PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2015 TERHADAP PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KALIMANTAN BARAT

PARULIAN TANJUNG NIM. A11110007

Abstract


Euforia  penyelenggaran pesta demokrasi  pemilihan kepala daerah  secara langsung menjadi fenomena yang sangat\menarik untuk diulas. Kehebohan-kehebohan  dalam penyelenggaraan pilkada menjadi suatu kelaziman yang terjadi tanpa disadari oleh semua pihak. Masyarakat sibuk dengan dukungan untuk memenangkan pasangan calon kepala daerah yang mereka usung. kemudian sederetan spanduk dan baliho pasangan calon kepala daerah disepanjang jalan dan fasilitas umum menjadi pemandangan yang biasa. Pemendangan yang tentunya kurang “menyejukkan mata“ bagi orang yang melihatnya. dinding-dinding bangunan ataupun ruang kosong lainnya memjadi target utama untuk pemasangan poster pasangan calon kepala daerah.Di sisi lain, masyarakat rela berpanas-panasan dilapangan terbuka untuk memberikan semangat dan dukungan kepada pasangan calon kepala daerah. Tidak luput juga kehadiran bocah-bocah muda usia yang belum cukup umur hadir bersama orang tuanya .

Bentuk Metode Penelitian yang di pakai saat ini adalah yuridis normatif, yaitu pendekatan yang menggunakan konsep legis positivis yaitu  menyatakan bahwa hukum adalah identik dengan norma norma dan tata aturan yang tertulis yang dibuat dan diundangkan oleh lembaga-lembaga atau pejabat Negara yang berwenang, selain konsep ini  memandang hukum sebagai sistem normatif yang bersifat otonom yang diserahkan pemerintah pusat agar daerah otonom dapat mengatur dan menyelenggarakan pemerintahan sendiri berdasarkan Undang-Undang Pemerintahan Daerah otonom. Dua jenis data penelitian ini pada prinsipnya menggunakan data sekunder data sekunder adalah data yang diperoleh dari penelitian pepustakaan dan dokumen serta  tanya jawab beberapa pihak.     

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan tentang pengolahan data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 menandakan dimulainya era baru dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, baik pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, ataupun Walikota/Wakil Walikota. Undang-Undang ini memerintahkan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak. Pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak ini lahir sebagai upaya penghematan anggaran negara dan besarnya ongkos politik yang harus ditanggung oleh pasangan calon kepala daerah sebagai konsekuensi dari pelaksanaan pemilihan langsung. Selama ini pelaksanaan pemilihan dilakukan masing-masing oleh daerah  yang telah habis masa jabatannya. Pemilihan secara serentak ini di jadikan pilihan untuk pencapaian efisiensi dengan tidak meninggalkan semangat demokrasi melibatkan masyarakat secara langsung dalam pemilihan kepala daerah.

 

Kata Kunci : Pemilu, KPU, Kepala Daerah

Full Text:

PDF PDF

References


Siswanto Sunarso, Hukum Pemerintahan daerah di Indonesia., Jakarta, Sinar Grafika 2006

Amandemen Undang-Undang Pilkada Gubernur, Bupati dan walikota(UU No. 8 Tahun 2015), Jakarta, Sinar Grafika 2015

Wendi Melfa, Pemilikada (Demokrasi dan Otonomi Daerah) , Ulun Lampung Be press, 2016

Tim Kata Pena, Undang-Undang Pemilukada UU RI NO 8 Tentang Perubahan Atas

Peraturan Perundang-Undangan

Indonesia, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah

(lembar Negara Republik Indonesia tahun 2004 Nomor 125: Tambahan Lembar Negara Republik Indonesia Nomor 4437)

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota(Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 243 ; Tambahan lembar negara republic Indonesia Nomor 5586)

Undang-Undang Nomor ! Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 (Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 23 ; Tambahan Lembar Negara Republik Indonesia Nomor 5656)

Undang Undang Npmor 1 Tahun 2015, Jakarta Kata Pena

Salinan Undang-Undang No. 1 Tahun 2015

Internet.

www. Antara News.Com

www. Hukum Online.Com

www. Pemilu .Com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University