Evaluasi CeLOE Learning Management System (LMS) Universitas Telkom Dengan Technique for User Experience Evaluation In E-Learning (TUXEL) 2.0

Hanif Azhar

Abstract


Era Society 5.0 yang maju dengan pesat mendorong perkembangan informasi dan teknologi dalam memudahkan berbagai aktivitas manusia, termasuk dalam hal proses pendidikan yang semakin fleksibel  tanpa terikat waktu dan tempat dengan memanfaatkan platform pembelajaran Learning Management System (LMS). Riset ini bertujuan untuk menguji pengalaman pengguna LMS di Centre for E-Learning and Open Education (CeLOE) Universitas Telkom serta memberikan rekomendasi pengalaman belajar e-learning yang menyenangkan. Sebanyak 233 mahasiswa mengisi kuisioner untuk melakukan evaluasi CeLOE LMS dengan metode Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL) 2.0. TUXEL merupakan metode evaluasi pengalaman pengguna dengan fokus pada tiga inspeksi utama; inspeksi General Usability, inspeksi Pedagogical Usability, dan evaluasi pada User Experience. Hasil penelitian pada inspeksi General Usability ditemukan 4 permasalahan, sedangkan pada inspeksi Pedagogical Usability ditemukan 8 permasalahan. Pada evaluasi User Experience, secara rata-rata keseluruhan nilai cenderung positif (good). Berdasarkan ketiga evaluasi di atas, CeLOE LMS Universitas Telkom dinilai sudah cukup baik dalam mendukung proses e-learning walaupun ada beberapa bagian butuh perbaikan, terutama bagian teknis dan tampilan tatap muka pengguna (user interface).


Keywords


E-Learning; LMS; CeLOE; TUXEL; Evaluasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. “Belajar Dan Pembelajaran”. Bandung: Alfabeta, 2009.

Republik Indonesia. “Surat Edaran No.4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).” Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Universitas Telkom (2018). “Hadapi Revolusi Industri 4.0, Telkom University Kukuhkan Program Bernama CeLOE”. [online] Available: https://telkomuniversity.ac.id/en/hadapi-revolusi-industri-4-0-telkom-university-kukuhkan-program-bernama-celoe/

H. Azhar, “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Kelas Studio Online dengan Metode Studiogogi Modul S.O.L.E.,”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. vol. 15, no. 2, pp. 169-177, Nov. 2021.

A. Fauzan, Dkk. “Evaluasi User Experience E-Learning Universitas Bhayangkara Jakarta Menggunakan Metode TUXEL 2.0. Technique for User Experience in E-Learning. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya. vol. 5 no. 9, pp. 4111-4120, Sept. 2021.

S. Sujono. “Analisis Kualitas E-Learning dalam Pemanfaatan Web Conference dengan Metode Webqual (Studi Kasus: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)”. E-Jurnal JUSITI-Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Universitas Dippa Makassar. vol. 6 no. 1, pp. 69-77, Apr. 2017.

D. Nurhayati, dkk. “Evaluasi User Experience Pada Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience in E-Learning (TUXEL). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya. vol. 3 no. 4, pp. 3771-3780, Apr. 2019.

V. A. Gunawan, dkk. “Desain Fitur Aplikasi E-Learning Penunjang Pembelajaran Berbasis Android.” JEPIN Jurnal Edukasi dan penelitian Informatika. Universitas Tanjungpura. vol. 7 no. 3, pp. 314-321, Dec, 2021.

T.D. Santi, dkk. “Validitas Pengembangan Mobile Learning Berbasis Moodle di Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Aisyiyah Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Universitas Pascasakti Tegal. Vol. 15, no. 1, pp 18-27, Mar, 2021.

M. Allen. “Michael Allen’s Guide to E-learning”. Canada: John Wiley & Sons, 2013.

S.R. Chandrawati. “Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran”. Jurnal Cakrawala Kependidikan vol. 8. no. 2. pp. 101-203, 2010.

I. Ardiansyah. “Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Interaction Design Foundation (2021). “User Experience (UX) Design”. [online] available: https://www.interaction-design.org/literature/topics/ux-design

W.T. Nakamura “TUXEL: A Technique for User Experience Evaluation in E-Learning. Universidade Federal do Amazonas, 2018.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. “An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis”. California: Sage Publications Inc., 1994.

Moleong, L.J. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.




DOI: https://doi.org/10.26418/jp.v8i1.51345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.