Aplikasi Monitoring Berkas Perkara Tindak Pidana Umum pada Kejaksaan Negeri Ketapang

Jordi Alviandi Liansyah, Novi Safriadi, Enda Esyudha Pratama

Abstract


Berkas perkara merupakan hasil seluruh rangkaian proses penyidikan berupa administrasi penyidikan yang meliputi pencatatan, pelaporan, pembuatan berita acara, surat menyurat dan pendataan yang disusun, diikat, diberi sampul, disegel dan dijilid dengan rapi untuk segera diserahkan penyidik ke penuntut umum. Penanganan berkas perkara tindak pidana umum pada Kejaksaan Negeri Ketapang belum sepenuhnya berjalan dengan baik dan tepat waktu mengakibatkan penyerahan tersangka dan barang bukti menjadi lebih lama dan menyebabkan berkas perkara menumpuk. Hal ini dikarenakan penanganan berkas perkara yang berlarut-larut melewati batas waktu yang sudah ditetapkan. Analisa dilakukan dengan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) yaitu dengan model waterfall. Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Monitoring Berkas Perkara Tindak Pidana Umum Pada Kejaksaan Negeri Ketapang. Aplikasi ini dapat membantu Kepala Seksi Tindak Pidana Umum pada Kejaksaan Negeri Ketapang dalam memonitoring proses penanganan perkara dengan memberikan notifikasi jika terdapat berkas yang baru masuk maupun berkas yang sudah melewati batas waktu yang ditentukan. Perancangan sistem dibangun dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Untuk pengujian aplikasi dilakukan dengan metode Black Box dan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian dengan metode Black Box yang dilakukan telah sesuai antara masukan dengan hasil yang ditampilkan. Pada pengujian System Usability Scale (SUS) mendapat skor 80,7 dan dikategorikan acceptable yang fungsinya sudah berjalan dengan baik.


Keywords


Berkas Perkara; Monitoring; Notifikasi; Jaksa; Kasipidum.

Full Text:

PDF

References


Jusuf, S.H.,M.H, Dr. H. Muhammad. (2014). Hukum Kejaksaan: Eksistensi Kejaksaan sebagai Pengacara Negara dalam Perkara Perdata dan Tata Usah Negara. Surabaya, Laksbang Justitia.

Mangkepriyanto, Extrix. (2019). Pidana Umum & Pidana Khusus, Serta Keterlibatan Undang – Undang Perlindungan Saksi dan Korban. Sumatera Selatan: Guepedia Publisher.

Abdulloh, Rohi. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Hidayatullah, Rizki. (2020). PEMROGRAMAN WEB SERI PHP. Yogyakarta, START UP.

Hidayatullah, S.T., M.Sc, Dr. Priyanto. (2021). Pemrograman WEB. Bandung, Informatika Bandung.

Aliska, Sandra. " Sistem Informasi dan Manajemen Pemberkasan Perkara di Kejaksaan Negeri Mempawah " JUSTIN: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (2018) Vol. 6 No. 1.

Jaya, Kriyan Andika. "Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah" JUSTIN: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (2018) Vol. 6 No. 1.

Janner, S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta, Andi.

Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering: a practioner's approach. McGraw-Hill, New York.

Pressman, S.R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta. Andi.

Prijambodo. (2014). Monitoring dan Evaluasi. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam All in 1. PT. Jakarta: Elex Media Komputindo.

MADCOM. (2016). Pemrograman PHP dan MySQl Untuk Pemula. Yogyakarta, C.V Andi.

Mustaqbal, M. S., & Firdaus, R. F. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Bandung: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan.

Bangor, A., Kortum, P. T., & Miller, J. T. (2008). An empirical evaluation of the system usability scale. International Journal of Human-Computer Interaction, 24(6), 574–594. https://doi.org/10.1080/10447310802205776




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i2.56670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.