WANPRESTASI PENYEWA MOBIL PICKUP DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA PADA PEMILIK RENTAL (RENTCAR) DI KOMPLEK PURNAMA AGUNG 7 KECAMATAN PONTIANAK SELATAN KOTA PONTIANAK.

ROBI SAFUTRA NIM. A1011141234

Abstract


Perjanjian sewa menyewa antara pemilik mobil dengan penyewa dalam sewa menyewa mobil pick-up, menimbulkan suatu hubungan hukum yang diwujudkan dalam perjanjian sewa menyewa mobil yang mana secara tegas mengatur hak dan kewajiban masing – masing pihak, seperti halnya kewajiban pemilik rental untuk menyediakan mobil kepada penyewa dalam dalam kurun waktu tertentu dan pemilik rental berhak menerima uang hasil pembayaran dari penyewaan mobil sesuai dengan apa yang telah diperjanjikan. Sedangkan penyewa berkewajiban untuk membayar uang penyewaan mobil sesuai dengan apa yang telah diperjanjikan dengan pemilik mobil, dan penyewa berhak mengunakan mobil dalam kurun waktu yang telah disepakati. Dalam perjanjian sewa menyewa mobil pick-up di Komplek Purnama Agung 7 yang mana, pemilik rental sebagai pihak yang menyewakan merasa dirugikan atas terjadinya kelalaian pembayaran oleh penyewa mobil yang tidak membayar uang sisa penyewaan mobil.

Rumusan masalah: “Faktor Apa Yang Menyebabkan Penyewa Mobil Pick-up Wanprestasi Dalam Perjanjian Sewa Menyewa Pada Pemilik Rental Di Komplek Purnama Agung 7 Kecamatan Pontianak Selatan?”. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode empiris dengan pendekatan deskriptif. Penelitian hukum empiris yaitu penelitian yang berasal dari kesenjangan antara teori dengan kehidupan nyata yang menggunakan hipotesis, landasan teoritis, kerangka konsep, data kepustakaan dan data lapangan. Pendekatan deskriptif yaitu suatu prosedur untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan menggambarkan keadaan pada saat sekarang, berdasarkan fakta yang ada sewaktu penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa antara pihak Pemilik RentCar sebagai pemilik mobil dengan pihak Penyewa, telah melakukan perjanjian sewa menyewa dimana bentuk perjanjiannya secara lisan, yang mana pihak penyewa sepakat dengan harga yang diberikan oleh pemilik mobil yaitu sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) per tahunnya dengan penyewaan bervariasi. Dalam sistem pembayaran sewa menyewa mobil pickup dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan memberikan uang muka (DP) yang  besarnya adalah setengah dari total harga dan dibayar lunas pada saat akan habis masa sewa, namun dalam pelaksanaannya pihak penyewa wanprestasi dalam pelunasan pembayaran uang sewa. Faktor penyebab sehingga pihak Penyewa melakukan wanprestasi terhadap pihak Pemilik RentCar dalam perjanjian sewa menyewa mobil angkutan bak terbuka (pickup) di Jalan Purnama Komplek Purnama Agung 7 kecamatan pontianak selatan, Kota Pontianak karena adanya keperluan yang mendesak dan tidak cukup biaya. Terhadap pihak penyewa yang wanprestasi tidak diberikan sanksi, kelalaian yang dilakukan oleh penyewa telah menimbulkan kerugian bagi pemilik rental mobil pick-up Rentcar. Upaya yang dilakukan pemilik mobil terhadap penyewa yang wanprestasi dalam perjanjian sewa menyewa mobil angkutan bak terbuka (pick-up) antara pihak RentCar dengan pihak penyewa yaitu dengan memberikan teguran peringatan agar segera melaksanakan kewajibannya melunasi uang pelunasan sewa, dan cara penyelesaiannya dilakukan dengan  musyawarah dan mufakat.

 

Kata Kunci :Perjanjian Sewa Menyewa, Penyewa, Wanprestasi

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Qirom Syamsudin Meliala, 1995. Pokok – pokok Hukum Perjanjian, Liberty, Yogyakarta

Abdulkadir Muhammad, 2003, Hukum Perjanjian di Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Adrian Sutedi, 2009, Hukum Perburuhan, Sinar Grafika, Jakarta

Djaja S Meliala, Hukum Perjanjian Khusus, Bandung :Penerbit Nuansa Aulia

Gunawan Widjaja, 2006, Memahami Prinsip Keterbukaan (Aanvullend Recht) dalam Hukum Perdata, PT.Rajawali Pers, Jakarta

J. Satrio, 1997, Pokok-Pokok Hukum Perikatan, Bina Cipta, Jakarta

Munir Fuady, 2001, Hukum Kontrak (Dari Sudut Pandang Hukum Bisnis), Citra Aditya Bakrti, Bandung

R. Subekti dan R. Tjirosubidio, 2009, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, PT Pradnya Cet. 40, Jakarta

R. Subekti, 2005. Pokok-Pokok Hukum Perdata,PT. Intermasa, Jakarta

Salim HS. 2003, Hukum Kontrak Teori dan Teknik Penyusunan Kontrak.: Sinar Grafika, Jakarta.

Soedharyono Soimin, S. H., 2005, Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Sinar Grafika, Jakarta

Sudikno Mertokusumo, 1991, Mengenal Hukum Suatu Pengantar, Liberty, Yogyakarta

Sri Soedewi Masjchoen Sofwan, 2004, Hukum Perjanjian Perhutangan, Seksi Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, Yokyakarta

Masri Singarimbun dan Sofyan Efendi.,Metode Penelitian Survey, LP3ES, (Jakarta, 1999)

Wiryono Prodjodikoro, 2004, Azas-azas Hukum Perjanjian, CV Mandar Maju, Bandung.

Kutipan dari Internet.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pick_Up_(mobil), 5/03/2019. 22:43


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University