TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA TRANSMART CARREFOURTERHADAP PEMILIK MAKANAN KEMASAN YANG RUSAK AKIBAT KELALAIAN PRAMUNIAGA BAGIAN PENITIPAN BARANG DI KABUPATEN KUBU RAYA.

DEDI BARYANSAH NIM. A1011141131

Abstract


Perjanjian antara Pemilik makanan kemasan selaku pihak Penitip dengan Pengusaha Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya adalah perjanjian timbal balik, yaitu suatu perjanjian yang menimbulkan hak dan kewajiban pada kedua belah pihak. Pengusaha Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya yang merupakan penerima jasa penitipan barang dan dalam  kewajibannya menjaga dan memelihara barang titipan dalam hal ini titipan makanan kemasan. Perjanjian jasa penitipan barang ini dilakukan secara lisan antara kedua belah pihak adapun hasil dari penjualan makanan kemasan yang dititipkan tersebut pihak Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya mendapatkan fee atau upah dari pihak Penitip Makanan Kemasan dengan potongan jasa tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Tetapi sebaliknya apa yang terjadi dilapangan, pihak Pramuniaga pada bagian penitipan barang  yang ada di Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya tidak melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawabnya dikarenakan adanya  makanan kemasan yang rusak saat penitipan dilakukan, maka dalam hal ini Pramuniaga bagian penitipan barang tersebut telah lalai dalam menjaga makanan kemasan yang dititipkan sehingga Pemilik makanan kemasan harus mengalami kerugian dari kerusakan tersebut.

Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi masalah di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah Pengusaha Transmart Carrefour Sudah Bertanggung Jawab Terhadap Pemilik Makanan Kemasan Yang Rusak Akibat Kelalaian Pramuniaga Bagian Penitipan Barang Di Kabupaten Kubu Raya”?.

Penelitian ini menggunakan metode empiris dengan pendekatan deskriptif yang melakukan penelitian dengan menggambarkan dan menganalisis fakta-fakta yang diperoleh saat dilakukannya penelitian dan menggunakan teknik penyebaran angket kepada Pemilik makanan kemasan selaku pihak Penitip dan teknik pedoman wawancara kepada pihak Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya selaku penerima jasa penitipan barang. Secara yuridis pembahasan penelitian ini didasarkan pada aturan yang tercantum dalam Buku III Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang perikatan yang menganut sistem terbuka dan mengandung suatu asas kebebasan berkontrak serta asas itikad baik (kejujuran), hal ini berdasarkan Pasal 1792 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang pemberian kuasa, dan Secara sosiologis pembahasan penelitian ini didasarkan pada kejadian yang ada dalam prakteknya.

Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa: Pengusaha Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya Tidak Bertanggung Jawab adapun faktor penyebabnya adalah kurangnya itikad baik (kejujuran) dan dari kerusakan titipan makanan kemasan tersebut pihak Pengusaha Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya harus bertanggung jawab mengganti kerugian dengan sejumlah uang.

Terhadap makanan kemasan yang mengalami kerusakan, hal ini disebabkan karena kelalaian dari pihak Pramuniaga Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya bagian penitipan barang itu sendiri, maka Pengusaha Transmart Carrefour Kabupaten Kubu Raya harus bertanggung jawab atas segala kerusakan tersebut sehingga Pemilik makanan kemasan harus mengalami kerugian dari kerusakan titipan barang mereka.

 

 

Kata kunci:  jasa penitipan barang, wanprestasi.

Full Text:

PDF PDF

References


Abdulkadir Muhammad, 1982, Hukum Perikatan, Alumni, Bandung.

Ahmadi Miru, 2011, Prinsip-Prinsip Perlindungan Hukum Bagi Konsumen, Rajawali Pers, Jakarta.

Bambang Sunggono, 1996, Metode Penelitian Hukum, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hartono Hadisaputro, 2003, Pokok-Pokok Hukum Perjanjian, Liberty, Yogyakarta.

Hari Saheroji, 1980, Pokok-Pokok Hukum Keperdataan, Aksara Baru, Jakarta.

J.H Niuewenhuis, 2005, Pokok-Pokok Hukum Perikatan, (terjemahan Djasadi Sarghi), Universitas Airlangga, Surabaya.

Kartini Muljadi dan Gunawan Widjaja, 2008, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

M. Yahya Harahap, 1994, Segi-Segi Hukum Perjanjian, PT. Internusa, Jakarta.

Nindyo Pramono, 2003, Hukum Komersil, UT, Jakarta Pusat.

Peter Mahmud Marzuki, 2005, Penelitian Hukum, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Ronny Hanitjo Soemitro, Metode Penelitian Hukum dan jurimetri ghalia indonesia, Jakarta.

R. Setiawan, 1999, Pokok-Pokok Hukum Perjanjian, Putra Abadin, Jakarta.

R. Subekti dan R. Tjitrosudibyo, 2009, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Wirjono Projodikoro, R, 1976, Azas-Azas Hukum Perdata, Sumur Bandung, Jakarta.

Yogar Simamora, 2005, Prinsip Hukum Kontrak Dalam Pengadaan Barang dan Jasa oleh Pemerintahan, Disertasi Fakultas Hukum Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University