Desain Fitur Aplikasi E-Learning Penunjang Pembelajaran Berbasis Android

Vincentius Abdi Gunawan, Eli Karliani, Triyani Triyani, Ahmad Saefulloh, Leonardus Sandy Ade Putra

Abstract


Pada masa pandemi saat ini, pembelajaran jarak jauh atau daring merupakan metode pembelajaran yang wajib dilakukan oleh penyelenggara pendidikan di Indonesia. Saat ini pembelajaran daring masih memiliki kekurangan dalam terbatasnya waktu tatap muka sehingga berdampak pada kurang optimalnya proses belajar mengajar. Hal ini berdampak bagi siswa yang perlu melakukan pembelajaran secara mandiri dengan bantuan aplikasi pembelajaran yang saat ini banyak tersedia. Sering kali siswa menjumpai aplikasi pembelajaran yang memiliki fitur kurang lengkap atau aplikasi yang mengharuskan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum digunakan. Dari masalah tersebut, perlu adanya media pembelajaran yang dapat mengakomodir seluruh keperluan siswa dalam peningkatan pemahaman materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan desain aplikasi pembelajaran berbasis android. Desain yang ditampilkan mulai dari desain setiap fitur hingga pada desain perancangan sistem. Fitur yang disediakan pada penelitian berkelanjutan antara lain, fitur informasi, fitur materi dengan penjelasan materi dari guru melalui rekaman suara, fitur evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa dan fitur video sebagai penunjang penyampain materi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki daya tarik terhadap fitur dan tampilan desain aplikasi yang dirancang dan memungkinkan siswa dapat meningkatkan kemampuan akademis dalam proses pembelajaran mandiri.


Keywords


Alternatif; Android; E-Learning; Media Pembelajaran; Desain Aplikasi Mobile

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, “Hasil Sensus Penduduk 2020,” Kementerian Dalam Negeri, 2021.

Badan Pusat Statistik, “Pusat Data dan Teknologi Informasi,” Jumlah Peserta Didik di Indonesia, 2020. [Online]. Available: http://statistik.data.kemdikbud.go.id. [Accessed: 25-Aug-2021].

H.-M. Lin, W.-J. Chen, and S.-F. Nien, “The Study of Achievement and Motivation by e-Learning–A Case Study,” Int. J. Inf. Educ. Technol., vol. 4, no. 5, pp. 421–425, 2014.

L. Titi and W. Sumarni, “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19,” 2020.

L. Rello, G. Kanvinde, and R. Baeza-Yates, “A mobile application for displaying more accessible ebooks for people with dyslexia,” Procedia Comput. Sci., vol. 14, no. Dsai, pp. 226–233, 2012.

D. Tsvyatkova and C. Storni, “Designing an educational interactive eBook for newly diagnosed children with type 1 diabetes: Mapping a new design space,” Int. J. Child-Computer Interact., vol. 19, pp. 1–18, 2019.

T. Mackinnon, “Designing eBook Interaction for Mobile and Contextual Learning,” Int. J. Arts Soc. Annu. Rev., vol. 5, no. 4, pp. 225–232, 2010.

M. Figueiredo and J. Bidarra, “The Development of a Gamebook for Education,” Procedia Comput. Sci., vol. 67, no. Dsai, pp. 322–331, 2015.

J. Hao, R. Chen, and Q. Sun, “The advantage and module study for introducing E-books in book design course,” Proc. - 2016 8th Int. Conf. Meas. Technol. Mechatronics Autom. ICMTMA 2016, pp. 671–674, 2016.

H. A. El-Ghareeb, “E-Learning and Management Information Systems,” eLearn, vol. 2009, no. 9, 2009.

M. B. Zorica, “E-learning curriculum development E-LEARNING CURRICULUM DEVELOPMENT,” no. January 2012, 2018.

M. H. Rossman, “Successful Online Teaching Using An Asynchronous Learner Discussion Forum,” Online Learn., vol. 3, no. 2, pp. 91–97, 2019.

FAO elearning Academy, E-learning methodologies and good practices: A guide for designing and delivering e-learning solutions from the FAO elearning Academy. 2021.

Android Developers, “Arsitektur Platform | Developer Android.” .

Android Developers, “What is Android,” 2021. [Online]. Available: https://www.android.com/intl/id_id/what-is-android/. [Accessed: 13-May-2021].

S. Guo-Hong, “Application development research based on android platform,” Proc. - 7th Int. Conf. Intell. Comput. Technol. Autom. ICICTA 2014, vol. 1, pp. 579–582, 2015.

C. Kirana and R. Wahdaniyah, “Implementasi Aplikasi Alumni Berbasis Mobile Application,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 2, p. 179, 2018.

M. Stach et al., “Mobile health app database - A repository for quality ratings of mhealth apps,” Proc. - IEEE Symp. Comput. Med. Syst., vol. 2020-July, pp. 427–432, 2020.

N. Samara, S. Al-Sarayrih, and A. Al-Sarayrih, “The Availability of Quality Standards of e-Learning at Mutah University from the Point of View of Faculties,” pp. 369–369, 2014.

C. Chilivumbo, “Mobile E-learning: The choice between Responsive/Mobile Websites and Mobile Applications for Virtual Learning Environments for increasing access to Higher Education in Malawi,” 2015 IST-Africa Conf. IST-Africa 2015, pp. 1–15, 2015.

N. Zurati, S. A. C. Abdullah, F. H. K. Zaman, H. Z. Abidin, and Z. H. C. Soh, “Mobile app for speed reading test in Bahasa Malaysia,” ISCAIE 2019 - 2019 IEEE Symp. Comput. Appl. Ind. Electron., pp. 193–197, 2019.

Y. Kang, Y. Zhou, M. Gao, Y. Sun, and M. R. Lyu, “Experience Report: Detecting Poor-Responsive UI in Android Applications,” Proc. - Int. Symp. Softw. Reliab. Eng. ISSRE, vol. 0, pp. 490–501, 2016.

T. Schlatter and D. Levinson, Visual Usability: Principles and Practices for Designing Digital Applications, vol. 1. Elsevier, 2013.

Muhammad Nauval El Ghiffary, Tony Dwi Susanto, and Anisah Herdiyanti, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, danKontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi MobileBerdasarkan Kemudahan Penggunaan(Studi Kasus: Aplikasi Olride),” J. Tek. ITS, vol. Vol. 7, no. 1, p. A 143-A 148, 2018.

“Prototyping in Figma – Figma.” [Online]. Available: https://www.figma.com/file/7gEmyS6bBxFRirZjCnDS40/Prototyping-in-Figma?node-id=0%3A1. [Accessed: 28-Dec-2020].




DOI: https://doi.org/10.26418/jp.v7i3.49226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.