PERLINDUNGAN HAK KEPADA PENGUNGSI INTERNASIONAL SEBAGAI BAGIAN DARI PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA (STUDI TERHADAP PERLINDUNGAN PENGUNGSI INTERNASIONAL OLEH INDONESIA)

DINDA TRI WIRIANTI NIM. A1011131016

Abstract


Pengungsi menjadi salah satu isu global yang banyak dibicarakan oleh masyarakat internasional. Permasalahan pengungsi menjadi perhatian khusus dari dunia internasional karena jumlahnya terus meningkat dan telah menjadi isu yang membutuhkan perhatian khusus dari masyarakat internasional.

Situasi pengungsi telah menjadi contoh klasik sifat saling-ketergantungan masyarakat internasional. Telah sangat terbukti bagaimana persoalan pengungsi satu negara dapat membawa akibat langsung terhadap negara lainnya. Hal ini juga merupakan contoh saling ketergantungan antara masalah itu. Ada hubungan yang jelas antara persoalan pengungsi dan masalah hak asasi manusia. Skripsi ini hendak mencari jawaban atas dua permasalahan, yaitu: bagaimana relevansi antara perlindungan hak pengungsi dalam Konvensi tentang Pengungsi Tahun 1951 dengan instrumen-instrumen HAM internasional?; dan bagaimana bentuk dan upaya perlindungan hak pengungsi internasional oleh Indonesia? Penelitian dilakukan dalam bentuk yuridis normatif dengan mempergunakan data sekunder yang diperoleh dengan cara mengumpulkan menginventarisasi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan disesuaikan dengan pokok permasalahan yang dikaji. Selanjutnya  data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu analisis yang dilakukan dengan memahami dan merangkai data yang telah diperoleh dan disusun sistematis, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perlindungan hak pengungsi dalam Konvensi tentang Pengungsi Tahun 1951 sangat relevan dengan perlindungan HAM yang diatur dalam instrumen-instrumen utama HAM internasional. Instrumen pengaturan mengenai HAM dibuat dengan tujuan untuk memberikan perlindungan hak-hak dasar manusia. Tujuan tersebut sejalan dengan pengaturan perlindungan pengungsi di dalam hukum pengungsi. Selain itu, Indonesia sebagai negara yang belum meratifikasi Konvensi Pengungsi Tahun 1951 tetap mempunyai komitmen untuk melakukan perlindungan kepada pengungsi internasional. Bentuk dan upaya perlindungan pengungsi ini dilakukan melalui kerjasama yang dilakukan Pemerintah Indonesia dengan lembaga-lembaga internasional seperti UNHCR dan IOM serta mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri untuk mengisi kekosongan hukum pengaturan pengungsi dan pencari suaka di Indonesia.

 

Kata Kunci : Perlindungan Hak Asasi Manusia

Full Text:

PDF PDF

References


Agusman, Damos Dumoli, 2010, Hukum Perjanjian Internasional, Refika Aditama, Bandung.

Allen. R.E. 1990, The Concise Oxford Dictionary, Claredon Press.

Davidson, Scott, 1994, Hak Asasi Manusia: Sejarah, Teori, dan Praktik Dalam Pergaulan Internasional, Grafiti, Jakarta.

Feller, Erika, 2001,“The Evolution of the International Refugee Protection Regime”, Journal Law and Policy, UNHCR, Geneve.

Feller, Erika, “International Refugee Protection 50 years on: The Protection Challenges of the Past, Present and Future”, ICRC, September 2001, Vol. 83, No. 843.

Hadikusuma, Hilman, 1995, Metode Pembuatan Kertas Kerja atau Skripsi Ilmu Hukum, Mandar Maju, Bandung.

https://tirto.id/indonesia-ikut-fasilitasi-pengungsi-dari-berbagai-negara-ctlu, diakses tanggal 27 Desember 2017.

Husin, Sukanda, 1998, “UNHCR dan Perlindungan Hak Azasi Manusia”, Jurnal Hukum No. 7 Th. V/1998. FH Universitas Andalas, Padang.

Koesparmono Irsan, 2007, Pengungsi Internal dan Hukum Hak Asasi Manusia, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jakarta.

Kusumohamidjojo, Budiono, 1986, Suatu Studi Terhadap Aspek Operasional Konvensi Wina Tahun 1969 Tentang Hukum Perjanjian, Binacipta, Bandung.

Jaeger, Gilbert, “On The History of the International Protection of Refugee”, ICRC September 2001 Vol 83 No. 843., hlm. 727 dalam http://www.icrc.org/Web/Eng/siteengO.nsf/iwpList128/5BA471F787461F15C1256B6699608ACF, diakses tanggal 21 Desember 2017.

Longman Dictionary of Contemporary English, First Published, St Ives, England.

Mauna, Boer, 2005, Hukum Internasional Pengertian Peranan dan Fungsi Dalam Era Dinamika Global, Alumni, Bandung.

Ramafitri, Farah, 2011, Perlindungan Pengungsi Asal Srilanka Di Indonesia Berdasarkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan Urgensi Ratifikasi Konvensi Pengungsi 1951, Fakultas Hukum UGM.

Romsan, Achmad, 2003, Pengantar Hukum Pengungsi Internasional, Sanic Offset, Bandung.

Sefriani, 2010, Hukum Internasional, Suatu Pengantar, Rajawali Pers, Jakarta.

Soekanto, Soerjono dan Sri Mamuji, 2001, Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat), Rajawali Pers, Jakarta.

Soemitro, Ronny Hanitijo, 1994, Metode Penelitian Hukum dan Jurimetri, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Starke, J.G. 1992, Pengantar Hukum Internasional, buku 2 edisi ke-10, Sinar Grafika, Jakarta.

Suryokusumo, Sumaryo, 2007, Studi Kasus Hukum Internasional, Tatanusa, Jakarta.

UNHCR, 2003, Pengantar Hukum Pengungsi Internasional, Jakarta.

UNHCR, 2007, Melindungi Pengungsi, Jakarta.

Wagiman, 2012, Hukum Pengungsi Internasional, Sinar Grafika, Jakarta.

Wedbster Ninth New Collegate Dictionary, Merriam-Webster Inc, Springfield, Massachusetts, 1990.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E - Journal Fatwa Law

Published by : Faculty Of Law, Tanjungpura University