Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kawasan Agrowisata Cicantayan Menggunakan Webqual 4.0

Rizka Namira Nur Az-zahra, Masari Pras Tyo, Fauzi Rahman, Muhammad Zulfikar Sidiq, Rangga Sanjaya

Abstract


Kecamatan Cicantayan memiliki potensi agrowisata pedesaan yang ditunjang oleh banyaknya produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat di kawasan wisata tersebut. Digitalisasi informasi dan pengelolaan transaksi digunakan untuk mengoptimalkan aktivitas bisnis kawasan agrowisata di Kecamatan Cicantayan. Sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan dirancang untuk mengeksploitasi informasi terkait potensi wisata dan produk UMKM di Kecamatan Cicantayan. Dengan adanya sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan menyediakan akses informasi terhadap daya tarik kawasan wisata pedesaan, pemesanan tiket wisata, dan transaksi produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat di Kecamatan Cicantayan. Untuk mengukur keberhasilan penerapan sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan, dilakukan analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan menggunakan Webqual 4.0. Indikator kualitas layanan yang diukur terdiri dari usability, information quality, dan interaction quality. Kuesioner disebar kepada pengguna aplikasi diantaranya BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), UMKM, dan masyarakat. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis kepuasan pengguna menggunakan model Webqual 4.0, diperoleh skor usability sebesar 464 dengan persentase 96.12%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas kegunaan aplikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kemudian skor information quality diperoleh sebesar 489 dengan prosentase 93.68%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas informasi pada aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil skor interaction quality diperoleh sebesar 270 dengan prosentase 93.10%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas interaksi dalam aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.


Keywords


Webqual 4.0; kepuasan pengguna; usability; information quality; interaction quality

Full Text:

PDF

References


A. Yulandari, W. W. Winarno, and A. Nasiri, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Alumni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 105–113, 2019.

G. P. Riyanto, “Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta,” Kompas. Com, 2021.

C. S. Ugwuanyi and C. I. Okeke, “Enhancing University Students’ Achievement in Physics Using Computer-Assisted Instruction.,” Int. J. High. Educ., vol. 9, no. 5, pp. 115–124, 2020.

D. Setyorini, E. Nurhayaty, and R. Rosmita, “Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat),” J. Mitra Manaj., vol. 3, no. 5, pp. 501–509, 2019.

R. Sanjaya, A. Herliana, F. Fitriyani, Y. S. Rahayu, and T. Suhartini, “Sistem Informasi Manajemen Bisnis dan Keuangan UMKM Menggunakan Model MVC Pada Framework Laravel,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, 2018.

D. Arey, R. Sanjaya, and others, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J-Icon J. Komput. Dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 214–222, 2021.

A. Rochman, M. I. Hanafri, and A. Wandira, “Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, 2020.

R. Y. A. Wibowo, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)(Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput. E-ISSN, vol. 2548, p. 964X, 2019.

M. Mulyadi, “Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya,” J. Studi Komun. Dan Media, vol. 15, no. 1, pp. 128–137, 2011.

I. Imron, “Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng. IJSE, vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019.

K. N. Cahyo, M. Martini, and E. Riana, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika,” J. Inf. Syst. Res. JOSH, vol. 1, no. 1, pp. 45–53, 2019.

R. Khairani, G. A. Pradipta, and T. Wati, “Perancangan dan Pembuatan Portal Informasi Unit Kearsipan I Kementerian Pertanian Berbasis Web,” Senamika, vol. 2, no. 1, pp. 363–373, 2021.

R. Rabani and R. Firmansyah, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Sekolah Sepak Bola POR UNI BANDUNG Berbasis Website,” EProsiding Tek. Inform. Prot., vol. 1, no. 1, pp. 199–126, 2021.

W. R. A. Ndangi, R. Resmawan, and I. Djakaria, “Perbandingan Analisis Diskriminan dan Regresi Logistik Multinomial,” Jambura J. Math., vol. 1, no. 2, pp. 54–63, 2019.

W. KURNIAWAN, “Pengaruh Kinerja Pegawai dan Teknologi Informasi Tata Usaha Secara Simultan Terhadap Pelayanan Administrasi di SMA NEGERI 10 Kerinci,” J. Adm. Nusant. MAHA, vol. 3, no. 8, pp. 17–28, 2021.

I. Gunawan et al., “Validitas dan Reliabilitas Angket Keterampilan Manajerial Mahasiswa,” JAMP J. Adm. Dan Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 4, pp. 247–257, 2019.

N. N. M. I. Islam, “Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kepuasan Pengguna Elektronik Rekam Medis,” J. Ilm. Permas J. Ilm. STIKES Kendal, vol. 11, no. 3, pp. 579–586, 2021.

G. Mardiatmoko, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L.]),” BAREKENG J. Ilmu Mat. Dan Terap., vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i1.51056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.