Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa PT Gojek Online

HERAWATI NIM. A1012151160

Abstract


Permasalahan sosial seperti halnya kemacetan yang tejadi dikalangan masyarakat membuat beberapa pihak mencari solusi untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan membuat suatu inovasi ojek online, dimana siapa saja dapat menggunakan jasa tersebut. Salah satu Perusahaan ojek di Indonesia adalah PT Gojek Indonesia. Kurangnya payung hukum yang mengatur transportasi online menjadi salah satu permasalahan bagi konsumen dalam menggunakan jasa transportasi tersebut. Hal ini bertentangan dengan UUPK dan UULLAJ. Terdapat 2 (dua) subjek hukum dalam perlindungan konsumen yaitu pelaku usaha dan konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa PT Gojek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian hukum normatif yang bersifat kualitatif. Metode penelitian hukum normatif yang bersifat kualitatif adalah metode penelitian yang mengacu pada norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan peraturan terkait lainnya serta norma-norma yang hidup dan berkembang dalam masyarakat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Gojek tidak sesuai dengan transportasi umum yang diatur dalam UULLAJ. Gojek tidak menggunakan plat kuning seperti kendaraan umum lainnya. Gojek tetap menggunakan plat hitam dalam UULLAJ plat hitam tidak boleh digunakan sebagai angkutan umum berbayar. Perlindungan hukum terhadap konsumen transportasi online ini juga masih sangat rendah karena longgarnya peraturan yang mengatur dan juga rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai hak-hak konsumen tersebut, juga tidak adanya aturan yang mengatur mengenai ganti rugi. Sehingga kadang pelaku usaha dapat beritikad tidak baik dalam menjalankan usahanya

 

 Keyword : PT Gojek, Online, Transportasi

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Adityahadi, “Pelanggaran Privasi yang dilakukan GO-JEK” (On-Line),

Amiruddin dan H. Zainal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Bryan A. Garner, Block’s Law Dictionary, Cetakan ke-8, United States of America: Thomson West, 2004.

Hardijan Rusli, “Metode Penelitian Hukum Normatif: Bagaimana ?”, Law Review Universitas Pelita Harapan, vol. 5 Nomor 3-Maret 2006.

Hasan Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2000

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Indonesia Inggris, Cetakan ke-8, Jakarta: Gramedia Jakarta, 2003.

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Indonesia Inggris, Cetakan ke-8, Jakarta: Gramedia Jakarta, 2003.

Muhammad, Abdulkadir, 1998, Hukum Pengangkutan Niaga, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Peter Mahmud Marzuki, Op. Cit.

Roscoe Pound, Pengantar Ilmu Filsafat Hukum, Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1982.

Soerjono soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Cetakan Ke-3, Jakarta: UI-Press, 2008.

Suwoto Mulyodarsono, Peralihan Kekuasaan; kajian teoritis dan yuridis terhadap pidato newaksara, (Jakarta: Gramedia, 1997).

_______, 1994, Hukum Pengangkutan Darat, Laut, dan Udara, Cet. II, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Zainuddin Ali, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Sinar Grafika, 2010.

Peraturan Per Undang-Undangan

Indonesia, Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1982 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3124), Pasal 1 Huruf b.

Indonesia, Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5025), Pasal 1 angka 20.

Indonesia, Permenhub Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek

Website

Ali, “Pengertian Perusahaan Menurut Pakar” (On-Line), tersedia di http://www.pengertian pakar.com/2014/11/pengertian-perusahaan-menurut-para-pakar.html (23 april 2016)

tersedia di http://aitinesia.com/ngerinya-pelanggaran-privasi-yang -dilakukan-go-jek-dan-grabbike-terhadap-penumpang-mereka/,23 April 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University