WANPRESTASI PASIEN DALAM PERJANJIAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BADAU KECAMATAN BADAU KABUPATEN KAPUAS HULU

JULINDRA HERNAS MUFTI NIM. A1011141105

Abstract


Perjanjian rawat inap merupakan suatu perjanjian dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyembuhkan penyakit dan pihak yang lain membayar biaya yang telah dijanjikan. Pada umumnya hak dan kewajiban yang lahir dari perjanjian akan dipenuhi  oleh pihak rumah sakit maupun pihak pasien. Akan tetapi terkadang dalam praktik salah satu pihak tidak mematuhi apa yang menjadi kewajibannya dan ini yang menjadi permasalahan dalam sebuah perjanjian. Seperti perjanjian rawat inap yang terjadi Rumah Sakit Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu dan pasien melakukan ingkar janji atau wanprestasi yang disebabkan pasien belum ada uang untuk melunasi biaya perawatan, seperti di Rumah Sakit Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Faktor apa yang menyebabkan pasien wanprestasi dalam perjanjian Rawat Inap Di Rumah Sakit Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan mengenai faktor penyebab terjadinyan Wanprestasi Pasien Dalam Perjanjian Rawat Inap di Rumah Sakit Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara, dan studi dokumen. Pengolahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data, penandaan data, rekonstruksi data dan sistematisasi data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif.

Dalam kenyataannya, pihak pasien rawat inap Rumah Sakit Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu belum membayar biaya rawat inap, ini dapat dikatakan bahwa pihak pasien rawat inap telah melakukan perbuatan ingkar janji atau wanprestasi yang berakibat kerugian bagi pihak rumah sakit. Upaya yang dilakukan pihak rumah sakit untuk  mengatasi pasien yang wanprestasi adalah melalui upaya hukum diluar pengadilan.

Kesimpulan bahwa pihak pasien rawat inap Rumah Sakit Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu telah melakukan perbuatan ingkar janji atau wanprestasi yang berakibat menimbulkan kerugian bagi pihak rumah sakit. Ini disebabkan karena pihak pasien belum ada uang untuk melunasinya.

 

Kata Kunci : Perjanjian Rawat Inap, Wanprestasi

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad Ichsan, 2006, Hukum Perikatan, PT Bimbingan Masa, Jakarta.

Chrisdiono M.Achadiat, 2004, Dinamika Etika dan Hukum Kedokteran, Penerbit : Buku Kedokteran, Jakarta.

Bambang Sunggono, 2015, Metode Penelitian Hukum, RajawaliPers, Jakarta,

Djaja S. Meliala, 2012, Hukum Perdata Dalam Perspektif BW, Penerbit: Nuansa Aulia, Bandung.

H.Hari Sareoaji, 2006, Pokok-Pokok Hukum Perdata, Aksara Biru, Jakarta.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 2001, Metode Penelitian Survey, LP3ES,

Jakarta

Praptiningsih S, 2005, Kedudukan Hukum Perawat dalam Upaya Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, Penerbit: Rajawali Pers, Jember.

R.Subekti, 2014, Aneka Perjanjian, Cetakan ke- XI, PT.Citrya Aditya Sakti, Bandung

R.Subekti dan R.Tjitrosudibio, 2008, Hukum Perjanjian, PT.Intermassa, Jakarta.

_______, 2006, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pradnya Paramita, Jakarta.

Soekanto S, 1990, Segi-Segi Hukum Hak dan Kewajiban Pasien Dalam Kerangka Hukum Kesehatan, CV.Mandar Maju, Bandung.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Disbn, Alfabeta, Bandung.

Wila Chandrawinata Supriadi, 2001, Hukum Kedokteran, Penerbit: Mandar Maju,

Bandung.

Yahya Harahap M, 2006, Segi-segi Hukum Perjanjian, Alumni, Bandung.

Wikipedia, 2009, Rawat inap, dapat dilihat berdasarkan link http://id.wikipedia.org/wiki/Rawat_inap. Diakses tanggal 13 Maret 2018 Pukul 10.00 Wib.

Wila Ch. Supriadi, 2008, Aspek Hukum Pelayanan Kesehatan, dilihat berdasarkan link http://hukumkes.wordpress.com/2008/03/15/aspek-hukum-pelayanan-kesehatan/, diakses tanggal 10 Maret 2018, Pukul 18.00 Wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University