Upaya yang dilakukan oleh pihak pengusaha CV.TRITAMA      rental  mobil   terhadap   penyewa   mobil   yang   wanprestasi   dalam perjanjian sewa-menyewa adalah musyawarah secara kekeluargaan dengan memperbaiki kerusakan mobil dan mengganti kerugian akibat kerusakan mobil.

  

Kata Kunci : Perjanjia Sewa Menyewa, Kerusakan Mobil, Wanprestasi.


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulkadir Muhammad, 2006, Hukum Perjanjian, Alumni, Bandung.

Ahmadi Miru, 2016, Hukum Kontrak dan Perancangan Kontrak, Rajawali

Pers,Jakarta.

Gunawan Widjaja, 2006, Memahami Prinsip Keterbukaan (Aanvullend Recht)

dalam Hukum Perdata, PT.Rajawali Pers, Jakarta.

Hilman Hadikusumo, 2004, Bahasa Hukum Indonesia, Alumni, Bandung. Hardi Kartono, 2009, Hukum Perjanjian, Fakultas Hukum Unpad, Bandung.

Idil Victor, 2000, Permasalahan Pokok Dalam Perjanjian Sewa Menyewa, Alumni, Bandung

J. Satrio,1997, Pokok-Pokok Hukum Perikatan,Bina Cipta, Jakarta.

----------------, 2005, Hukum Perikatan, Hukum Yang Lahir Dari Perjanjian, Citra

Aditya Bakti, Bandung.

J. B. Daliyo, 1994, Pengantar Ilmu Hukum, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Koentjara Ningrat,2008 ,Metode-Metode Penelitian Masyarakat

Gramedia,Jakarta.

Lukman Santoso AZ dan Yahyanto,SH.MH, Pengantar Ilmu Hukum, Setara

Press, Malang.

M. Yahya Harahap, 2004, Segi-Segi Hukum Perjanjian, Alumni, Bandung. Masrisingarimbun dan Sofian Effendi, 1999, Metode Penelitian Survei,LP3ES,

Jakarta

R. Subekti, 1995, Aneka Perjanjian, Citra Aditya Bakti, Bandung.

------------------, 2005, Pokok-Pokok Hukum Perdata, PT.Intermasa, Jakarta

------------, 2004, Hukum Perjanjian, PT.Intermasa, Jakarta.

R. Subekti dan Tjitrosudibio, 2013, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata,PT.

Balai Pustaka,Jakarta.

R.Wirjono Prodjodikoro. 2001, Hukum Perdata Tentang Persetujuan- PersetujuanTertentu,Citra Aditya Bakti,Bandung.

Rerry Aprilia, 2004, Hal-Hal Yang Harus Ada Di Dalam Perjanjian Sewa

Menyewa, Balai Pustaka, Jakarta.

Rani Wijaya, 2003, Merancang Suatu Kontrak, Kansius, Jakarta.

R. Soeroso.SH, 2014, Pengantar Ilmu Hukum, Sinar Grafika, Jakarta.

Retno Wulan Sutantio, 2009, Hukum Acara Perdata Cetakan Kesebelas, CV.

Mandar Maju, Bandung.

SoediknoMertokusumo, 1991, Mengenal Hukum, Liberty,Yogyakarta

Boris Tampubolon.SH, (2019 july.28), available from: URL:www.konsultanhukum.web.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University