Aplikasi DIVAYANA Berbasis Ketimpangan Asuri-Daiwi Sampad Sebagai Alat Evaluasi Keefektifan Flipped Learning

Dewa Gede Hendra Divayana, Ni Ketut Widiartini, P. Wayan Arta Suyasa

Abstract


Keefektifan aplikasi evaluasi yang digunakan untuk menentukan skor ketimpangan positif dan negatif dalam pelaksanaan flipped learning sangat penting untuk diketahui. Skor ketimpangan positif digunakan sebagai dasar dalam menunjukkan aspek-aspek penunjang keberhasilan pelaksanaan flipped learning, sedangkan skor ketimpangan negatif sebagai dasar dalam menunjukkan aspek-aspek yang perlu dibenahi agar pelaksanaan flipped learning berjalan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas aplikasi DIVAYANA berbasis ketimpangan Asuri-Daiwi Sampad yang digunakan untuk mengevaluasi keefektifan pelaksanaan flipped learning pada SMK TI di Provinsi Bali. Metode pengembangan yang digunakan untuk mewujudkan aplikasi evaluasi ini adalah metode Research & Development yang mengacu pada desain Borg & Gall. Subjek yang terlibat dalam uji efektivitas penggunaan aplikasi DIVAYANA berbasis ketimpangan Asuri-Daiwi Sampad adalah sebanyak 50 orang yang terdiri dari guru dan siswa dari bebeberapa SMK TI di Bali. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data tentang hasil uji efektivitas penggunaan aplikasi DIVAYANA berbasis ketimpangan Asuri-Daiwi Sampad adalah berupa kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menginterpretasikan hasil uji efektivitas penggunaan aplikasi evaluasi berdasarkan standar efektivitas yang mengacu skala sebelas. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase efektivitas aplikasi DIVAYANA berbasis ketimpangan Asuri-Daiwi Sampad sebesar 90,88% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Dampak dari hasil penelitian ini di bidang pendidikan teknik informatika adalah menghadirkan suatu terobosan baru berupa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi secara akurat keefektifan flipped learning dalam proses pembelajaran.


Keywords


Aplikasi DIVAYANA; Ketimpangan; Asuri Sampad; Daiwi Sampad; Flipped Learning.

Full Text:

PDF

References


Y. A. Sativa, dan A. B. Kusuma, “Flipped Classroom sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika di Era Pandemi,” SAINTIFIK: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 7, No. 2, 126–132, 2021.

I. Fajri, K. Suryadi, dan L. Anggraeni, “Pembelajaran Kelas Terbalik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Tinjauan Sistematis Review Dari Bukti Empiris,” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol. 9, No. 3, 870–880, 2021.

R. Ramadhani, E. Syahputra, dan E. Simamora, “Ethno-Flipped Classroom Model: Sebuah Rekomendasi Model Pembelajaran Matematika di Masa New Normal,” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, Vol. 10, No. 2, 221–240, 2021.

B. I. Permatasari, dan M. T. F. A. Muda, “Penerapan Flipped Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 22 Balikpapan,” Kompetensi Universitas Balikpapan, Vol. 14, No. 2, 113–116, 2021.

E. U. Hanik, dan A. D. Ramadhani, “Penerapan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Implementasi dari Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah,” el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, Vol. 3, No. 2, 115–130, 2021.

Y. Sudiasih, Trisnaningsih, dan R. M. Sinaga, “Flipped Classroom: Alternatif Belajar Sosiologi Pada Masa Pandemi Covid-19,” Civics Education And Social Sciense Journal (CESSJ), Vol. 3, No. 1, 26–39, 2021.

M. Huda, R. C. Dhewy, dan E. N. S. Agustina, “Implementasi Blended Learning Model Flipped Classroom: Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi,” JEDMA: Jurnal Edukasi Matematika, Vol. 2, No. 1, 1–8, 2021.

A. H. Triaji, A. Y. Fitrianna, dan L. S. Zanthy, “Penerapan Model Flipped Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Irasional,” JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 5, No. 3, 813–820, 2022.

R. Riyanti, dan D. Setyawan, “Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Pembelajaran Vidio Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Mahasiswa,” QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 12, No. 2, 316–326, 2021.

S. M. Simamora, dan S. R. Siregar, “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN 060821 Medan,” Bina Gogik, Vol. 8, No. 2, 73–80, 2021.

D. Thurab-Nkhosi, “The Evaluation of a Blended Faculty Development Course Using the CIPP Framework,” International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, Vol. 15, No. 1, 245–254, 2019.

J. S. Ngala, G. M. Fongod, T. J. Orock, B. M. Ayuk, and E. A. Njenwi, “Evaluating Distance Education Programme Using Stufflebeam Cipp Model: University of Buea Cameroon,” Journal of Engineering Research and Application, Vol. 9, No. 10-I, 1–15, 2019.

M. Said, R. Madhakomala, and F. Idris, “Discrepancy Evaluation Model for Human Resources Health Placement Evaluation at the Puskesmas,” Journal of Environmental Treatment Techniques, Vol. 7, No. 4, 588–594, 2019.

R. Clark, A. Kaw, Y. Lou, A. Scott, and M. Besterfield-Sacre, “Evaluating Blended and Flipped Instruction in Numerical Methods at Multiple Engineering Schools,” International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 12, No. 11, 1–16, 2018.

M. Fazal, B. Panzano, and K. Luk, “Evaluating the Impact of Blended Learning: A Mixed-Methods Study with Difference-in-Difference Analysis,” TechTrends: Linking Research and Practice to Improve Learning, Vol. 64, No. 1, pp. 70–78, 2020.

A. Hamid, T. M. Siregar, J. Purba, and B. A. Mukmin, “Evaluation of Implementation of Blended Learning Implementation in Universitas Negeri Medan,” Britain International of Linguistics, Arts and Education Journal, Vol. 1, No. 2, 224–231, 2019.

Herawati, E. S. Budi, Suryadi, and B. Sujanto, “Evaluating the Implementation of Policy on Education Board,” International Journal for Educational and Vocational Studies, Vol. 1, No. 3, 236–243, 2019.

P. I. Wiyasa, I. K. D. Laksana, and N. L. K. M. Indrawati, “Evaluating Quality of Teacher-Developed English Test in Vocational High School: Content Validity and Item Analysis,” Education Quarterly Reviews, Vol. 2, No. 2, 344–356, 2019.

R. Gandomkar, “Comparing Kirkpatrick’s Original and New Model with CIPP Evaluation Model,” Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, Vol. 6, No. 2, 94–95, 2018.

N. Sudarwati, and Rukminingsih, “Evaluating E-learning as a Learning Media: a Case of Entrepreneurship E-learning using Schoology as Media,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, Vol. 13, No. 9, 269–279, 2018.

C. Hasanudin, Wagiran, dan Subyantoro, “Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis Selama Masa Pandemi Covid-19 Dengan Model Evaluasi CIPP,” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), Vol. 8, No. 2, 27–38, 2021.

A. Wakano, E. W. Prihono, N. Hasanah, dan F. Lapele, “Evaluasi Sistem Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid-19,” EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, Vol. 20, No. 1, 1195–1205, 2021.

Syahrir, Y. Supriyati, dan A. Fauzi, “Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) melalui model CIPP pada Kinerja Dosen Aspek Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid 19,” Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 7, No. 1, 144–150, 2021.

A. R. Riyanda, K. Herlina, dan B. A. Wicaksono, “Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung,” Jurnal IKRA-ITH Humaniora, Vol. 4, No. 1, 66–71, 2020.

S. D. Fortuna, S. H. Wijoyo, dan A. D. Herlambang, “Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring pada SMK Negeri 7 Malangdengan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 9, 4015–4025, 2021.

J. Kuswanto, “Penilaian Pembelajaran Daring di SMK PP Negeri Jambi Dengan Model Evaluasi CSE-UCLA,” Edu Research, Vol. 1, No. 4, 16-24, 2020.

N. Nurfadhilah, A. A. Siregar, V. M. Rabi’ah, dan B. Nudin, “Model Evaluasi Pembelajaran Pada Masa New Normal: Studi Kasus di SDN 04 Kalisari Kabupaten Grobogan,” Jurnal eL-Tarbawi, Vol. 14, No. 2, 155–180, 2021.

I. Magdalena, D. Oktavia, dan P. Nurjamilah, “Analisis Evaluasi Sumatif Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19,” ARZUSIN : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 1, 137–150, 2021.

M. Rizqa, L. Marliyah, dan S. Setyaningsih, “Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAAn-Nur Bakalrejo Demak,” Journal of Economic Education and Entrepreneurship, Vol. 2, No. 2, 54–61, 2021.

M. A. Mahbub, “Optimalisasi Penggunaan Learning Management System (LMS) Dalam Pembelajaran Virtual Untuk Guru di Lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember,” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 17, No. 1, 107–116, 2021.

S. T. Martaningsih, Soenarto, and E. Istiyono, “Evaluation Model of Career Counseling Program in Vocational High School,” International Journal of Evaluation and Research in Education, Vol. 8, No. 2, 318–329, 2019.

B. Wibawa, and Paidi, “The Development of Blended Learning Based on Handphone for Computer System Subject on XI Grade of SMKN 1 Bengkulu City,” Humanities and Social Sciences Reviews, Vol. 7, No. 3, 497–502, 2019.

P. Hendikawati, M. Z. Zahid, and R. Arifudin, “Android-Based Computer Assisted Instruction Development as a Learning Resource for Supporting Self-Regulated Learning,” International Journal of Instruction, Vol. 12, No. 3, 389–404, 2019.

D. G. H. Divayana, “Utilization of DIVAYANA Formula in Evaluating of Suitable Platforms for Online Learning in the Social Distancing,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, Vol. 14, No. 20, 50–75, 2020.

D. G. H. Divayana, P. W. A. Suyasa, and N. K. Widiartini, “An Innovative Model as Evaluation Model for Information Technology-Based Learning at ICT Vocational Schools,” Heliyon, Vol. 7, No. 2, 1–13, 2021.

M. R. R. Razak, M. Dahong, J. Ahmad, H. Dema, and A. Mustanir, “The Effect of Siri’s Marriage on Government Administration,” International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, Vol. 42, No. 3, 171–184, 2018.

S. A. Sari, and Y. S. Rezeki, “The Development of an Ingenious Circuit Based on Chemo-Edutainment Learning. International Journal of Educational Research Review, Vol. 4, No. 1, 15–25, 2019.

T. Suryati, Suryana, and Kusnendi, “The Effect of E-learning Based on Schoology and Student Interest to Metacognitive Thinking Skill of Vocational High School Students in Archival Subject,” International Journal of Research & Review, Vol. 6, No. 12, 397–404, 2019.

H. Husaefah, and Mardhiah, “Application of e-learning quipper school,” International Journal of Social Science and Humanities Research, Vol. 5, No. 3, 522–526, 2017.

M. Dalimunte, and M. Salmiah, “Students’ ability at changing direct into indirect speech and indirect into direct speech,” Budapest International Research and Critics Institute-Journal, Vol. 2, No. 2, 178–185, 2019.

Sutirna, “Subject Teachers’ Perceptions of Academic Mentoring and Counseling Services,” COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, Vol. 4, No. 4, 129–133, 2019.

S. Sujariati, “Improving the Students’ Listening Comprehension Through Aural-Oral Language Approach,” Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, Vol. 3, No. 2, 486–505, 2020.

A. A. G. Agung, I. G. P. Sudiarta, and D. G. H. Divayana, “The Quality Evaluation of School Management Model Based on Balinese Local Wisdom using Weighted Product Calculation,” Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 96, No. 19, 6570–6579, 2018.

N. Suparta, I. N. Suarka, D. K. Tantra, and I.G.N.G. Bidura, “Wewalungan Ritual of Hindu’s Tawur Tabuh Gentuhat BesakihTemple, Bali, Indonesia,” International Journal of Multidisciplinary Approach and Studies, Vol. 6, No. 4, 80–91, 2019.

Sulistyawati, “Balinese ‘Umah’ Architecture as Implementation of Hindu Religion in Bali,” International Journal of Multidisciplinary Educational Research, Vol. 6, No. 11–4, 72–92, 2017.

I. B. Putrayasa, “Literature as Media Education Nation Character Values,” International Journal of Linguistics, Literature and Culture, Vol. 3, No. 3, 1–9, 2017.

Suwardani, W. Paramartha, and N. M. Indiani, “Formatting of Religious Attitude of Hindu Bali Youth in the Context of Religion Conversion Ethnopedagogy Study in Taro Tegalalang Village, Gianyar),” Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, Vol. 3, No. 2, 240–249, 2019.

M. K. Ali, dan Sukardi, “Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), Vol. 6, No. 2, 161–166, 2021.

V. Bariroh, dan A. C. Setiawan, “Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran,” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 9, No. 5, 1245–1256, 2021.

P. S. Mustafa, “Model Discrepancy Sebagai Evaluasi Program Pendidikan,” PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 9, No. 1, 182–198, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i2.54544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.