Pengembangan Aplikasi Evaluasi Tingkat Penguasaan Praktikum Aircraft Electrical Berbasis Fuzzy Expert System Stand Alone Application

Richard Sambera Sagala, Fatchul Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan sebuah aplikasi yang dapat mengevaluasi tingkat penguasaan praktik siswa. Tujuan penelitian adalah menghasilkan aplikasi untuk kebutuhan evaluasi tingkat penguasaan praktik siswa, yang dapat dioperasikan tanpa harus menjalankan aplikasi editor utama terlebih dahulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahapan 4D. Batasan masalah penelitian terletak pada pengembangan aplikasi hanya untuk pengolahan nilai praktik siswa kelas XI jurusan Electrical Avionics pada mata pelajaran Aircraft Electrical. Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, aplikasi dapat dijalankan tanpa harus menjalankan aplikasi editor utama terlebih dahulu, mampu memproses input dan mengeluarkan output, serta dapat mencetak tangkapan layar aplikasi. Melalui pemrosesan data nilai-nilai praktik siswa, didapatkan hasil bahwa tingkat penguasaan praktik siswa menggunakan aplikasi (TPF) adalah 75% - 80%. Berbeda halnya dengan tingkat penguasaan praktik siswa bermetode manual (TPM) adalah 80% s/d 87%. Walaupun terdapat perbedaan hasil antara 2 cara tersebut, hubungan antara TPF dan TPM adalah kuat. Uji korelasi Spearmen menunjukkan, nilai korelasi antara TPF dan TPM adalah 0,609 (60,9%) dan berkategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dibangun mampu menentukan tingkat penguasaan praktikum siswa. Akan tetapi, untuk menyatakan apakah aplikasi layak digunakan dalam skala kecil maupun skala besar, masih diperlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut, seperti uji validasi oleh ahli dan uji penerimaan oleh pengguna. Sehingga diharapkan kedepannya, aplikasi tersebut siap didistribusikan secara luas dan dimanfaatkan oleh berbagai sekolah yang memiliki jurusan Electrical Avionic dalam mengevaluasi kemampuan praktik siswa-siswanya. Evaluasi berdampak signifikan dalam meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran.


Keywords


Logika Fuzzy; Mamdani; Fuzzy Expert System; Aircraft Electrical; Electrical Avionics; Stand Alone Application

Full Text:

PDF

References


B. Iswara, A. Prasetyani, and S. Sauda, “Analisis Keefektifan Layanan Bimbingan Karir di SMK Berdasarkan Keberhasilan Karir Lulusan,” Qalam J. Ilmu …, vol. 10, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/1191.

S. Kasus, S. M. K. Widya, and K. A. B. Malang, “PENATAAN MASSA BANGUNAN PADA LAHAN SEMPIT outer space , infrastructure,” vol. V, pp. 87–94.

M. S. Barliana, D. Maknun, and K. Herman, “Evaluasi Atas Kebijakan Peningkatan Rasio Siswa SMK:SMA Ditelaah dari Kesiapan Sarana dan Prasarana,” Innov. Vocat. Technol. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 529–538, 2017, doi: 10.17509/invotec.v6i2.6087.

S. Sihono, A. Fatkhulloh, R. Saputro, D. Herwanto, and N. Kalbuana, “Pendalaman Buku Ajar Elektrikal dan Elektronika Pesawat Udara Bagi Guru SMK Penerbangan,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Langit Biru, vol. 2, pp. 46–54, 2021, doi: 10.54147/jpkm.v2i01.462.

D. F. Pambudi and A. Ashari, “Pengaruh Sarana Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Belajar Materi Sistem Injeksi Siswa Kelas XI TBSB SMK YPT Sawunggalih Kutoarjo,” Auto Tech J. Pendidik. Tek. Otomotif Univ. Muhammadiyah Purworejo, vol. 16, no. 2, pp. 134–143, 2021, doi: 10.37729/autotech.v16i2.1214.

N. Kusworo, Y. Soepriyanto, and A. Husna, “Pengembangan Adaptive E-Learning Sistem Berbasis Vark Learning Style Pada Materi IP Address,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 70–79, 2021, doi: 10.17977/um038v4i12021p070.

K. H. Primayana, S. Tinggi, A. Hindu, N. Mpu, and K. Singaraja, “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran,” Widyacarya, vol. 4, no. 2, pp. 88–100, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796.

D. Widiyanto and A. Istiqomah, “EVALUASI PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn,” Citizsh. J. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 8, no. 1, pp. 51–61, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5385.

D. Saputra, M. Yanto, W. Safitri, and L. Mayola, “Fuzzy Neural Network (FNN) Pada Proses Identifikasi Penyakit ISPA,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 870, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3020.

Supardianto, S. Kusumadewi, and L. Rosita, “Fuzzy expert system untuk membantu diagnosis awal,” JIRE (Jurnal Inform. Rekayasa Elekronika), vol. 4, no. 1, pp. 30–39, 2021, [Online]. Available: https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/313.

A. Rohatta, R. Febryansyah, and S. Informasi, “Penerapan Metode Certainty Factor ( Cf ) Pada,” vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2021.

A. Kristiyanto et al., “Deteksi Kebocoran Lpg Berbasis Iot Menggunakan Metode Fuzzy,” vol. XVI, no. 6, pp. 17–26.

F. Darmawansyah, S. Subiyantoro, and S. Nurcahyo, “Implementasi Kontrol Logika Fuzzy sebagai Elektronik Soft- Starting pada Motor Induksi yang Dilengkapi HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE),” J. Elektron. dan Otomasi Ind., vol. 4, no. 3, p. 13, 2020, doi: 10.33795/elkolind.v4i3.117.

A. N. E. Christianto, R. R. M. Putri, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Klasifikasi Permasalahan Berdasar AUM Menggunakan FCM-FIS Tsukamoto,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 4, pp. 320–329, 2017.

K. Wijanarko, “Implementasi Metode Fuzzy Mamdani dalam Keputusan Intensitas Cahaya Ruangan Penelitian Benih Tumbuhan,” J. Vocat. Educ. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2023.

N. Haqiki, W. M. Rahmawati, and ..., “Pengambilan Keputusan Beasiswa Bantuan Di Mts Addini Al-Burdah Menggunakan Metode Fuzzy Topsis,” … Semin. Nas. Sains …, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/2256%0Ahttps://ejournal.itats.ac.id/sntekpan/article/download/2256/1932.

H. Zakaria, S. T. Informatika, U. Pamulang, and T. Selatan, “SISTEM PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE MAMDANI,” vol. 2, no. 4, 2021.

S. Surorejo and M. A. Maulana, “Sistem Pendukung Keputusan Pendeteksi Tipe Kecerdasan Anak Menggunakan Metode Fuzzy Logic pada MI Ihsaniyah 02 Kaligangsa,” vol. 2, no. 2, pp. 12–19, 2021.

R. Rahmawati, “Penerapan Fuzzy Mamdani Dalam Menentukan Pencapaian Keberhasilan Mengajar Guru MI Mambaul Ulum Al-Amin Sampit,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 9, 2021, doi: 10.30645/jurasik.v6i1.267.

F. Firdaus, W. Susanti, Y. Desnelita, I. Irwan, and G. Gustientiedina, “Penerapan Algoritma Fuzzy Berbasis Expert System untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa,” SEMASTER Semin. Nas. Teknol. Inf. Ilmu Komput., pp. 266–274, 2020, [Online]. Available: http://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/6136.

K. H. Tong, Q. Le Hoang Thuy To Nguyen, T. T. M. Nguyen, P. T. Nguyen, and N. B. Vu, “Applying the fuzzy decision-making method for program evaluation and management policy of Vietnamese higher education,” J. Asian Financ. Econ. Bus., vol. 7, no. 9, pp. 719–726, 2020, doi: 10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.719.

R. Head, U. Of, F. Logic, A. For, E. Student, and S. S. Gran, “Utilization of Fuzzy Logic Approach for Evaluating,” pp. 34–44, 2019.

Y. B. Saleh, “Student Score Evaluation Using Simulink and Fuzzy Logic,” vol. 1, no. September, 2020.

N. A. Bakar, S. Rosbi, and A. A. Bakar, “Robust estimation of student performance in massive open online course using fuzzy logic approach,” Int. J. Eng. Trends Technol., no. 1, pp. 143–152, 2020, doi: 10.14445/22315381/CATI2P223.

L. F. Wati and A. Efi, “Design of E-Module Based on Discovery Learning in Basic Boga Students of Class X Tata Boga in SMK Negeri 1 Beringin,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 4, no. 1, 2021, [Online]. Available: http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/171.

S. Nurfadila, R. S. Lubis, and H. Cipta, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI KARYAWAN BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO,” JISTech (Journal Islam. Sci. Technol., vol. 8, no. 1, pp. 30–45, 2023.

A. N. Septiani, D. Pratiwi, and R. Rossy, “Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar,” MASALIQ, vol. 3, no. 5, pp. 824–832, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v9i2.64239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.